Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 24 November 2015

HIMOUTO! UMARU-CHAN

- Judul: 干物妹!うまるちゃん (Himouto! Umaru-chan)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2015)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticisim (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Di sekolah, Doma Umaru dikenal sebagai seorang gadis yang rupawan, berpenampilan menarik, pandai dalam semua mata pelajaran, dan berbakat dalam semua jenis olahraga. Atau dengan kata lain, Doma Umaru adalah seorang gadis sempurna yang akan membuat siapapun merasa iri. Namun, sesungguhnya Umaru juga menyembunyikan suatu rahasia besar. Begitu sampai di rumah, dia akan langsung berubah menjadi gadis pemalas yang tidak mau melakukan apapun selain membaca manga, makan camilan, bermain game, dan kemudian tidur hingga pagi. Hanya kakaknya, Doma Taihei yang mengetahui rahasia Umaru tersebut, maka ketika orang lain selalu memuji-muji Umaru, hanya Taihei sendirian yang harus sabar berurusan dengan semua kelakuan buruknya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi seputar dua sisi Umaru yang saling bertolak belakang memang cukup bagus. Apakah itu tragedi bahwa seorang gadis yang sempurna seperti Umaru bisa menjadi begitu tidak berguna di rumah, ataukah sebaliknya ketidak adilan bahwa seseorang yang selalu hanya bermalas-malasan tetap dapat memiliki semua hal yang diidam-idamkan oleh orang lain -- dari arah mana pun dia dilihat, senantiasa ada yang seketika terasa jenaka pada kontradiksi tersebut. Namun sayangnya, hal ini ternyata kemudian justru menjadi kurungan yang membatasinya. Sebab ketika dia mencoba mengangkat jenis komedi yang lain, semisal sifat pemalu Kirie yang berlebihan, slapsticks dari Sylphinford, atau bahkan kenakalan Umaru sendiri, anime ini seolah mendadak kehilangan kreativitas dan tidak pernah mampu memberikan kualitas yang serupa. Bukan berarti bahwa komedi-komedi itu sama sekali tidak efektif, tetapi meski sesekali masih mampu mengundang tawa di beberapa kesempatan, lebih sering mereka cuma akan berlalu begitu saja tanpa meninggalkan kesan apapun. Bagaimana bisa anime ini tampil kreatif di satu saat dan terasa hambar di saat yang lain? Entahlah. Anime ini sudah menunjukkan tanda bahwa dia sebenarnya lumayan pandai dalam menulis komedi, namun barangkali kemampuan tersebut masih belum cukup matang untuk dapat digunakan secara konsisten.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini benar-benar tahu bagaimana cara menyajikan komedi secara visual. Sungguh patut disesalkan bahwa tidak semua lelucon bekerja dengan baik, sebab tidak pernah ada masalah dalam hal penyampaiannya sendiri. Dengan mengangkat bagian yang tepat dari arah yang paling tepat pula, penonton mungkin tidak selalu merasa terhibur, namun setidaknya, siapapun akan segara bisa menyadari apa yang berusaha dia sampaikan.

- Tokoh/Karakter:
Sebagaimana yang telah disebutkan, dua sisi dari Umaru adalah sumber komedi yang sangat bagus, dan tokoh-tokoh di sekeliling Umaru berfungsi sempurna dalam memaksimalkan efeknya. Taihei semakin memperjelas betapa jauh perubahan Umaru saat berada di tempat umum dengan saat dia berada di rumah, sementara teman-teman Umaru -- Ebina, Kirie, dan Sylphinford menegaskan lebih kuat bahwa perubahan tersebut menyalahi ekspektasi orang lain terhadapnya dan dengan demikian harus selalu disembunyikan. Namun, karena anime ini tidak selalu tentang Umaru dan kondisi uniknya, fungsi sempurna tadi pun hanya aktif pada waktu-waktu tertentu saja, dan ketika tidak sedang mendukung Umaru, tokoh-tokoh ini mendadak tidak lagi banyak berguna. Sebab mereka semua terlalu biasa, tidak punya cukup daya tarik untuk bisa berdiri sendiri -- tidak ada situasi khas yang cukup aneh yang dapat seketika mengajak penonton untuk mengikuti tingkah laku mereka lebih lanjut, maka ketika mereka kemudian mendapatkan giliran untuk tampil, yang muncul adalah sekumpulan orang yang biasa-biasa saja melakukan sesuatu yang biasa-biasa saja. Hal ini mengindikasikan bahwa sejak awal mereka memang dimaksudkan hanya sebagai pendamping bagi Umaru, dan bukan untuk menyajikan komedi mereka sendiri. Akan jauh lebih baik seandainya anime ini mempertahankan fokus senantiasa pada Umaru, lalu membiarkan tokoh-tokoh lain menjalankan fungsi mereka yang tepat.

- Overall Score:
Ketika anime ini bercerita tentang dua sisi yang berlawanan, ternyata dia sendiri juga mengalami kondisi serupa. Terkadang dia menjadi komedi bagus yang menjanjikan hiburan terus-menerus, tetapi terkadang dia juga menjadi komedi hambar yang tidak memberikan apa-apa. Ironisnya, ketidak pastian ini muncul justru karena anime ini berusaha memperkaya jenis komedinya dan menampilkan lebih banyak tokoh sebagai sumbernya, sebab jika saja dia memfokuskan perhatian cukup hanya pada keunikan Umaru, anime ini tentu bisa lebih konsisten berada pada sisinya yang paling baik. Nilai 7,5 dari 10 (Sometimes good, sometimes dull)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar