Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 18 Mei 2012

ANOTHER

- Judul: Another
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Mystery; Supernatural; Horror
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence (Bloody Scenes)
- Sinopsis:
26 tahun yang lalu, seorang murid dari kelas 3-3 di SMP Yomiyama-Kita bernama Misaki meninggal dunia. Namun baik wali kelas maupun teman-temannya terus bersikap seolah-olah dia masih ada bersama mereka, dan pada saat mengambil foto kelulusan, Misaki benar-benar terlihat di antara mereka. Ditinggal sendirian oleh ayahnya yang pergi ke luar negeri, Sakakibara Kouichi harus menghabiskan tahun terakhir SMP-nya dengan pindah ke Yomiyama-Kita. Dia dimasukkan di kelas 3-3, di mana dia kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Misaki Mei, tetapi anehnya, selain Kouichi seorang, tidak ada lagi murid lain yang tampaknya menyadari keberadaan gadis tersebut.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Breathtaking! Sebuah cerita horor misteri klasik di mana tokoh-tokohnya terperangkap di suatu tempat tertutup ketika seorang pembunuh kejam sedang berkeliaran, hanya saja pada anime ini, baik si pembunuh kejam maupun juga tempat tertutup tersebut ditiadakan. Apakah hal itu bisa dilakukan?--Tentu saja bisa! Berhasil memberi sebuah versi yang benar-benar baru dan menyegarkan pada genre ini, anime ini membuktikan bahwa untuk membuat penonton tegang yang dibutuhkan bukanlah tokoh antagonis yang menyeramkan, melainkan rasa ketidak berdayaan dan ketidak pastian atas apa yang akan terjadi selanjutnya. Bahaya yang menghantui tokoh-tokohnya masih terasa sangat jelas, dan dalam upaya mereka untuk menghentikannya terdapat misteri yang selalu membuat penasaran dengan twist yang tidak terduga dan perhatian terhadap detil yang cukup tinggi. Layaknya suatu novel bagus yang mengundang para pembacanya untuk membuka lembar demi lembar, anime ini mampu mengajak para penontonnya untuk mengikuti setiap detiknya.
Oleh karena itu pula, sungguh sangat mengecewakan bahwa anime ini kemudian melakukan kesalahan yang begitu fatal. Mata palsu yang bisa melihat!? Jika berdiri sendiri, hal sekecil ini masih bisa diterima, sebab cerita horor Asia memang terkenal dengan unsur supernaturalnya. Namun, ketika hal tersebut berpengaruh besar terhadap bagian misterinya yang--secara kebetulan dan dengan nyamannya--entah bagaimana bisa ada, ini adalah kesalahan mendasar yang tidak dapat dimaafkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Setiap bagian dari audio visual di anime ini mendukung nuansa horor misteri ceritanya. Dari karatan pada pegangan di atap sekolah hingga tatapan-tatapan hening dan resah dari murid-murid di kelas 3-3, semuanya benar-benar mengesankan bahwa ada hal buruk yang sedang terjadi dan sesuatu yang bahkan lebih buruk lagi akan segera terjadi.
Adegan-adegan kematian ala serial film Final Destination yang tampak seperti kecelakaan pada level tertinggi cukup untuk menyebabkan siapapun mengalami mimpi buruk. Visualisasi sejauh ini bagi sebagian penonton mungkin akan terasa terlalu berlebihan, tetapi jika dibandingkan dengan Final Destination, anime ini menahan kadar kekejamannya hingga tetap mampu membuat penontonnya tercengang tanpa harus memaksa mereka mengalihkan pandangan.

- Karakter:
Secara kolektif, rasa takut dan frustasi dari murid-murid di kelas 3-3 digambarkan dengan sangat nyata. Sikap saling mencurigai, tawa yang dipaksakan, atau ledakan kemarahan--meski sesekali didramatisir, reaksi-reaksi mereka masih terasa masuk akal, dan dengan begitu semakin menambah nuansa seram dari ceritanya. Secara individu, karakter-karakter anime ini tidak memiliki ciri khas yang terlalu menonjol, tetapi hal ini justru hanya membuat mereka mudah dipahami, memperkuat elemen realisme di dalam anime ini, dan secara khusus, karena diberikan sejarah mendetil yang kemudian berperan signifikan pada misterinya, karakter-karakter utama seperti Kouichi dan Mei dipersiapkan dengan sangat baik.

- Overall Score:
Dengan audio visual yang mendukung dan karakterisasi yang luar biasa, anime ini hanya gagal mencapai nilai sempurna karena melakukan suatu kesalahan mendasar namun fatal pada bagian misteri dari ceritanya. Namun meski demikian, bagaimanapun juga, anime ini tetap berhasil mencapai tujuannya dengan sangat baik pada sisi lain ceritanya sebagai kisah horor yang akan mampu membuat siapapun merasa tegang. Disappointing mystery, but thrilling horror. Nilai 9 dari 10 (Recommended, but ...)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar