Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 29 Oktober 2011

FUYU NO SONATA

- Judul: 冬のソナタ (Fuyu no Sonata)
- Judul Alternatif: Winter Sonata
- Tipe: TV
- Genre: Romance
- Episode: 26
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Jeong Yoo-Jin menemukan cinta pertamanya, Kang Joon-Sang di sekolah, tetapi ketika baru saja akan berkencan pada malam natal, Joon-Sang mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Yoo-Jin yang patah hati kemudian berusaha melanjutkan hidupnya, bahkan bertunangan dengan temannya sejak kecil, Kim Sang-Hyeok, namun 10 tahun berlalu, seorang pria bernama Lee Min-Hyeong yang sangat mirip dengan Joon-Sang mendadak muncul di hadapannya.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ceritanya sangat bertele-tele, mudah ditebak, dan terlalu didramatisir. Hal ini menyebabkan anime ini terasa mengupas satu masalah terlalu lama, dan selanjutnya mengakibatkan banyak episode yang sia-sia tanpa memiliki cukup pengaruh di dalam cerita. Kerap membuat penonton menunggu hal-hal yang sudah jelas, anime ini membosankan.
Terdapat beberapa kejutan yang mengubah sedikit jalan cerita anime ini, tetapi daripada mempertahankan penonton agar tetap penasaran, kejutan-kejutan ini terasa sangat dipaksakan sehingga tidak punya manfaat apa-apa kecuali memperpanjang jumlah episodenya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi anime seimbang, yang berarti pada suatu bagian dapat dikatakan lumayan tetapi pada bagian lain terlihat begitu amatiran. Hal yang sama juga terjadi pada voice-actingnya, yang pada sebagian karakter cukup bagus namun pada karakter-karakter tertentu, terutama Jeong Yuu-Jin terdengar sangat datar, tanpa emosi, dan tidak berpengalaman.
Tujuan penggunaan Bahasa Korea tidak jelas. Paa awalnya tampak sebagai perhatian terhadap detil yang patut dipuji karena berupaya memberikan rasa asli pada latar belakang cerita, setting, dan juga karakter-karakternya yang memang berasal Korea, tetapi menjelang bagian akhir, ternyata tidak demikian halnya ketika orang-orang Amerika dan Eropa pun turut berbahasa Korea.

- Karakter:
Karakter-karakter di anime dipersiapkan dengan baik, setiap karakter memiliki peran masing-masing yang jelas. Pengembangan karakternya tidak istimewa, tetapi tetap dilakukan dengan cukup bagus--reaksi sebagian besar karakternya terhadap suatu kejadian dapat dengan mudah dipahami. Namun, pengecualian diberikan kepada karakter utama Jeong Yoo-Jin, yang sering terasa terlalu dibuat-buat untuk mendramatisir cerita dan mengajak penonton bersedih. Sedangkan pada bagian akhir cerita, meski bisa dimaklumi bahwa dia dimabuk cinta, hal itu tidak cukup kuat sebagai alasan pembatalan keputusannya sebelumnya untuk melupakan cintanya, sehingga perubahan pendirian yang tiba-tiba ini terasa dipaksakan dan terburu-buru hanya demi mencapai ending yang bahagia.

- Overall Score:
Anda harus menjadi penggemar berat dari cerita-cerita ala opera sabun untuk menonton anime ini, sebab jika tidak, apalagi ditambah dengan audio visual yang amat mengecewakan, butuh tekad dan kesabaran yang luar biasa untuk mengikutinya sampai habis. Sedikit nilai positif pada bagian karakterisasi tidak cukup untuk menebus kesalahan-kesalahannya, ataupun menyelamatkan anime ini dari kesan yang terlanjur buruk. Nilai 6 dari 10 (Boring and Disappointing)


DVD@Amazon:
- Box I
- Box II

Tidak ada komentar:

Posting Komentar