Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 07 Desember 2019

COP CRAFT

- Judul: コップクラフト (Cop Craft)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2019)
- Genre: Super Powers; Action;
- Episode: 12
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism
- Sinopsis:
Setelah sebuah gerbang di Samudra Pasifik terbuka dan menghubungkan Bumi dengan dunia lain, Kota San-Teresa segera menjadi tempat unik yang dihuni bersama oleh orang-orang dari kedua dunia. Sayangnya, hal ini juga kemudian memicu berbagai jenis kejahatan antar dunia yang membutuhkan metode penyelidikan baru. Dan ketika seorang peri diculik dan diselundupkan ke San-Terasa, Detektif Kei Matoba pun harus bekerja sama dengan gadis kesatria dari dunia lain, Tilarna Exedilika untuk dapat secepatnya menemukan dan menyelamatkan peri tersebut.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tampaknya anime ini memfokuskan ceritanya hanya pada Kei dan Tilarna, atau yang lebih spesifik lagi, pada dialog mereka tentang berbagai topik. Dia seharusnya juga berisi beberapa hal lain, misalnya konflik antara penduduk Bumi dengan orang-orang dari dunia lain atau kasus-kasus kriminal di San-Teresa, tetapi semua hal tersebut tidak pernah dikembangkan dengan sungguh-sungguh, sehingga mereka pun tidak pernah terasa cukup penting. Meski sesekali masih menampilkan sihir, elemen dunia lain di dalam ceritanya ternyata hampir tidak relevan. Orang-orang dari dunia lain pada dasarnya digambarkan cuma seperti imigran dari negara lain -- permasalahan yang mungkin patut dibahas di lain waktu, namun dalam fungsi menciptakan suatu situasi yang unik dan tidak lazim, fakta bahwa mereka datang dari dunia lain pada akhirnya tidak berarti apa-apa. Dan walaupun Kei dan Tilarna menyelidiki berbagai kasus kriminal, karena selalu memiliki musuh utama, setiap kasus tersebut sebenarnya hanyalah pertarungan Kei dan Tilarna melawan musuh utama itu dengan fase introduksi yang diperpanjang. Penonton akan langsung bisa menduga adegan terakhir di semua kasus, yaitu ketika Kei dan Tilarna berhadapan dengan si musuh utama, maka selain untuk memperkenalkan siapa lawan mereka, proses penyelidikan menuju adegan itu pada akhirnya juga tidak banyak berarti. Perlu diketahui, dialog antara Kei dan Tilarna sendiri punya potensi untuk menjadi hiburan yang memadai. Namun, bagaimana pun juga, sebab dia terkesan lebih sering menghabiskan durasi tayang dengan hanya membuat para tokohnya terus bicara panjang lebar daripada melakukan sesuatu yang berarti, cerita anime ini akan cenderung terasa hampa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Presentasi audio visual anime ini hanya menjadikan ceritanya yang sudah hampa terasa semakin hampa. Sengaja berusaha mengurangi jumlah animasi, dia selalu menampilkan para tokohnya dari jarak yang sangat dekat, memperkuat fokus cuma pada tokoh-tokoh tersebut dan secara tidak langsung meremehkan makna dari orang-orang atau pun benda-benda di sekitar mereka. Dan tidak menyertakan cukup ambient sounds, anime ini akhirnya terkesan luar biasa sunyi, seolah tidak ada suatu hal pun yang terjadi di dunianya selain apa yang sedang para tokohnya lakukan pada layar.

- Tokoh/Karakter:
Dengan kepribadian dan perspektif yang segera jelas saling berlawanan, dinamika hubungan Kei dan Tilarna cukup menarik untuk disaksikan. Kombinasi mereka tidak menawarkan sesuatu yang baru -- mempertemukan gadis naif yang senantiasa bertindak mengikuti peraturan dan pria sinis yang sebaliknya selalu mencari celah di dalam peraturan, Kei dan Tilarna hanya merupakan variasi dari formula pasangan 'good-cop, bad-cop' yang sudah sering dijumpai. Tetapi jika formula tersebut memang sudah berulang kali terbukti mampu menghasilkan percakapan yang energetik dan bahkan terkadang komedi yang efektif, sungguh tidak ada yang salah bila anime ini sekarang menggunakannya sekali lagi.

- Overall Score:
San-Teresa. Sebuah kota yang menggabungkan dua dunia hingga akhirnya memicu berbagai jenis kejahatan baru. Namun anehnya, dengan setting yang seharusnya penuh akan kejadian unik, anime ini malah sebaliknya terasa sangat sepi dan hampa. Ceritanya hambar seperti rutinitas biasa. Suasananya hening tanpa kehidupan. Selain dialog energetik nan jenaka antara Kei dan Tilarna, tidak ada lagi hal menarik yang bisa anda temukan di sini. Skor 7 dari 10 (Strangely uneventful)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar