Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 11 Mei 2012

RENTAL MAGICA

- Judul: レンタルマギカ (Rental Magica)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Supernatural; Action
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Rare Bloody Scenes) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Iba Itsuki tiba-tiba mewarisi dari ayahnya sebuah agensi penyewaan jasa penyihir yang bernama Astral. Nyaris tidak punya pengalaman sama sekali dalam bidang sihir, Itsuki mesti belajar dari nol tentang jenis ilmu sihir, aturan-aturannya, kemampuan para pegawainya, dan juga semua bahaya yang mengancam mereka.





Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menggunakan setting sebuah agensi yang menjual jasa, jalan ceritanya sangat beresiko untuk kemudian berkembang tanpa arah, tetapi mampu senantiasa menjaga pada Astral dan para anggotanya, anime ini berhasil memberi ceritanya struktur yang cukup kuat. Dalam setiap kasus baru, para penonton dibawa lebih jauh mengenal latar berlakang serta sifat-sifat para karakternya, daripada sekadar memamerkan kemampuan-kemampuan mereka. Namun meski dikatakan demikian, hingga akhir serial anime ini ternyata masih menyisakan lubang-lubang besar yang tidak pernah terjelaskan, terutama pada karakter Iba Itsuki. Bagaimana sebenarnya dia mendapatkan Glam Sight? Mengapa dia sampai bisa kehilangan ingatan? Memang, ketidak jelasan ini mungkin hanya disebabkan oleh ketidak tahuan penonton tentang seputar ilmu sihir, tetapi seharusnya sudah menjadi tugas anime ini untuk mengajarkannya kepada penonton, daripada cuma mengandalkan pada tulisan singkat selama beberapa detik di akhir setiap episode, atau justru berharap bahwa penonton memiliki pengetahuan awal atas cakupan ragam ilmu sihir yang luas di dalam ceritanya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Bagian visualnya tidak menawarkan sesuatu yang baru, namun anime ini berhasil memperlihatkan aksi-aksi yang mengalir lancar dan animasi sihir yang cukup believable. Hal-hal sederhana semisal riak-riak kecil yang ditimbulkan oleh Forneus milik Adelicia membuatnya terlihat seperti benar-benar berenang di udara.
Voice-actingnya lumayan. Tambahan-tambahan kecil seperti dialek Kansai dari Honami tidak pernah cukup untuk menjadi ciri khas anime ini dan juga tidak berpengaruh apa-apa pada ceritanya, tetapi selalu bisa memberi variasi yang menyenangkan. Hanya saja, perubahan suara Itsuki yang tiba-tiba saat bertarung terasa aneh, dan secara khusus, suara jeritan Honami saat masih kanak-kanak sedikit terlalu berlebihan hingga menyakitkan telinga--terribly annoying!

- Karakter:
Dengan cerita yang sengaja disusun untuk memperkenalkan mereka satu persatu, semua karakter di dalam anime ini dipastikan mendapatkan pengembangan yang cukup. Mulai dari dendam yang membayangi Nekoyashiki hingga sihir terlarang yang dilakukan oleh keluarga Adelicia, masing-masing karakter diberi sejarah yang mempengaruhi sikap mereka saat ini.
Namun sekali lagi, entah mengapa karakter Itsuki tidak mendapat keistimewaan ini. Karena hilang ingatan, masa lalunya tidak pernah benar-benar menjadi dirinya, dan keputusannya untuk menjadi pimpinan Astral kemudian terasa instan tanpa alasan yang jelas. Ditambah dengan perubahannya yang terlalu mendadak dari pemuda lugu menjadi petarung handal dalam sekejap, sebagai karakter utama, Iba Itsuki sangat asing dibandingkan karakter-karakter lain.

- Overall Score:
Lebih dari sekadar mengumpulkan berbagai macam ilmu sihir, anime ini mengembangkan karakter-karakter dengan cukup baik sehingga setiap anggota Astral benar-benar terasa selayaknya sebagai aset yang berharga. Sayangnya, karena sepertinya lupa melakukan hal yang sama kepada karakter Iba Itsuki yang justru paling sentral di dalam cerita, anime ini membiarkan dirinya memiliki kekurangan yang sebenarnya dengan sangat mudah bisa dihindari. Nilai 8 dari 10 (Have mistakes, but it's still good enough)


DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6
- Volume 7
- Volume 8
- Volume 9
- Volume 10
- Volume 11
- Volume 12

2 komentar: