Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 17 Oktober 2014

GEKKAN SHOUJO NOZAKI-KUN

- Judul: 月刊少女野崎くん (Gekkan Shoujo Nozaki-kun)
- Judul Alternatif: Monthly Girls' Nozaki-kun;
- Tipe: TV (Juli 2014)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence
- Sinopsis:
Sejak pertama kali mereka bertemu di hari upacara penerimaan murid baru, Sakura Chiyo sudah langsung jatuh hati kepada Nozaki Umetarou. Namun, ketika dia coba mengungkapkan perasaan, Nozaki justru memberinya tanda tangan, dan saat dia berusaha menjelaskan lebih jauh, Nozaki lalu mengajak pulang ke apartemennya. Ternyata, Nozaki yang sekilas terlihat menyeramkan itu sesungguhnya adalah penulis shoujo manga yang terbit bulanan dengan nama pena Yumeno Sakiko, dan salah menduga kalau Chiyo yang mahir melukis telah menawarkan diri untuk membantu, dia pun dengan senang hati menjadikannya asisten.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Seseorang yang bukan seperti yang terlihat. Ini adalah tema utama dari anime ini. Mungkin memang terdengar agak terlalu sederhana, tetapi hal itu hanya semakin membuktikan kelihaian anime ini. Kenyataannya, dia mampu mengubah sesuatu yang sederhana menjadi sebuah komedi yang berkualitas. Itu karena anime ini tampaknya tahu betul bagian mana dari seorang tokoh yang berbeda antara sikap dan penampilannya yang paling berpotensi mengundang tawa, dan kemudian memanfaatkannya semaksimal mungkin. Sebagai contoh, di satu sisi dikenal sebagai gadis yang kasar namun di sisi lain memiliki suara yang begitu indah hingga dijuluki Lorelei, Seo Yuzuki dengan sendirinya sudah termasuk tokoh yang jenaka, tetapi ketika dipasangkan dengan Wakamatsu yang membenci Yuzuki namun menyukainya sebagai Lorelei tanpa mengetahui bahwa keduanya adalah orang yang sama, maka efek dari dualisme identitas Yuzuki pun seketika menjadi berlipat ganda. Anime ini juga melakukan hal yang serupa pada tokoh-tokohnya yang lain, dan alhasil, dia seolah tidak akan pernah kehabisan bahan untuk menciptakan komedi terbaik.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini sangat mendukung komedinya. Kemampuan dalam menunjukkan inti dari setiap lelucon mengizinkan penonton untuk dapat segera menangkap maksudnya. Namun, barangkali hal yang paling banyak berperan sampai komedi tersebut begitu berhasil adalah voice-acting yang baik. Anime ini sanggup merealisasikan kepribadian unik dari para tokoh yang ada, misalnya pada Mikoshiba yang langsung merasa malu atas sesuatu yang baru saja dia ucapkan sendiri, sehingga semua kejenakaan yang berasal dari keanehan sikap dan reaksi mereka pun akhirnya bisa tersampaikan dengan jelas.

- Karakter:
Tampaknya ada perencanaan yang matang ketika anime ini menulis para tokohnya. Bahwa tokoh-tokoh tersebut jenaka adalah hal yang sudah jelas -- karakter yang unik bukan hanya menyebabkan lelucon mereka selalu tidak terduga, melainkan juga terasa menyegarkan karena jauh berbeda dari yang biasa terdapat di anime lain -- tetapi laksana sebuah karya tulis, anime ini juga mengatur mereka dengan seimbang di sekeliling Nozaki. Setiap tokoh ditempatkan pada posisi yang paling tepat sehingga tidak seorang pun yang kemudian tampil terlalu menonjol, atau sebaliknya justru terlalu terisolir dari tokoh yang lain. Dengan komedi yang secara umum dibangun berdasarkan karakter para tokohnya, anime ini sebenarnya masih sangat bergantung kepada pendapat penonton atas daya tarik mereka -- jika satu tokoh dianggap tidak menarik, maka demikian pula dengan semua lelucon yang berasal darinya -- namun berkat dinamika yang memperlihatkan tokoh-tokoh tersebut sebagai kelompok daripada per individu, lebih besar kemungkinan bahwa penonton akan mampu menikmati anime ini secara menyeluruh tanpa pernah perlu terpengaruh oleh siapa yang muncul di layar.

- Overall Score:
Siapa yang pernah menyangka bahwa dunia shoujo manga ternyata bisa begitu menggelikan .... Semuanya adalah berkat cara anime menulis dan menyusun para tokohnya. Unik serta tidak terduga, setiap lelucon yang lahir dari karakter mereka selalu terasa menyegarkan, dan memiliki dinamika yang seimbang, setiap tokoh mampu mengantarkan lelucon yang sama bagusnya dari awal sampai akhir. Ditambah pula dengan dukungan luar biasa dari audio visual, tidak diragukan lagi, anime ini merupakan salah satu komedi terbaik. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

1 komentar:

  1. anime paling lucu dan paling pintar
    bagaikan pribahasa, jangan menilai sampul dari buku nya hahahah
    dalam hal komedi anime ini paling bagus, bagaikan twist dlm cerita misteri, tiap tingkah tokohnya begitu mengejutkan dan menggelikan,

    tp bukan hanya komedi terus di anime ini,
    genre romantis nya juga pas, sedikit tapi manis,
    wakatsu x yuzuki , hori senpai x kashima, nozaki x sakura
    mikoshiba x galge game x action figure nya, hahahaha
    semua cerita romantis nya tentu dengan komedi dan tentu mengejutkan serta manis yg jarang ada di anime komedi dan shoujo mana pun :D

    BalasHapus