Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 14 Maret 2014

KOKORO CONNECT

- Judul: ココロコネクト (Kokoro Connect)
- Judul Alternatif: Kokoroco;
- Tipe: TV (Juli 2012)
- Genre: Comedy; Mystery; Supernatural;
- Episode: 17
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Indecency)
- Sinopsis:
Hanya karena tidak sesuai dengan klub-klub yang sudah ada, Yaegashi Taichi, Nagase Iori, Inaba Himeko, Kiriyama Yui, dan Aoki Yoshifumi membentuk klub mereka sendiri yang disebut Bunka Kenkyuu bu (Klub Penelitian Budaya) atau disingkat Bunkenbu. Pada awalnya, mereka menjalani kehidupan dengan normal, sampai kemudian seseorang yang menamakan dirinya Fuuzen Kazura merasuki tubuh guru penasihat mereka dan mulai menimbulkan fenomena-fenomena aneh atas mereka berlima. Mereka pun akhirnya terlibat dalam pertengkaran setelah satu-persatu rahasia mereka tanpa sengaja terungkap, tetapi di sisi lain, berkatnya hubungan di antara mereka juga perlahan tumbuh semakin erat.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebuah kisah tentang persahabatan dan pencarian jati diri lima orang remaja yang disusun dengan cukup baik dan disajikan secara efektif. Bukan hanya mengulang-ulang insiden demi insiden untuk menguji persahabatan mereka, setiap chapter, mulai dari Hito Random hingga Michi Random secara spesifik mengangkat tema-tema tertentu -- seperti kejujuran, saling memahami, dan menerima kekurangan diri sendiri -- yang menjelaskan mengapa hubungan mereka bisa sedemikian erat. Alhasil, kekuatan hubungan kelima tokohnya itu benar-benar mampu terasa sebagai hal yang nyata, daripada sekadar suatu ide yang disodorkan kepada penonton untuk diterima begitu saja. Terkadang jalan ceritanya memang berkembang menjadi agak terlalu dramatis, tetapi berkat bumbu komedi dan romantisme dalam takaran yang pas, anime ini tetap berhasil menjaga keseluruhan komposisinya selalu seimbang.
Hanya saja, ketika anime ini juga menggunakan unsur misteri untuk tampil unik, dia melakukan kesalahan dengan tidak menjelaskan alasan mengapa fenomena-fenomena aneh itu terjadi pada para tokohnya. Dia memang menyebutkan tentang Fuuzen Kazura dan ketertarikannya kepada mereka, tetapi hal tersebut sama sekali belum cukup. Mengapa dia sampai merasa tertarik? Dan mengapa harus mereka? Meski bisa dipahami bahwa terlalu jauh membahas misteri ini mungkin akan mengalihkan perhatian penonton dari pesan utamanya yang tentang persahabatan, pada saat yang sama, kurangnya penjelasan menyebabkan anime ini sesekali terkesan mengada-ada.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski masih terdapat beberapa keselahan pada sinkronisasi antara animasi dengan sound effect, secara keseluruhan audio visual di anime ini sangat bagus. Dan hal ini paling kentara terlihat di chapter Hito Random. Sinematografi yang pandai berhasil menunjukkan keanehan momen ketika para tokohnya mendadak bertukar tubuh, sementara voice-acting yang menakjubkan mampu menyesuaikan diri dengan sifat dan cara bicara yang berbeda-beda sehingga penonton dapat segera mengidentifikasi siapa yang sesungguhnya sedang berbicara meskipun yang tampak adalah orang yang berbeda. Pada chapter-chapter berikutnya, kualitas audio visual anime ini tidak begitu menonjol, tetapi itu cuma karena tidak ada kejadian-kejadian tertentu yang bisa memperlihatkan keunggulan mereka sama baiknya.

- Karakter:
Sebagian besar tokohnya telah ditulis dengan cermat. Sejarah, rahasia, dan sifat masing-masing telah dipersiapkan sejak awal sehingga reaksi mereka pada setiap insiden selalu konsisten dan tampak alami. Namun, perhatian serupa tidak diberikan kepada Fuuzen Kazura. Anime ini mungkin sebenarnya bermaksud menjadikannya sebagai tokoh figuran yang cuma sesekali muncul di momen-momen tertentu, tetapi pada kenyataannya, peran Fuuzen Kazura dalam mempengaruhi jalan cerita mulai dari permulaan hingga akhir sangatlah besar, maka dia pun seharusnya membutuhkan identitas yang lebih banyak daripada hanya cara bicara yang malas dan kemampuan yang luar biasa. Dia membutuhkan alasan atau tujuan yang jelas sehingga melakukan apa yang dia lakukan, dan karena anime ini tidak pernah menyediakannya, bagian-bagian cerita di mana Fuuzen Kazura terlibat, yang beberapa di antaranya merupakan bagian penting, mungkin akan terasa seperti dramatisasi tidak perlu yang terlalu dipaksakan agar terjadi.

- Overall Score:
Mungkin belum pernah ada anime yang menyajikan kisah tentang persahabatan seefektif dan seindah anime ini. Setiap chapter memiliki andil tersendiri untuk menunjukkan bagaimana kelima tokohnya tumbuh saling percaya dan saling memahami, lalu dengan audio visual yang bagus, jalan cerita anime ini selalu mudah diikuti meski dengan semua kejadian anehnya. Sangat disayangkan bahwa kurangnya informasi seputar Fuuzen Kazura meninggalkan sedikit noda, namun setidaknya dalam hal efektivitas dan keindahan, anime ini berada di antara yang terbaik. Nilai 8,5 dari 10 (Effective storytelling)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar