Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 28 Februari 2014

GALILEI DONNA

- Judul: ガリレイドンナ (Galilei Donna)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2013)
- Genre: Sci-Fi; Action;
- Episode: 11
- Rating: Strong Violence (Animated Blood) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Hazuki, Kazuki, dan Hozuki Ferrari tiba-tiba diserang beberapa orang, mulai dari perompak angkasa hingga organisasi rahasia di balik sebuah perusahaan energi raksasa. Mereka semua menginginkan Tesoro, harta karun peninggalan Galileo Galilei, padahal meski sebagai keturunan langsung dari Galileo, gadis-gadis itu sama sekali tidak mengerti apa yang mereka bicarakan. Karena terus-menerus menjadi sumber masalah, dengan bantuan seorang wanita pecinta sejarah Galileo bernama Anna Hendricks, ketiga gadis itu pun memutuskan berkelana dan mencari sendiri Tesoro di berbagai penjuru dunia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski menampilkan serangkaian petunjuk kuno dan salah seorang pemikir terhebat dalam sejarah, anime ini masih jauh dari menjadi The Galileo Code. Petunjuk-petunjuk tersebut sangat sederhana, terlalu dibuat-buat, dan bahkan terkadang begitu tidak masuk akal hingga berada di ambang kekonyolan. Maka sebaiknya jangan berharap akan menemukan misteri yang rumit, sebab tampaknya sejak awal tujuan anime ini adalah hanya bercerita tentang Keluarga Ferrari, terutama si tiga saudari: Hazuki, Kazuki, dan Hozuki, mulai dari tentang penyatuan kembali hubungan mereka di dalam krisis hingga kehidupan romantis mereka masing-masing. Namun, ini bukan kemudian berarti bahwa sebagai kisah keluarga, anime ini melakukan semuanya dengan lebih baik. Jalan ceritanya terasa kacau, seolah tidak memiliki kerangka yang pasti; topik di setiap episode berubah-ubah dan nyaris tanpa ada hubungan di antaranya. Salah satu penyebabnya adalah karena anime ini selalu bersikeras untuk memasukkan nama Galileo Galilei pada segala hal daripada berkonsentrasi membangun cerita di sekeliling Keluarga Ferrari sendiri, sehingga isinya lebih banyak hanya ingin menunjukkan apa yang ditinggalkan oleh Galileo dan bukan apa yang dilakukan oleh Keluarga Ferrari. Anehnya, informasi yang diberikan seputar sang tokoh bersejarah pun masih sangat minim, seolah anime ini juga tidak pernah bersungguh-sungguh berniat memperkenalkannya. .... Tidak Keluarga Ferrari ataupun Galileo, lalu apa yang sebenarnya hendak anime ini sajikan kepada penonton?

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya bagus. Pertempuran-pertempuran di udara adalah highlight yang paling menonjol, tetapi kualitas visual di sepanjang anime ini terbilang sangat memuaskan. Musik latarnya juga diatur dengan baik. Efeknya mungkin tidak akan sering terasa sebab jumlah adegan-adegan emosional di anime ini juga sedikit, namun di mana dia dibutuhkan, musik latar tersebut selalu memberi dukungan sepenuhnya.

- Karakter:
Kecuali bahwa mereka bersaudari, Hazuki, Kazuki, dan Hozuki tidak punya apapun yang dapat menyatukan mereka. Bukan maksudnya bahwa kakak-beradik seperti mereka selalu mesti saling melengkapi, tetapi untuk kepentingan cerita yang seharusnya memperlihatkan keeratan hubungan mereka, penonton tentu berharap melihat bagaimana keunggulan satu saudari mengisi kelemahan saudari yang lain. Namun, yang terjadi adalah anime ini terlalu memusatkan diri hanya pada Hozuki seorang. Dia melakukan semua hal yang penting -- menciptakan kendaraan mereka, memecahkan teka-teki Galileo, dan kemudian juga gigih mempertahankan Galileo Tesoro. Sementara, meski memang tetap memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri, Hazuki dan Kazuki akhirnya cuma seperti tokoh-tokoh pendukung yang kebetulan ada bersama Hozuki. Jika memang anime ini bermaksud menjadi kisah petualangan tiga saudari, maka jelas dia gagal melakukannya, sebab ternyata dia kemudian lebih tepat disebut sebagai kisah petualangan seorang gadis yang ditemani oleh dua kakaknya.

- Overall Score:
Kisah tentang perjuangan hidup tiga saudari, atau perburuan harta karun Galileo Galilei? Anime ini tampaknya tidak bisa memutuskan sehingga akhirnya dia hanya terperangkap di tengah-tengah, tidak cukup bagus untuk sisi manapun. Jalan ceritanya terlalu terpusat hanya pada satu orang gadis daripada tiga orang seperti yang seharusnya, dan perburuan harta karun tersebut juga ternyata kemudian terasa cuma seperti setting di latar belakang yang tidak begitu penting. Audio dan visualnya mungkin masih mampu menghibur anda, namun secara keseluruhan, anime ini tidak akan memenuhi harapan anda. Nilai 7 dari 10 (Indecisive strorytelling)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar