Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Kamis, 16 Februari 2012

ORETACHI NI TSUBASA WA NAI ~under the innocent sky.

- Judul: 俺たちに翼はない ~under the innocent sky. (Oretachi ni Tsubasa wa Nai)
- Judul Alternatif: OreTsuba; We Without Wings
- Tipe: TV
- Genre: Romance; Ecchi; Comedy
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Haneda Takashi menghabiskan pagi dan siangnya di sekolah, Chitose Shuusuke menghabiskan sorenya bekerja sambilan di sebuah kafe, dan Narita Hayato menghabiskan malamnya bekerja sambilan di dalam kota. Meski masing-masing menjalani cerita mereka sendiri, ketiganya menyimpan satu rahasia, yaitu berbagi tubuh yang sama.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menyusun cerita di dalam cerita, anime ini sebenarnya memiliki konsep yang baik, namun sayangnya, hal tersebut tidak berarti bahwa ceritanya sendiri bagus. Dari tiga cerita yang disajikan, hanya satu yang benar-benar lengkap, sedangkan dua yang lain tidak terselesaikan atau bahkan tidak pernah terasa dimulai. Ironisnya, salah satu penyebab dari kualitas cerita yang begitu lemah ini adalah konsep anime ini sendiri. Ketika berusaha untuk menyesuaikan diri, sebagian cerita dipaksakan jauh lebih panjang daripada yang semestinya.
Ada terlalu banyak kesia-siaan di dalam anime ini. Dari komedi yang hambar hingga fanservice yang terlalu sering, sangat sulit untuk bisa menganggap serius ceritanya, dan dengan bagian terbaik baru muncul pada dua episode yang paling akhir, butuh sikap toleran yang tinggi agar penonton merasa tidak terlalu banyak membuang-buang waktu.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini melakukan beberapa upaya untuk membuat dirinya terlihat berbeda dari yang lain, tetapi sayangnya, keunikan-keunikan tersebut lebih banyak justru hanya memberi efek negatif. Penggambaran dunianya seperti saluran televisi hanya menjadi analogi keliru dari cerita anime ini yang semakin menegaskan kelemahan fondasinya, penulisan judul setiap episode dengan gaya grafitti hanya menjadikannya terlalu sulit dibaca, dan narasi cerita dengan gaya penyiar radio hanya menjadi gangguan yang tidak perlu.

- Karakter:
Sekilas, tingkat kerumitan karakterisasi di dalam anime ini terlihat sangat tinggi, khususnya pada karakter utama Haneda Youji, tetapi jika kemudiaan ditelaah dengan pengetahuan psikologi yang lebih mendalam, tokoh tersebut justru menjadi tidak realistis. Sulit untuk menjelaskan maksud review ini tanpa menjadi spoiler bagi ceritanya, maka secara samar hanya bisa dikatakan bahwa Haneda Youji seharusnya memiliki kelainan mental di luar kendalinya, tetapi pada saat yang sama ternyata tetap terkendali.
Pada akhirnya, satu-satunya tokoh yang dipersiapkan dengan baik adalah Takaizumi Hiyoko, seorang penulis yang mendapat review buruk atas karyanya. Kekhawatirannya untuk menulis karya baru berhasil digambarkan dengan bagus, dan kelegaannya saat memperoleh dukungan terpancar dengan cukup jelas.

- Overall Score:
Ide brillian tentang masalah psikologi seorang remaja mengawali anime ini, tetapi riset yang kurang bahkan untuk informasi-informasi yang mendasar menjadikannya karya amatiran yang memalukan. Cerita yang lemah, dan ditambah lagi dengan komedi yang hambar serta karakter-karakter yang tidak berguna, anime ini benar-benar mengecewakan. Nilai 6 dari 10 (What a wasted idea ...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar