Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 18 Maret 2016

CONCRETE REVOLUTIO ~CHOUJIN GENSOU~ COURS 1

- Judul: コンクリート・レボルティオ~超人幻想~ (Concrete Revolutio ~Choujin Gensou~) Cours 1
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2015)
- Genre: Action; Super Powers; Sci-Fi; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Dunia telah memasuki Era Shinka, yaitu masa ketika Choujin atau orang-orang dengan kekuatan super sudah menjadi hal yang sangat lazim. Meski demikian, pemerintah Jepang belum mengakui keberadaan mereka secara resmi, maka organisasi Choujinka kemudian dibentuk untuk mengawasi dan sekaligus melindungi para Choujin secara rahasia. Sebagai gadis penyihir, Hoshino Kikko termasuk salah satu Choujin, dan karena berjasa membantu seorang anggotanya, Hitoyoshi Jirou untuk menangkap Choujin yang berniat jahat, dia kemudian juga diajak bergabung di Choujinka. Namun, setelah terlibat dalam berbagai kasus pelik dan bertemu dengan banyak Choujin yang lain, Kikko lalu menyadari bahwa, walaupun sebenarnya bermaksud baik, ternyata tidak semua orang menerima kehadiran Choujinka.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apa yang dimaksud dengan "keadilan"? Para superhero selalu dianggap sebagai pejuang "keadilan", tetapi bagaimana sebenarnya "keadilan" yang mereka perjuangkan tersebut, dan bagaimana "keadilan" itu berlaku bagi mereka sendiri? Anime ini berusaha mempertanyakan konsep yang biasanya akan diterima begitu saja oleh semua orang. Di mana seharusnya batas wilayah 'tujuan yang mulia' berakhir dan 'perbuatan yang jahat' dimulai? Sampai seberapa jauh masyarakat sebaiknya percaya dan 'memanfaatkan' orang-orang yang memiliki kekuatan super? Dalam hal bercerita, anime ini masih sangat tidak rapi, dan terkadang bahkan bisa terkesan agak konyol; jalan ceritanya akan berkembang secara mendadak dengan insiden-insiden yang dipaksakan terjadi atau sikap para tokohnya yang berubah tanpa alasan jelas. Namun, satu hal yang berhasil dia lakukan adalah menjaga pertanyaannya tadi senantiasa relevan melalui kasus-kasus yang sederhana dan mudah dipahami, tetapi juga tidak seketika memiliki solusi yang benar. Maka, meski dia mungkin bukan yang paling nyaman untuk ditonton, anime ini tetap cukup menarik untuk direnungkan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski sebagian penonton mungkin akan merasa terganggu dengan paduan warna-warna cerah yang dia gunakan, secara umum visual anime ini sudah bagus, terutama dengan animasi yang bisa terlihat luar biasa. Namun, satu hal yang perlu dikritik adalah bahwa dia tidak banyak membantu memperjelas alur cerita yang sesekali akan tiba-tiba bergerak ke masa depan atau masa lalu. Dengan menunjukkan secara spesifik bulan dan tahun setiap insiden di dalam cerita layaknya suatu event bersejarah, anime ini seolah mengharuskan penonton agar memperhatikan dengan saksama waktu tersebut yang sebenarnya tidak bermakna sama sekali. Padahal dia cuma butuh menyebutkan perbedaan waktu di antara dua insiden, seperti "tujuh belas tahun yang lalu" atau "enam tahun kemudian", tetapi entah mengapa, anime ini justru memilih untuk menjadikan dirinya lebih membingungkan.

- Tokoh/Karakter:
Para tokoh di anime ini didesain cuma untuk menekankan betapa kabur konsep yang disebut keadilan -- bahwa apa yang dikatakan adil oleh sebagian mereka belum tentu juga dianggap demikian oleh sebagian yang lain. Ini adalah hal yang bagus, tetapi sayangnya, anime ini tidak kemudian mengikutkan idealisme mereka dengan suatu kepribadian tertentu. Hitoyoshi Jirou, misalnya, meski semua orang dapat segera mengerti keinginannya untuk melindungi semua Choujin, dia seolah tidak memiliki karakter tetap yang bisa mendefinisikan dirinya; sudut pandangnya jelas, namun sikapnya tampak selalu berubah untuk setiap kasus yang berbeda -- kadang tergesa-gesa dan marah, kadang tenang penuh perhitungan, dan seterusnya. Tokoh-tokoh ini telah melaksanakan dengan sangat baik tugas mereka sebagai pembawa pesan, tetapi tidak ada banyak daya tarik yang bisa ditemukan untuk coba mengenal mereka lebih jauh sebagai seorang individu.

- Overall Score:
Anime ini hendak menyampaikan sebuah pesan, dan berkat pemilihan tema dan tokoh yang tepat, dia berhasil menyampaikannya dengan jelas. Sayangnya, pesan tersebut tidak dibangun melalui penulisan cerita yang baik, maka meski dengan animasi yang cukup indah, dia tetap tidak mampu menjadi tontonan yang memuaskan. Jika anda lebih mengutamakan makna di balik suatu karya daripada karya itu sendiri, anime ini mungkin saja persis apa yang anda harapkan, namun jika anda menginginkan hiburan yang lebih mendasar, dia tidak banyak memilikinya. Skor 7,5 dari 10 (Untidy storytelling)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Goods:
- B2 Polyester Wall Scroll
- T-Shirt: Hitoyoshi Jirou Shinka 46
- Nendoroid Plus Trading Rubber Straps
- Pikuriru! Acrylic Key Chain: Jirou / Kikko / Emi / Fuurouta / Hyouma
- Imaging Rubber Collection
- CD Soundtrack

Tidak ada komentar:

Posting Komentar