Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 08 Mei 2012

BLACK★ROCK SHOOTER

- Judul: ブラック★ロック シューター (Black Rock Shooter)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 8
- Rating: Strong Violence (Physical Harm and Limbs Dismembering) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Saat melihat namanya di kelas, Kuroi Mato langsung memutuskan ingin berteman dengan Takanashi Yomi. Namun, dia kemudian menyadari bahwa menjalin hubungan pertemanan tidaklah semudah yang dia sangka, dan setelah mengetahui tentang sebuah dunia di mana dirinya yang lain bertarung mati-matian sebagai ganti emosinya, kehidupan sosial Mato mendadak berubah menjadi sangat serius.




Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bagaimana menggabungkan kisah drama penuh emosi dengan pertarungan dahsyat yang tidak mengenal ampun? Biasanya adalah dengan mengurangi kadar keduanya sehingga sisi pertarungannya tidak kosong tanpa makna dan sisi dramanya tidak terlalu emosional. Namun, dengan menciptakan dunia paralel, anime ini memiliki caranya sendiri yang mampu mempertahankan kedua sisi cerita tetap pada cirinya masing-masing. Sisi drama hanya membuat pertarungannya masuk akal, dan pertarungan-pertarungan dahsyat hanya menjadikan dramanya bahkan semakin dramatis. Hal ini tidak harus berarti bahwa anime ini lebih baik atau lebih buruk dari yang lain, tetapi yang pasti, penonton akan mendapatkan sebuah pengalaman yang sungguh unik.
Sayangnya, setelah menetapkan dunia paralel tersebut sebagai settingnya, anime ini tidak bisa menjawab pertanyaan yang secara alami datang selanjutnya. Bagaimana hal itu berawal? Karena hubungan antara dunia nyata Kuroi Mato dan dunia alternatif Black Rock Shooter sangat kuat, sulit untuk bisa menerima penjelasan bahwa hubungan tersebut 'ada begitu saja'. Akibatnya, pertanyaan-pertanyaan yang tidak terjawab ini mencegah ceritanya untuk pernah benar-benar menjadi solid.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi CG-nya menjadi model yang semestinya diikuti oleh anime-anime lain yang bermaksud menampilkan pertarungan-pertarungan cepat dan eksplosif. Dari kombinasi sudut pengambilan gambar yang fixed dan dinamis hingga penggunaan slow motion secara tepat waktu untuk dramatisasi momen-momen tertentu, setiap bagian dari sinematografi anime ini didesain khusus untuk membuat adrenalin penonton ikut terpompa. Begitu dua karakter tampak bersiap bertarung, penonton bisa sepenuhnya yakin akan segera menyaksikan visual yang luar biasa.
Ekslusif pada karakter Dead Master dan Strength, desain setting dunia alternatif untuk keduanya terlihat indah sekaligus menakjubkan. Cahaya kehijau-hijauan di latar belakang dan tumpukan tengkorak yang menjadi tahta Dead Master terasa begitu ajaib, sementara kubus berputar Strength yang bagai teka-teki Rubik paling besar dan aneh selalu mengundang rasa penasaran dalam kerumitannya. Sangat disayangkan, anime ini tidak memberikan pesona yang serupa kepada karakter-karakter yang lain.

- Karakter:
Seiring usahanya untuk memperlihatkan kedalaman dan kerumitan emosi para gadis remaja, anime ini berhasil dan gagal secara bersamaan dalam pengembangan karakter-karakternya. Ketika mampu menggambarkan sebagian besar karakternya cukup baik sehingga dapat dengan mudah langsung dimengerti, ironisnya terdapat hal-hal detil yang dipakai untuk menjelaskan karakter-karakter tersebut justru secara tidak sengaja menjadi misteri yang membingungkan. Seorang gadis yang usianya tidak bertambah? Masa lalu yang tidak pernah terjadi? Lalu di mana masa lalu yang sebenarnya? Rasanya seperti menyaksikan sebuah film drama yang tiba-tiba menjadi cerita horor--membuat terharu, tetapi pada saat yang sama meninggalkan perasaan was-was.

- Overall Score:
Seolah hubungan di antara gadis-gadis remaja belum cukup rumit, anime ini meningkatkan levelnya bahkan lebih tinggi lagi. Sayangnya, dunia alternatif gadis-gadis petarung yang seharusnya bisa menjadi ciri khasnya tidak memiliki latar belakang yang cukup jelas sehingga tidak pernah menjadi lebih daripada gagasan yang setengah jadi. Pada akhirnya, kekuatan anime ini berada pada bagian visualnya, baik dalam bentuk animasi aksi-aksinya yang cepat dan sinematis maupun desain latar belakang yang mempesona. Nilai 8 dari 10 (Mesmerizing actions)


DVD@Amazon:
- Volume 1
- Volume 2
- Volume 3
- Volume 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar