Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Minggu, 27 Mei 2018

RYUUOU NO OSHIGOTO!

- Judul: りゅうおうのおしごと! (Ryuuou no Oshigoto!)
- Judul Alternatif: The Ryuo's Work is Never Done!;
- Tipe: TV (Januari 2018)
- Genre: Comedy; Drama;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Meski sesungguhnya Kuzuryuu Yaichi tidak serius saat berjanji akan mengabulkan apa saja permintaannya, ketika Yaichi benar-benar berhasil meraih gelar Ryuuou, Hinatsuru Ai pun segera datang menagih janji tersebut dan memohon agar diterima menjadi murid. Yaichi yang merasa tidak sanggup semula berniat menolak, terlebih setelah dia menyadari bahwa Ai ternyata memiliki bakat yang luar biasa dalam permainan Shougi, tetapi karena Ai bersikeras hanya ingin berguru kepadanya, Yaichi lalu berubah pikiran dan balik bertekad akan melatih Ai dengan seluruh kemampuannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Karena pemetaan hubungan di antara para tokohnya yang tampaknya telah diatur dengan saksama, dan juga berkat kegigihannya untuk selalu membangun hubungan tersebut sesuai dengan peraturan dan kebiasaan di dalam dunia Shougi, baik komedi maupun drama di anime ini pun terbilang cukup efektif. Akan tetapi, komedi dan drama ternyata hanya mengisi setengah dari keseluruhan ceritanya. Yang setengah lagi adalah berupa pertandingan Shougi itu sendiri, dan sayangnya, anime ini tidak pernah mampu membuat pertandingan tersebut terasa seru. Mungkin alasan utamanya ialah karena dia mensyaratkan pengetahuan awal yang terlalu tinggi kepada penonton: dia bukan cuma berharap agar penonton mengetahui aturan dan strategi dasar di dalam Shougi, melainkan mengharuskan setiap orang benar-benar menguasai Shougi hingga dapat langsung mengetahui situasi pertandingan dalam sekali pandang. Nyaris tidak ada sedikit pun upaya dari anime ini untuk coba menjelaskan bagaimana sesungguhnya suatu langkah mempengaruhi jalannya pertandingan, termasuk melalui komentar-komentar Yaichi yang justru lebih banyak berfungsi hanya untuk mendramatiskan reaksi tokoh-tokoh yang sedang bertanding. Yaichi akan berkata "Ai dalam bahaya besar!" atau "Kalau melangkah ke sini, Keika akan unggul!", tetapi supaya bisa memahami bahaya dan keunggulan yang dimaksud, anime ini menyerahkan sepenuhnya kepada setiap penonton untuk terlebih dahulu mengasah ilmu dan keahlian masing-masing dalam bermain Shougi.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Secara umum audio dan visual di anime ini cukup bagus, namun kehebatan anime ini tampak paling jelas ketika dia sedang menyajikan komedi. Dengan lelucon yang sebagian besar berasal dari interaksi di antara para tokohnya, kemampuan anime ini menggunakan voice-acting masing-masing tokoh dan indikator visual seperti rambut sehelai milik Ai untuk mempersingkat interaksi tersebut sehingga tidak perlu berisi dialog panjang merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung efektivitas komedinya.

- Tokoh/Karakter:
Sebagaimana yang sudah sempat disebutkan, hubungan di antara para tokohnya telah dipetakan dengan saksama sehingga kemudian dapat menciptakan komedi dan drama yang baik. Anime ini tampaknya mampu mengatur agar setiap hubungan selalu berbeda bahkan ketika beberapa di antaranya sekilas terlihat sangat mirip. Pada tokoh Hinatsuru Ai dan Yashajin Ai, misalnya, walaupun keduanya sama-sama merupakan murid Yaichi, atmosfer yang muncul saat mereka berinteraksi dengan Yaichi ternyata hampir bertolak belakang, maka komedi yang mereka hasilkan akhirnya akan terasa jauh berbeda. Dan, jika masing-masing hubungan adalah sumber yang unik, secara otomatis komedi di anime ini pun ikut menjadi kaya akan variasi. Lalu, bagaimana dengan dramanya? Mungkin yang lebih menakjubkan lagi, anime ini rupanya tidak membangun hubungan-hubungan yang khusus berfungsi cuma untuk menyajikan komedi, tetapi juga menjaga agar mereka senantiasa punya potensi menghasilkan drama yang menyentuh. Itu berarti, anime ini dapat segera berubah dari komedi menjadi drama kapan saja, tanpa dia harus terasa canggung dan sambil tetap berada di dalam kekayaan variasi yang setara dengan komedinya tadi.

- Overall Score:
Anime ini mungkin tidak dimaksudkan untuk semua orang. Karena ceritanya berisi banyak pertandingan Shougi yang rumit namun dibiarkan tanpa penjelasan yang cukup, dia terkesan seolah sengaja ingin membatasi penontonnya cuma terdiri dari pemain Shougi genius seperti Yaichi dan Ai. Namun, syukurlah, sasarannya yang spesifik tidak kemudian sampai ikut menghalangi kemampuan anime ini dalam menyajikan hiburan yang lebih umum. Komedinya tetap efektif dan kisah dramanya masih menyentuh, maka siapapun, bahkan jika anda hanyalah orang awam yang tidak tahu apa-apa tentang Shougi, seharusnya akan bisa menikmati anime ini seperti biasa. Skor 8 dari 10 (Well organised characters)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Nendoroid: Ai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar