Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 05 November 2011

STEINS;GATE

- Judul: Steins;Gate
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV
- Genre: Mystery; SciFi; Romance; Comedy
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Rare Blood) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Berkat serangkaian kejadian yang tidak disengaja, Okabe Rintarou dan para anggota Mirai Gadget Kenkyuujo (Future Gadget Lab) berhasil menemukan mesin waktu, dan setelah bertemu dengan Makise Kurisu, mereka bahkan mampu memanipulasinya untuk mengubah masa lalu. Namun, ternyata mereka tidak sendirian dalam upaya menguasai waktu. Secara diam-diam sebuah organisasi bernama SERN mengawasi setiap langkah mereka ....



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Great story and even better storytelling!! Cerita anime ini dikembangkan dengan sangat baik, mulai dari pembagian episode yang senantiasa mengundang hingga pengungkapan misteri yang membuat penonton selalu bertanya-tanya. Setiap substory dan hal-hal yang sekilas remeh ternyata memiliki dampak tersendiri pada keseluruhan cerita, sehingga mampu menahan penonton untuk berkonsentrasi penuh mengikuti cerita dari awal sampai akhir. Anime ini bukan tanpa kekurangan, tetapi sedikit detil yang masih meragukan tidak sampai menimbulkan konflik di dalam cerita--hanya kurang mendapat penjelasan, yang sebab tertutupi oleh keberhasilan menghubungkan detil-detil yang lebih banyak untuk menyusun sebuah cerita dengan tingkat kerumitan yang begitu tinggi, menjadi sangat mudah diabaikan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Visualisasi pada anime ini mengantarkan jalan ceritanya dengan mantap, dan hal ini menjadi semakin istimewa dengan fokus cerita anime ini terbagi ke dalam dua bagian. Pada bagian pertama, unsur misteri di dalam cerita diperdalam dengan gambar-gambar perubahan mendadak, sedangkan pada bagian kedua, keputus asaan Rintarou diwakili oleh menurunnya nilai penting dari suatu kejadian yang berulang-ulang.
Ending video yang memperlihatkan jam pasir yang tersusun kembali berhasil menangkap dengan tepat inti cerita tentang perjalanan waktu di anime ini. Dan meski mungkin secara keseluruhan terkesan sederhana, pengambilan gambar pecahan-pecahan kaca yang saling menyambung kembali dalam gerakan lambat tampak sangat artistik.

- Karakter:
Setiap karakter unik dan memiliki peran masing-masing yang cukup signifikan di dalam cerita. Anime berhasil membuat penontonnya terkjut lagi dan lagi saat karakter-karakter yang awalnya tampak hanya sebagai figuran ternyata kemudian mendadak maju ke panggung utama.
Meski semua karakter digambarkan dengan jelas, penghargaan khusus harus diberikan atas karakterisasi mendetil terhadap Okabe Rintarou. Perubahan bertahap emosinya dari pemuda yang carefree, penasaran, menyesal, hingga kemudian putus asa dipresentasikan dengan seksama sehingga penonton akan segera mampu merasakan penderitaannya dan bersimpati, walau dengan tema science fiction yang menjadi latar belakangnya.

- Overall Score:
Cerita yang menggunakan waktu sebagai senjata utamanya membutuhkan perhatian yang khusus dan sangat mendalam terhadap detil-detil, maka keberhasilan untuk menghubungkan detil-detil tersebut secara otomatis menjamin sebuah cerita yang luar biasa. Tidak ada satu pun karakter yang sia-sia, dan nyaris tidak ada scene yang tidak berguna di dalam anime ini. Nilai 10 dari 10 (A Must Watch!!)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar