Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 10 Oktober 2014

FUTSUU NO JOSHIKOUSEI GA [LOCODOL] YATTE MITA.

- Judul: 普通の女子校生が【ろこどる】やってみた。 (Futsuu no Joshikousei ga [LocoDol] Yatte mita.)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2014)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12+1
- Rating: Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Usami Nanako membutuhkan uang untuk membeli pakaian renang baru, maka ketika pamannya menawarkan upah jika dia bersedia bekerja di kantor sipil Kota Nagarekawa, Nanako pun langsung menerimanya tanpa pikir panjang. Dia tidak pernah menyangka bahwa ternyata pekerjaan tersebut adalah mempromosikan kota mereka sebagai local idol atau Locodol. Sama sekali tidak punya persiapan, Nanako selalu melakukan kesalahan, tetapi berkat dukungan pasangannya, Kohinata Yukari, dan juga teman-temannya yang lain, dia mampu tetap tabah dan belajar sedikit demi sedikit bagaimana menjadi Locodol yang baik dan bisa diandalkan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Istilah 'idol' biasanya akan langsung diasosiasikan dengan panggung yang besar dan lampu-lampu yang terang, nyanyian dan tarian yang penuh semangat, atau mungkin impian untuk berada di puncak tertinggi. Namun ternyata masih ada jenis idol lain yang belum banyak diketahui orang, yaitu local idol atau Locodol. Maka anime ini bermaksud memperkenalkannya, dan dalam tujuan tersebut, dia bisa dikatakan telah berhasil mencapainya dengan sempurna. Ini bukan sekadar cerita tentang idol yang menggunakan setting kota kecil, tetapi jelas ada nuansa berbeda yang menjadikan para Locodol terlihat unik dengan ciri khas mereka sendiri. Tidak berdiri di atas panggung yang gemerlap, mereka justru akan tampil di tempat-tempat umum. Dan daripada mengejar kepopuleran, tugas mereka setiap hari adalah mempromosikan berbagai hal seputar kota mereka. Meskipun mungkin bagi sebagian orang hal ini kemudian menyebabkan jalan ceritanya tampak seolah tidak berisi cukup banyak kejadian menarik, yang pasti tema anime ini benar-benar terasa sebagai sesuatu yang baru dan menyegarkan.
Sayangnya, di sisi lain, anime ini tidak terlalu berhasil sebagai sebuah komedi. Lelucon yang mengangkat hal-hal khusus tentang Locodol memang masih jenaka, seperti misalnya kenyataan bahwa mereka dibayar dengan uang yang berasal dari pajak, tetapi untuk lelucon yang bersifat lebih umum, anime ini tampaknya tidak mampu menyajikannya secara efektif. Alhasil, sesekali terdapat momen-momen yang terkesan kosong, seolah ada jeda panjang di antara satu lelucon ke lelucon berikutnya, lalu ditambah dengan jalan cerita yang juga cenderung datar, kekosongan itu pun akhirnya terlihat semakin jelas.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini sangat mendukung dalam menunjukkan Nagarekawa Girls sebagai grup idol dari sebuah kota kecil. Skala yang sederhana dapat segera dipahami, baik melalui setiap kegiatan yang mereka lakukan dan setiap event yang mereka ikuti maupun melalui ekspresi wajah para tokohnya. Namun, satu alasan yang menyebabkan mengapa komedinya tidak begitu efektif adalah mungkin voice-acting yang tidak mampu menyampaikan sebagian lelucon dengan benar. Bukan berarti bahwa mereka tidak cukup lucu, hanya saja, apakah itu karena tsukkomi yang datang terlambat ataukah karena kegagalan dalam membangun situasi yang tepat sebelumnya, lelucon-lelucon tersebut tidak bisa terdengar selucu yang semestinya.

- Karakter:
Bagaimana seandainya seorang remaja tiba-tiba diharuskan menjadi idol dan tampil di hadapan orang banyak? Karakter Nanako kemungkinan besar merupakan jawaban yang paling sesuai. Keragu-raguan dan rasa takutnya tampak alami, persis layaknya seorang gadis yang tidak pernah menduga akan menari dan menyanyi di atas panggung. Dan hal ini pula yang semakin menjadikan setting anime ini benar-benar terasa seperti sebuah kota kecil, di mana pekerjaan sebagai idol seharusnya bukan sesuatu yang lazim atau bahkan hanyalah impian yang hampir mustahil terwujud. Lalu, jika dia tidak begitu menikmatinya, mengapa Nanako mampu terus bertahan dengan pekerjaannya? Di sinilah kemudian karakter Yukari berperan. Anime ini menciptakan pasangan sempurna bagi Nanako pada diri Yukari, sebab bukan saja sikap tenangnya menyeimbangkan keresahan Nanako, dia juga memiliki kelemahannya sendiri yang terobati oleh Nanako sehingga mereka berdua akhirnya menjadi tim solid yang siap menghadapi tantangan demi tantangan.

- Overall Score:
Apa yang sebenarnya dimaksud dengan Locodol? Jika anda penasaran dengan istilah baru tersebut, anime ini akan memperkenalkannya dengan sejelas-jelasnya -- tentang apa yang mereka lakukan dan juga mengapa mereka berbeda dari idol yang sudah biasa anda lihat. Namun jika yang anda inginkan hanyalah bagian komedinya, anime ini mungkin tidak akan cukup memuaskan. Barangkali karena cara penyampaian yang keliru, sebagian lelucon di anime ini tidak mampu memberikan efek seperti yang diharapkan. Hal ini tidak harus berarti bahwa dia tidak akan menjadi hiburan yang bagus. Hanya saja, sebagai tontonan untuk memicu tawa, anime ini masih belum sebaik anime-anime lain. Nilai 8 dari 10 (Flawed comedy)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar