Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 11 Maret 2016

SUBETE GA F NI NARU ~ THE PERFECT INSIDER

- Judul: すべてがFになる (Subete ga F ni Naru)
- Judul Alternatif: The Perfect Insider;
- Tipe: TV (Oktober 2015)
- Genre: Mystery;
- Episode: 11
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Meski dia sendiri diakui memiliki otak yang brilian, Saikawa Souhei tetap mengagumi Magata Shiki yang telah memperoleh gelar Doktor sejak masih berusia sebelas tahun. Maka ketika putri dari salah satu mantan dosennya, Nishinosono Moe mengatakan bahwa dia mampu membawa mereka mengunjungi pulau Himakajima di mana laboratorium milik Magata berada, Saikawa pun tidak melewatkan kesempatan tersebut. Namun, saat baru saja akan bertemu dengan Magata, mereka justru mendapatinya telah menjadi mayat dengan kondisi yang aneh, korban dari pembunuhan di dalam ruangan yang belum pernah dibuka selama lima belas tahun terakhir.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Secara garis besar, anime ini merupakan kisah misteri yang sangat bagus. Begitu pembunuhan dimulai, dia seketika menimbulkan banyak pertanyaan dan dengan spontan mengajak penonton untuk menjawab. Caranya mengantarkan penonton di sepanjang misteri juga teratur cukup rapi, dengan mengungkap sedikit demi sedikit petunjuk tetapi sambil tetap mampu menjaga rahasianya yang paling besar hingga saat-saat terakhir. Namun, meski demikian, sayangnya masih terdapat beberapa rincian yang kemudian membuatnya tampak meragukan. Pertama, agar tidak sampai menjadi spoiler, cukup dikatakan bahwa selama lima belas tahun Magata Shiki mengurung diri, seharusnya sudah ada seseorang yang menyadari apa yang terjadi di dalam ruangannya berdasarkan jenis makanan khusus yang dia tentu butuhkan. Bahkan, rasanya benar-benar mengherankan bahwa tidak ada satu pun dari para penghuni laboratorium yang paling tidak mencurigai sesuatu. Kedua, wawancara antara Magata Shiki dan Moe yang kemudian berperan sangat penting semestinya tidak pernah terjadi. Tujuan Magata hingga menyetujuinya memang masuk akal, namun wawancara itu awalnya diusulkan oleh Moe, dan dia tidak pernah memiliki alasan yang cukup kuat untuk tiba-tiba meminta bertemu dengan seorang ilmuwan genius yang dikenal sangat tertutup. Hal ini terasa seperti sebuah upaya darurat untuk menutup cerita yang tidak direncanakan dengan baik, laksana suatu bukti kunci yang muncul begitu saja tepat pada saat yang paling menentukan. Ketiga, sebagai lanjutan yang kedua, dari segi storytelling anime ini terlalu bergantung kepada Moe untuk menjadi pemicu yang mendorong ceritanya bergerak maju. Karena tidak mampu menulis cerita yang mengalir secara alami, dia akhirnya membutuhkan seorang gadis yang entah mengapa mendadak begitu terobsesi ingin mengungkap kebenaran dan mendesak tokoh-tokoh lain agar terus mengumpulkan petunjuk. Dan hal ini selanjutnya menyebabkan terdapat sangat banyak adegan sia-sia tentang Moe yang dimaksudkan hanya sekadar untuk membenarkan obsesinya yang berlebihan tersebut. Jika inti dari suatu misteri adalah proses dalam memecahkan teka-tekinya, rincian-rincian tersebut tentu tidak akan banyak mengganggu. Hanya saja, ketika anime ini kemudian memberikan jawabannya yang telah lama dinanti-nantikan, sebagian penonton mungkin tidak akan merasa puas.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Sinematografi yang secara visual memperlihatkan setiap petunjuk yang ditemukan dan juga penulisan dialog para tokohnya yang cermat sangat membantu menjelaskan misteri di anime ini, terutama karena dia memang menuntut pemahaman yang cukup dalam seputar komputer dan matematika. Namun, pada saat yang sama, anime ini juga penuh dengan dialog membosankan dari tokoh Nishinosono Moe. Ketika dia cuma mengucapkan kembali hal yang sudah begitu jelas atau bahkan mengatakan sesuatu yang tidak berarti sama sekali, adalah bagian yang paling menjengkelkan di anime ini.

- Tokoh/Karakter:
Sebenarnya, ketiga tokoh utama di anime ini telah dipetakan dengan baik sehingga memiliki fungsi yang harmonis dan saling mendukung, baik untuk kisah misteri itu sendiri maupun dalam hubungan di antara mereka. Sudut pandang Magata Shiki yang unik menyebabkan semua keanehan yang ditemukan pada dirinya terasa semakin misterius namun tetap masuk akal, kekaguman Saikawa Souhei pada kepandaian Magata akan secara alami mendorongnya untuk memecahkan teka-teki yang dia tinggalkan, lalu Nishinosono Moe yang hanya merupakan seorang gadis biasa menjadi pembanding bagi Magata dan juga sebagai teman bicara Saikawa untuk menerangkan hasil penyelidikannya. Akan tetapi, barangkali karena hendak memberi lebih banyak peran kepada Moe, anime ini kemudian menambahkan perilaku yang terkesan kontradiktif dengan watak aslinya dan justru merusak keharmonisan tadi. Sebagaimana yang sudah disebutkan, seringkali Moe mendadak begitu terobsesi untuk mencari tahu, sehingga dia akan meminta secara khusus wawancara dengan Magata, atau bersikeras menanyakan hal-hal pribadi kepada istri mendiang pimpinan laboratorium yang baru saja kehilangan suaminya. Dari mana obsesi itu berasal? Apa yang terjadi dengan si gadis yang sebelumnya cuma ingin menarik perhatian Saikawa? Anime ini berusaha menyediakan dalih dengan memberi Moe latar belakang sebagai gadis manja yang terbiasa berbuat seenaknya, tetapi apakah seseorang memang bisa sampai semanja itu? Jika anime ini adalah komedi, mungkin status tersebut masih dapat dimaklumi, tetapi untuk sebuah kisah misteri, bukankah sifat manja Moe terasa terlalu dibuat-buat? Ketika penonton berusaha menanggapi anime ini dengan serius, dia bagaikan lelucon yang justru terus meremehkannya -- mencegahnya mencapai level yang jauh lebih pantas.

- Overall Score:
Apakah seorang tokoh yang keliru bisa merusak keseluruhan cerita? Sayangnya, ya, sangat bisa. Bukan berarti bahwa kehadirannya tidak dibutuhkan, tetapi ketika anime ini berusaha memberi tokoh Nishinosono Moe peran lebih banyak dari yang semestinya, cerita yang sudah tersusun baik akhirnya malah penuh dengan adegan sia-sia dan dialog yang membosankan. Namun, jika anda adalah seorang penggemar misteri, mungkin masih ada baiknya bersabar dengan semua kekurangan tersebut. Sebab, pada intinya, anime ini tetap merupakan sebuah kisah misteri yang bagus dan cukup unik, yang melibatkan teknologi dan bahkan juga filosofi tentang kehidupan yang tidak lazim. Skor 7,5 dari 10 (Mainly a good mystery)


DVD/Blu-ray:
DVD BOX
Blu-ray BOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar