Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Kamis, 24 Desember 2015

GANGSTA.

- Judul: GANGSTA.
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Ergastulum adalah sebuah kota yang dikuasai oleh para gangster dan orang-orang dengan kemampuan fisik lebih yang disebut Twilight. Bahkan, demi memelihara ketertiban yang sudah tercipta, polisi pun memilih untuk menutup mata dari kebrutalan mereka. Di kota tersebut, Worick Arcangelo dan Nicolas Brown mencari uang dengan menjadi Benriya yang bersedia melakukan pekerjaan apapun bagi siapapun yang membayar mereka. Setelah menghabisi seorang pengedar sekaligus mucikari yang hendak membuat kekacauan, pada suatu hari mereka kemudian juga memungut seorang wanita bernama Alex Benedetto, mantan pelacur yang kini tidak punya majikan ataupun tempat tinggal.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Inti anime ini adalah Ergastulum, dan tujuan akhir para tokoh utamanya hanyalah untuk bertahan hidup di dalam kota tersebut. Tanpa suatu impian yang hendak dicapai ataupun emosi tertentu untuk mendorong ceritanya bergerak maju, anime ini memang sama sekali tidak seperti anime lain pada umumnya, dan sebagaimana biasanya sesuatu yang baru dan berbeda, dia mungkin akan terasa ... asing. Namun, dari segi penyajian cerita, tidak ada keraguan atas kemampuan yang dimiliki anime ini. Melalui sudut pandang Worick, Nicolas, dan Alex -- masa lalu mereka dan juga pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan, anime ini berhasil mengungkap sedikit demi sedikit informasi seputar Ergastulum dalam tahapan yang teratur rapi. Sekadar contoh, setelah memperkenalkan Nicolas sebagai Twilight, anime ini mempertemukannya dengan Theo untuk menunjukkan ketergantungan Twilight pada obat-obatan Cerebrer, lalu membuatnya bertarung dengan Twilight lain untuk memperlihatkan sistem yang mengikat mereka dan juga empat kekuatan yang berbagi kekuasaan di Ergastulum. Masih tersisa beberapa hal yang belum dijelaskan secara lengkap, seperti misalnya posisi Ergastulum terhadap dunia luar, tetapi setidaknya anime ini telah memberikan cukup pengetahuan dasar dan membangun komunitas yang masuk akal untuk menjadikan situasi kritis di bagian akhir ceritanya benar-benar tampak sebagai sesuatu yang gawat dan mengancam.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya terlihat luar biasa, terutama dengan tingkat ketelitian yang cukup tinggi pada gerakan para tokohnya. Dan dengan sinematografi yang baik, anime ini juga mampu menampilkan dengan tepat nuansa bahaya dari Ergastulum. Sayangnya, kualitas visual anime ini tiba-tiba saja menurun drastis pada episode 9 dan 10. Memang hanya dua episode, dan secara matematis, dua dari dua belas seharusnya tidak akan banyak berpengaruh pada keseluruhan serial, namun karena episode-episode tersebut dapat dikatakan sebagai bagian yang paling banyak membutuhkan perhatian pada animasinya, sedangkan dia justru memberikan tontonan yang begitu buruk dan konsisten demikian di sepanjang durasinya, pada kenyataannya dua adalah jumlah yang sudah lebih dari cukup untuk juga meninggalkan kesan negatif pada anime ini.

- Tokoh/Karakter:
Worick, Nicolas, dan Alex merupakan representasi bagus dari jenis orang-orang yang tinggal di Ergastulum sebagai mantan anggota gangster, seorang Twilight, dan juga warga sipil yang akhirnya terlibat di dalam dunia kriminal. Namun pada saat yang sama, mereka juga adalah tiga orang unik dengan kisah mereka sendiri, dan hal ini kemudian memberi mereka sudut pandang yang lebih lengkap terhadap Ergastulum. Selain menjadi insider untuk mewakili pemikiran dari setiap pihak yang berada langsung di dalam sistem yang berlaku di kota tersebut, mereka juga sekaligus adalah outsider yang sekadar mengamati bagaimana sistem itu berjalan tanpa pernah benar-benar bergantung kepadanya. Mereka membiarkan para gangster saling menyerang, tetapi masih merasa resah apabila ada Twilight yang melanggar aturan Sangenzoku. Lebih hebatnya lagi, anime ini mampu memberi justifikasi atas posisi mereka yang khas -- ada alasan yang masuk akal mengapa mereka sampai bisa berada di posisi itu, sehingga meski penonton memanfaatkan mereka sebagai alat untuk mengenal Ergastulum, itu tidak lalu menjadikan kehadiran mereka di kota tersebut tidak terasa alami.

- Overall Score:
Cerita tentang sebuah kota dan kehidupan orang-orang di dalamnya mungkin tidak akan seketika menarik perhatian anda. Namun, jika anda termasuk seseorang yang suka menemukan tempat-tempat baru, anime ini memperkenalkan Ergastulum dengan sangat baik. Melalui pengaturan jalan cerita yang rapi dan penulisan karakter yang pandai, anda bukan hanya akan segera memahami hampir semua hal seputar Ergastulum, melainkan juga merasa seperti bagian darinya. Sangat disayangkan, visual anime ini ternyata kemudian mengecewakan pada beberapa episode -- terlalu mengecewakan, bahkan, hingga semua episode lain serasa tidak akan pernah cukup untuk menebusnya. Nilai 8 dari 10 (Good storytelling, disappointing visual)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar