Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 21 Maret 2014

FATE/KALEID LINER PRISMA ILLYA

- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Action; Supernatural; Comedy;
- Episode: 10
- Rating: Strong Violence (Animated Blood) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Illyasviel von Einsberg berangan-angan menjadi Mahou Shoujo, dan pada suatu malam, keinginan tersebut tiba-tiba saja terwujud. Dia memperoleh kekuatan dari Ruby, sebuah tongkat sihir yang baru saja meninggalkan majikan sebelumnya dan kini sedang mencari pengganti untuk menyelesaikan misi mengumpulkan kartu-kartu misterius Class Card yang muncul di Kota Fuyuki. Dengan perasaan yang bercampur aduk antara senang dan takut, Illyasviel menerima tugas berbahaya itu.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jika ada buku manual tentang bagaimana cara membuat cerita Mahou Shoujo, anime ini tentu mengikutinya dengan cermat. Dari kekuatan magis yang diperoleh secara tiba-tiba hingga seorang tokoh murid pindahan yang misterius, dia memiliki semua elemen yang bisa diharapkan dari anime bertema Mahou Shoujo. Namun, berkat roh para kesatrianya, cerita anime ini tetap terasa menarik. Bukan berarti sesuatu yang memberi makna yang lebih dalam, tetapi setidaknya para kesatria tersebut cukup untuk menjadikan anime ini memiliki keunikannya tersendiri. Tidak juga berarti bahwa dia secara signifikan berbeda dari anime lain, tetapi dalam hal memperkenalkan kekuatan-kekuatan baru Illya dan Miyu, anime ini masih sanggup untuk selalu mengajak penonton bertanya-tanya dengan penasaran apa lagi yang akan mereka tunjukkan selanjutnya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasinya dipersiapkan dengan saksama dan ditampilkan secara mendetil. Kekuatan masing-masing Class Card diperhatikan, dan cara bertarung Illya dan Miyu ketika menghadapi mereka disesuaikan, sehingga setiap pertarungan merupakan tontonan yang indah dan unik sekaligus. Sayangnya, anime ini tampaknya tidak begitu pandai dalam menggunakan audio untuk menyampaikan cerita. Sesekali terdapat momen hening yang canggung, mungkin dimaksudkan untuk menjadikan momen tersebut lebih dramatis namun dibiarkan bertahan beberapa detik terlalu lama. Juga ada saat di tengah-tengah cerita ketika anime ini mendadak menggunakan narasi dari Illya, yang terdengar aneh dan keliru karena sepertinya bukan cara bercerita yang dimaksudkan sejak awal.

- Karakter:
Sebagaimana ceritanya, karakter para tokoh anime ini juga merupakan klise dari tema Mahou Shoujo. Illya sebagai tokoh utama yang ceroboh, Miyu sebagai teman yang penyendiri, dan bahkan Ruby sebagai pendukung yang suka seenaknya -- mereka adalah karakter-karakter yang sudah begitu sering ditemukan. Namun ini sama sekali bukan hal yang buruk. Meski secara terpisah kisah masing-masing tokoh memang tidak punya daya tarik tertentu, kombinasi mereka masih mampu menghasilkan komedi yang bagus. Jumlah leluconnya tidak cukup banyak, tetapi ketika muncul, anime ini bisa menjadi benar-benar jenaka.

- Overall Score:
Sebagai spin-off yang bersifat lembut dari cerita yang cenderung suram dan serius, anime ini beresiko mengecewakan. Dan sebagai kisah Mahou Shoujo yang sudah sangat umum, dia juga terancam menjadi karya yang terlalu biasa. Namun, menggabungkan keduanya, anime ini ternyata berhasil menciptakan warna khasnya sendiri. Dan jika hal ini masih belum cukup meyakinkan anda agar mengikuti ceritanya, komedi yang bagus dan animasi yang indah selalu bisa memberi alasan untuk coba menonton anime ini. Nilai 8 dari 10 (Adequately satisfying)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar