Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Selasa, 28 Januari 2014

KYOUSOUGIGA

- Judul: 京騒戯画 (Kyousougiga)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2013)
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 10
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Myoue memiliki kekuatan ajaib untuk menghidupkan apapun yang dia gambar. Kekuatan itu menyebabkannya ditakuti oleh orang-orang, maka dia terpaksa pindah ke sebuah kuil di atas gunung. Di sana dia membina keluarga bersama Koto dan tiga anak mereka, yaitu Kurama, Yase, dan Yakushimaru, tetapi ternyata keberadaan mereka tetap tidak diinginkan, maka Myoue dan keluarganya pun pindah sekali lagi ke Kagami no Miyako, sebuah kota tiruan dari Kyoto yang dia ciptakan. Mereka sempat hidup bahagia, tetapi kemudian kota itu berada dalam bahaya, sehingga Myoue serta Koto harus pergi demi menyelamatkan ketiga anak mereka. Selama berabad-abad si tiga bersaudara menunggu orangtua mereka yang tidak juga kembali, sampai pada suatu hari, seorang gadis yang bernama sama dengan ibu mereka, Koto, mendadak muncul.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tidak akan mudah untuk sepenuhnya memahami plot cerita anime ini. Ada begitu banyak hal gila dan tidak lazim yang terjadi hampir secara bersamaan. Namun, itu juga bukan berarti bahwa ceritanya kacau tanpa struktur. Anime ini hanya membutuhkan persepsi yang lebih tajam dan waktu yang lebih lama untuk berpikir, sebab di luar dugaan, dari penciptaan Kagami no Miyako hingga kehancuran dunia-dunia -- semua hal gila tersebut ternyata memiliki tempatnya masing-masing dan tersusun dengan hubungan yang jelas serta dalam cara yang masih masuk akal. Anime ini memang tidak mudah, tetapi bagi penonton yang bersedia sedikit berusaha, dia juga tidak akan mengecewakan.
Meski demikian, sayangnya anime ini tetap menyisakan beberapa rincian yang terasa dipaksakan, seperti misalnya ketika Koto bertemu dengan ibunya yang terjadi melalui metode yang tidak cukup dijelaskan. Tentu saja, ada kemungkinan bahwa penilaian ini cuma berasal dari proses pemahaman yang belum selesai, namun untuk sementara, anime ini masih harus dianggap tidak sempurna.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visual anime ini bukan yang paling indah untuk ditonton. Desain karakter dan gambar latarnya yang bersudut-sudut tampak lebih cenderung seperti corat-coret daripada suatu karya seni. Namun, anime ini menebus kekurangan tersebut dengan animasi yang bagus. Salah satu hal yang akan sangat membantu penonton untuk memahami ceritanya rumit adalah karena anime ini mampu memvisualisasikan sebaik-baiknya apa yang hendak dia sampaikan.

- Karakter:
Anime ini penuh dengan tokoh-tokoh yang aneh, tetapi dia tidak mengumpulkan mereka sekadar untuk menciptakan situasi unik. Apakah itu Koto si kelinci hitam yang jatuh cinta ataukah Yase si iblis yang manja, masing-masing diberikan kisah dan cara pandang tersendiri baik atas situasi keluarga mereka maupun terhadap Kagami no Miyako, menyebabkan setiap insiden dan setiap pertemuan terasa lebih berwarna dan menarik. Sebagian orang mungkin akan menganggap latar belakang mereka masih terlalu mengada-ada, namun bagaimanapun juga, tidak bisa disangkal bahwa anime ini telah mengembangkan karakter para tokohnya secara lengkap.

- Overall Score:
Animasinya bagus dan karakter para tokohnya dikembangkan dengan baik. Satu-satunya hal dari anime ini yang mungkin akan membuat anda merasa tidak begitu senang adalah ceritanya yang agak rumit. Ada begitu banyak persitiwa aneh dan tidak lazim yang mengisi anime ini, maka jika anda coba menontonnya tanpa fokus penuh, akan sulit untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi. Namun, jika ternyata yang anda inginkan memang adalah sebuah cerita yang lain dari biasanya, anime ini sebaliknya tentu akan sangat memuaskan. Nilai 8 dari 10 (Interestingly complicated)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar