Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 01 Juni 2018

KOKKOKU

- Judul: 刻刻 (Kokkoku)
- Judul Alternatif: Moment by Moment;
- Tipe: TV (Januari 2018)
- Genre: Action; Supernatural; Mystery;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Saudara dan keponakan Yuukawa Juri mendadak diculik oleh sekelompok orang tak dikenal. Ketika akan menyelamatkan mereka, kakek Juri pun kemudian mengajarkan suatu kekuatan rahasia yang diwarisi semua keturunan Keluarga Yuukawa untuk memasuki Shikai, yaitu sebuah dunia di mana waktu terhenti pada satu momen. Namun, ternyata ada orang lain yang berniat merebut kekuatan mereka, dan Juri beserta keluarganya sama sekali tidak menyadari bahwa, begitu mengaktifkan kekuatan tersebut, mereka sebenarnya sudah jatuh ke dalam sebuah perangkap.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebagai sebuah kisah misteri, anime ini memulai dengan baik. Dia mampu segera menakar dengan tepat seberapa banyak informasi yang perlu diungkap untuk membuat rahasia seputar dunia Shikai dan kekuatan supernatural para tokohnya seketika terasa menarik, dan seberapa banyak yang harus tetap disembunyikan untuk sekaligus memicu rasa penasaran dari penonton. Dan begitu pula selama dia bercerita dari episode ke episode, anime ini masih terus menunjukkan kemampuan serupa dalam menjaga keseimbangan tersebut, menjawab sebagian pertanyaan penonton agar ceritanya tetap terkesan berkembang tetapi sambil mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru yang menggali semakin jauh ke dalam misterinya. .... Hanya saja, sayangnya, dunia Shikai dan kekuatan supernatural yang menjadi inti di mana keseluruhan misteri itu berputar, meski awalnya tampak telah direncanakan dengan matang, ternyata kemudian memiliki sejumlah aturan yang tidak konsisten. Misalnya, tidak ada aturan pasti tentang bagaimana sebenarnya seseorang bisa memasuki dunia Shikai. Jika sebelumnya anime ini mengatakan bahwa seseorang harus melakukan ritual atau tindakan khusus, belakangan dia justru mengatakan bahwa para tokohnya juga bisa masuk ke Shikai secara tidak sengaja atau di luar keinginan mereka. Namun, kalau memang demikian, kenapa tidak semua orang yang secara tidak sengaja masuk ke Shikai? Kenapa cuma orang-orang tertentu saja? Benar, kelihatannya anime ini memaksa untuk mengubah aturan awal tentang Shikai hanya supaya dia bisa menyertakan orang-orang tertentu tersebut di dalam ceritanya. Dan jika aturannya seenaknya dapat begitu saja berubah setiap saat, bukankah Shikai mendadak tidak lagi terasa menarik untuk dipelajari lebih lanjut? Kira-kira setelah pertengahan serial, Shikai hanya menjadi setting hampa yang tidak banyak berarti, dan kekuatan supernatural para tokohnya pun cuma menjadi semacam jurus-jurus superfisial yang akan saling mereka adu ketika bertarung di sepanjang episode-episode yang tersisa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Bagian visualnya tidak punya masalah yang terlalu besar, namun ada yang terasa aneh pada dialog di anime ini. Meski maksud yang ingin disampaikan para tokohnya selalu dapat segera dimengerti, mereka terasa mengutarakan dengan cara yang salah, seperti ketika Juri meninggikan suaranya terlalu cepat saat sedang marah. Ya, siapapun bisa langsung tahu bahwa dia marah, tetapi apakah memang suara seseorang normalnya akan naik-turun semudah itu? Entah apakah penyebabnya terletak pada penulisannya sendiri sejak awal ataukah pada voice-acting yang menyajikannya kemudian, dialog di anime ini terkadang terdengar ... tidak alami.

- Tokoh/Karakter:
Beberapa tokoh utama di anime ini terasa dipaksakan untuk terlibat di dalam cerita. Bukan cuma dari cara mereka masuk ke dunia Shikai, sebagaimana yang sudah digambarkan di atas, melainkan juga dari bagaimana mereka bisa begitu saja mengetahui informasi yang seharusnya tidak mungkin bagi mereka untuk ketahui. Tampaknya, anime ini memusatkan seluruh perhatiannya hanya untuk memberi para tokohnya motivasi awal agar mereka lalu secara alami ingin melibatkan diri dengan Shikai, dan sebenarnya dia telah melakukan hal ini dengan sangat baik, yang kemudian juga ikut membantu sehingga cerita anime ini dapat berjalan dengan lancar dan teratur. Namun, dalam hal membangun latar belakang dan pengetahuan dasar yang akan memungkinkan motivasi itu sendiri bisa muncul secara alami, anime ini ternyata belum cukup terampil.

- Overall Score:
Anime ini memulai dengan awal yang menjanjikan, namun tidak butuh waktu lama sebelum anda menyadari bahwa dia tidak akan mampu memenuhi janji tersebut. Misterinya yang semula terlihat rumit dan penuh dengan hal-hal aneh ternyata hanyalah sebuah dalih setengah matang yang dia buat dengan paksa agar para tokohnya bisa saling bertemu. Berkat storytelling yang teratur rapi, secara khusus jalan ceritanya sangat nyaman untuk diikuti, tetapi sebaiknya jangan berharap akan menemukan sesuatu yang istimewa di anime ini. Skor 7,5 dari 10 (Unfulfilling mystery)


DVD/Blu-ray:
Blu-ray BOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar