Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 08 Maret 2014

NON NON BIYORI

- Judul: のんのんびより (Non Non Biyori)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2013)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Karena pekerjaan sang ayah, Ichijou Hotaru dan keluarganya pindah ke desa terpencil Asahigaoka. Dia pun kemudian masuk ke sekolah lokal yang secara keseluruhan hanya memiliki satu kelas dan, selain dirinya, diisi cuma oleh empat orang murid, yaitu kakak-beradik Koshigaya Suguru, Komari, dan Natsumi, serta gadis kecil bernama Miyauchi Renge. Meski segala sesuatu di Asahigaoka sangat jauh berbeda dari kehidupannya yang lama di Tokyo, Hotaru menikmati setiap hari yang dia lalui bersama teman-teman barunya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Anime ini berhasil menonjolkan diri di antara anime-anime lain karena komedinya yang terasa khas. Setting-nya yang berupa desa terpencil dimanfaatkan secara efektif; lelucon-lelucon dan momen-momen lucu yang terjadi selama perjalanan ke toko permen yang kesepian atau Bunkasai (Festival Budaya) yang dilaksanakan hanya oleh lima orang terasa begitu unik, seolah hampir mustahil ditemukan kecuali pada anime ini. Namun ironisnya, upaya anime ini untuk menjaga atmosfer tentang desa terpencil yang sunyi pada akhirnya justru menjadi kekurangan yang menghalanginya dari menghasilkan komedi sempurna. Terdapat beberapa episode di anime ini yang sebagian besarnya terasa, well, terlalu sunyi -- bukan karena tidak tersedia cukup dialog atau musik, melainkan karena terlalu banyak waktu yang berlalu dari satu lelucon sebelum sampai ke lelucon berikutnya. Meski secara keseluruhan anime ini tetap merupakan sebuah komedi yang sangat bagus, selalu ada kesan bahwa dia juga seharusnya masih bisa lebih baik.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Dengan banyak menampilkan gambar-gambar pemandangan yang mendetil namun masih sesekali disertai aktivitas orang-orang di kejauhan, lalu ditambah dengan musik latar yang pas dan dimainkan pada saat-saat yang tepat, anime ini benar-benar mampu mengangkat suasana dari sebuah desa terpencil. Dan hal tersebut penting karena dia kemudian mendukung setting yang menjadi dasar komedi anime ini. Terlepas dari kekurangan yang dijelaskan di atas, audio visual anime ini sudah melakukan tugasnya dengan lancar.

- Karakter:
Karakter keempat tokoh utama di anime ini merupakan kombinasi yang dapat menjamin komedi yang berkesinambungan. Meski tidak ada yang istimewa ketika mereka semua berkumpul bersama, dalam unit-unit yang lebih kecil, tokoh-tokoh tersebut sanggup menemukan sesuatu yang lucu dari setiap situasi. Kenakalan Natsumi selalu menimbulkan masalah bagi Komari, Komari selalu merasa frustasi ketika melihat Hotaru yang ternyata lebih dewasa daripada dirinya dalam banyak aspek, sebaliknya Hotaru selalu ingin menyenangkan hati Komari karena menganggapnya sebagai makhluk kecil nan imut, dan Renge yang polos serta misterius sekaligus selalu mengatakan suatu hal aneh kepada siapapun secara mendadak -- kombinasi-kombinasi ini bagaikan frame yang siap menangkap kejadian apapun dalam konteks yang jenaka. Dari musim semi hingga musim dingin, dari kegiatan belajar di sekolah hingga aktivitas santai di rumah, dari episode pertama hingga episode terakhir, komedi anime ini tidak pernah membosankan.

- Overall Score:
Kehidupan di desa terpencil tidak harus membosankan. Bahkan, jika mengacu kepada anime ini, dengan kombinasi karakter yang tepat, kehidupan tersebut merupakan sebuah komedi yang tidak pernah berhenti menghibur. Memang selalu ada kesan bahwa masih tersisa sesuatu yang kurang darinya, tetapi ini bisa jadi hanyalah pendapat subyektif. Jika anda menontonnya sendiri, anime ini mungkin saja justru menjadi yang komedi yang paling sesuai bagi anda. Satu hal yang pasti, meski ketika anime ini sudah berakhir, anda sama sekali tidak akan keberatan untuk mengharapkan lanjutannya. Nilai 8,5 dari 10 (Great comedy)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar