Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 23 Februari 2018

BLEND-S

- Judul: ブレンド・S (Blend-S)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2017)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Meski sudah berulang kali coba melamar kerja, hanya karena roman matanya sejak lahir yang terkesan kejam, upaya Sakuranomiya Maika selalu berakhir gagal. Beruntung, dia kemudian bertemu dengan Dino, pemilik sebuah cafe di mana gadis-gadis pelayannya akan melayani para tamu sambil memerankan tipe karakter tertentu. Dan karena mata Maika ternyata sangat sesuai untuk karakter Do-S (Sadist), Dino pun langsung mengajaknya bekerja di Cafe Stile.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi seputar Maika, yang selalu terlihat kejam meski ketika dia sebenarnya tidak bermaksud demikian, sangat efektif. Selain kondisi Maika sendiri yang memang sudah begitu unik dan orisinal, anime ini juga cukup kreatif hingga berhasil menyajikan keunikan tersebut dalam berbagai variasi bentuk. Namun sayangnya, anime ini ternyata tidak mampu mempertahankan tingkat kreativitas yang serupa untuk sumber komedinya yang lain. Bukan berarti bahwa mereka sama sekali tidak bisa dinikmati, tetapi lelucon-lelucon tentang kebiasaan aneh para tokohnya sebagai otaku atau tingkah laku Dino yang konyol tidak memiliki impact yang cukup kuat untuk dapat spontan mengundang tawa dari penonton. Kecuali pada beberapa momen di sedikit episode, sumber-sumber komedi ini akan mengangkat jenis lelucon yang sudah terlalu lazim digunakan, sehingga bukan cuma punch line dari setiap lelucon hampir langsung bisa ditebak, sebagian penonton bahkan mungkin akan seketika merasa jenuh begitu melihatnya. Jika tidak sedang menampilkan Maika, komedi anime ini lebih sering terasa hambar.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini mendukung komedinya dengan bak. Memang terdapat masalah pada konten lelucon itu sendiri yang cenderung mudah ditebak, tetapi secara terpisah, dia sebenarnya telah menampilkan punch line setiap lelucon dengan timing yang tepat dan sudut gambar yang sesuai untuk menghasilkan efek yang optimal.

- Tokoh/Karakter:
Memasangkan sifat gadis pemalu dengan raut wajah yang secara alami terkesan kejam, komedi tentang "Sadist yang tidak disengaja" dari Maika pun akan segera terlihat jelas. Namun, sekali lagi, jika pada Maika anime ini tampak sudah menguasai betul semua teknik jitu dalam menyajikan komedi, entah mengapa kemampuan tersebut seolah tiba-tiba saja hilang pada tokoh-tokoh yang lain. Meski mereka memang diberikan sifat dasar dan penampilan luar yang berbeda, mungkin cuma sikap dingin dan tubuh anak-anak milik Mafuyu yang paling mendekati dalam menciptakan sebuah situasi komedi yang instan layaknya Maika, sedangkan perbedaan dalam karakter tokoh-tokoh seperti Miu dan Hideri terasa dibuat dengan asal-asalan, lebih banyak dihadirkan sekadar untuk menambah jumlah situasi yang serupa daripada ditujukan sebagai bahan komedi. Terlebih lagi, tokoh-tokoh ini juga tampaknya tidak dipersiapkan untuk membentuk kombinasi dan berfungsi sebagai sebuah grup komedi, maka bukan hal mengherankan bahwa anime ini akhirnya terlalu bergantung hanya pada Maika seorang.

- Overall Score:
Karakter Maika merupakan sumber komedi yang didesain dengan pandai, namun jika kreativitas memiliki jumlah yang terbatas, barangkali anime ini sudah terlanjur menggunakannya terlalu banyak cuma pada Maika. Sebab, entah mengapa, dia tidak mampu menunjukkan kepandaian yang sama untuk tokoh-tokoh dan sumber-sumber komedi yang lain, sehingga meski di satu saat anime ini akan menampilkan tontonan komedi terbaik, di saat berikutnya dia bisa mendadak menjadi sama sekali tidak menarik. Skor 7,5 dari 10 (Occasionally good comedy)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Figure: Maika
- Nendoroid: Maika / Maika (Ltd)
- T-Shirt Maika Black: S / M / L / XL
- T-Shirt Heroine Khaki: S / M / L / XL
- CD Radio

Tidak ada komentar:

Posting Komentar