Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 11 Desember 2015

SORE GA SEIYUU!

- Judul: それが声優! (Sore ga Seiyuu!)
- Judul Alternatif: Seiyu's Life!;
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Comedy; Slice of Life;
- Episode: 13
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Ichinose Futaba sudah bertekad akan menjadi Seiyuu, namun setelah mulai bekerja dan menyadari betapa sulit untuk mendapatkan bahkan peran yang kecil sekalipun, perlahan dia mulai ragu jika dirinya memang punya cukup kemampuan untuk terus melanjutkan karir sebagai Seiyuu. Syukurlah, ketika dia sedang asyik berbincang dengan dua Seiyuu muda lain, Moesaki Ichigo dan Kohana Rin, seorang produser yang tanpa sengaja menyaksikan kemudian menawarkan kepada mereka bertiga untuk membawakan acara program web radio sebuah anime, dan berawal dari pengalaman tersebut, Futaba lalu memperoleh kesempatan belajar dari para Seiyuu pendahulunya dan mencoba lebih banyak jenis peran untuk sekali lagi membangkitkan rasa percaya dirinya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bagaimana karir seorang Seiyuu dimulai? Apakah pekerjaan mereka terbatas hanya mengisi suara pada anime atau game? Apakah seseorang yang telah memilih untuk menjadi Seiyuu akan seterusnya bekerja sebagai Seiyuu? Tujuan utama anime ini adalah memperkenalkan berbagai macam hal tentang para Seiyuu -- latar belakang, rutinitas, kekhawatiran, jenis pekerjaan, tantangan, impian, dan bahkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang diketahui hanya di antara mereka. Oleh karena itu, meski baik cerita maupun komedinya sendiri bukan sesuatu yang luar biasa, dalam mencapai tujuan tersebut, keduanya tetap merupakan elemen yang menjadikan anime ini istimewa. Lelucon-leluconnya selalu muncul dengan timing yang baik dan secara tepat mengangkat bagian yang jenaka dari suatu topik, sehingga informasi yang paling mendetil sekalipun tidak pernah sampai terasa menyesakkan, bahkan sebaliknya justru bisa terasa menyenangkan. Sementara, dengan menggunakan perspektif dari tokoh Futaba, Ichigo, dan Rin, setiap informasi yang diberikan tidak cuma mampu datang secara alami di dalam aliran cerita tanpa terkesan dipaksakan, tetapi juga benar-benar ada emosi yang kemudian senantiasa menyertainya. Atau dengan kata lain, anime ini bukan sekadar memberikan daftar keterangan seputar Seiyuu, melainkan ada keresahan yang nyata pada kekhawatiran mereka, rasa haru dalam kekecewaan mereka, kegembiraan bersama keberhasilan mereka, dan seterusnya. Bagi mereka yang memang merasa tertarik, tidak ada cara singkat dan mudah untuk memahami apa dan siapa para Seiyuu sesungguhnya yang lebih baik daripada anime ini.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski kelihatannya terdapat perhatian yang cukup teliti pada ekspresi wajah, secara keseluruhan kualitas animasinya hanya berada di tingkat rata-rata -- tidak buruk, tetapi juga tidak begitu bagus. Namun, sebagai anime yang bercerita tentang pekerjaan Seiyuu, hal yang paling penting adalah suara para tokohnya, dan voice-acting yang ada berhasil menggambarkan dengan sempurna bagaimana mereka memanfaatkan suara mereka dalam berbagai cara dan beragam situasi. Suara untuk peran anak-anak, suara untuk peran remaja, suara ketika sedang membaca narasi, suara ketika membaca cerita, dan masih banyak lagi -- perbedaan dari setiap perubahan terdengar jelas dan terasa sesuai dengan tempat mereka masing-masing. Dan jika, entah mengapa, voice-acting yang hebat dari ketiga tokoh utamanya masih belum cukup memuaskan, penampilan para Seiyuu berpengalaman yang memerankan diri mereka sendiri dan potongan lagu-lagu anime yang terkenal di ending video merupakan dua jaminan tambahan bahwa anime ini pasti mampu menghibur telinga siapapun.

- Tokoh/Karakter:
Barangkali belum semuanya, tetapi paling tidak, ketiga tokoh utama di anime ini telah mewakili beberapa jalur yang mungkin dilewati hingga seseorang menjadi Seiyuu. Futaba yang secara tulus menyukai bekerja dengan suaranya dan berharap bisa terus melakukannya, Ichigo yang bermaksud menggunakan status Seiyuu sekadar sebagai batu pijakan untuk mengejar ketenaran sebagai idol, dan Rin yang cenderung menjadi Seiyuu secara alami hanya karena melanjutkan kegiatannya sejak kecil sebagai aktris cilik -- meski menempuh jalan karir yang sama, masing-masing melihatnya dari sudut pandang yang berbeda, dan dengan demikian mereka memberi kepada penonton wawasan yang lebih luas serta pemahaman yang lebih lengkap tentang Seiyuu. Ditambah lagi, latar belakang setiap tokoh juga kemudian disertai dengan karakterisasi yang bersesuaian, seperti Futaba yang khawatir dengan masa depannya sebagai Seiyuu, Ichigo yang selalu penuh ambisi, atau Rin yang tidak yakin jika dia telah memilih karir yang tepat, sehingga kisah perjuangan mereka terkesan semakin nyata, dan semua informasi yang datang bersama mereka pun seketika menjadi relevan dan masuk akal.

- Overall Score:
Jika mengaku penggemar anime, besar kemungkinan anda ingin tahu lebih jauh tentang jenis pekerjaan yang disebut Seiyuu (... kecuali selama ini anda hanya menonton versi dubbed, maka barangkali ini adalah pertama kalinya anda bahkan mendengar kata 'Seiyuu'). Dan dengan pertimbangan tersebut, meskipun dari segi hiburan dia memang sekilas terlihat biasa-biasa saja, anime ini tetap pantas mendapatkan tempatnya sebagai salah satu karya terbaik. Sebab sesungguhnya dia hanya mengalihkan fokus perhatian untuk memberi sebanyak mungkin informasi tentang Seiyuu, dan semua bagian yang lain -- dari cerita hingga karakterisasi para tokohnya -- dipersiapkan bukan untuk memiliki daya tarik sendiri, melainkan agar semua informasi tadi selalu dapat tersaji secara ringan dan menyenangkan. Mungkin tidak setiap orang akan merasa puas dengan arah yang diambil oleh anime ini, tetapi juga tidak akan ada yang bisa menyangkal bahwa dia puluhan kali lebih bermanfaat daripada anime lain pada umumnya. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar