Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 26 Oktober 2019

KIMETSU NO YAIBA

- Judul: 鬼滅の刃 (Kimetsu no Yaiba)
- Judul Alternatif: Demon Slayer;
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: Action; Super Powers; Supernatural; Comedy;
- Episode: 26
- Rating: Extreme Violence
- Sinopsis:
Pada suatu malam, keluarga Kamado Tanjirou mendadak diserang oleh makhluk Oni. Dan meski tidak langsung tewas seperti yang lain, adik perempuannya, Nezuko justru perlahan ikut berubah menjadi Oni. Ingin menyelamatkan anggota keluarganya yang terakhir, Tanjirou bertekad mencari cara untuk menyembuhkan Nezuko, dan dia lekas menyadari, dia hanya bisa menemukannya di antara para Oni. Maka, Tanjirou pun kemudian bergabung dengan pasukan Kisatsutai, berkeliling dan mengalahkan Oni di setiap penjuru Jepang, agar suatu saat nanti dia dapat mengubah Nezuko kembali menjadi manusia.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ceritanya memulai dengan baik untuk langsung menjelaskan situasi Tanjirou, sehingga penonton dapat segera mengerti tujuan dan alasan mengapa dia mesti terus bertarung. Namun sayangnya, anime ini ternyata benar-benar tidak pernah bercerita lebih jauh daripada batas itu -- serangkaian pertarungan Tanjirou melawan berbagai macam Oni. Pertama, settingnya secara keseluruhan tampaknya tidak memiliki bentuk yang tetap, yang diindikasikan oleh sejumlah detail di dalamnya yang mungkin berganti seiring waktu. Sebagai contoh, semula Tomioka Giyuu mengatakan bahwa manusia akan berubah menjadi Oni bila terkena darahnya, seolah hal tersebut sudah lazim, tetapi kemudian Urokodaki menyebutkan bahwa hanya Oni tertentu yang mampu mengubah manusia menjadi Oni, seolah hal tersebut sama sekali tidak lazim. Maka tidak banyak nilai yang bisa diperoleh meski berusaha mempelajari settingnya lebih jauh, mengenal seluk-beluk dari dunia Oni, atau pun mencari tahu aturan di dalam Kisatsutai. Kedua, ketika anime ini mencoba untuk juga memasukkan drama ke dalam cerita, upayanya tidak pernah berhasil dengan baik. Penyebab utamanya adalah metode anime ini sendiri dalam menyajikan drama tersebut yang terlalu eksplisit dan berlebihan (biasanya melalui monolog panjang dari Tanjirou). Tidak mengajak dengan lembut, dia seperti terang-terangan mendesak penonton agar ikut bersedih, sehingga nuansa sentimental yang hendak dia sampaikan justru hampir selalu terkesan semu dan dibuat-buat.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Visual anime ini sungguh luar biasa. Animasi, visual effects, detail pada gambar latar, sinematografi -- semua bagiannya terlihat spektakuler. To put it simply, it's one of the most beautiful anime ever made!

- Tokoh/Karakter:
Kelihatannya para tokoh di anime ini lebih banyak didesain sebagai sumber komedi daripada untuk tujuan lainnya. Hal ini tampak dari bagaimana mereka sangat efektif setiap kali menyajikan komedi, meski dari segi karakterisasi tokoh-tokoh tersebut sebenarnya masih cenderung dangkal. Karakter Tanjirou, misalnya, digambarkan hanya memiliki satu sisi, yaitu sebagai seorang pemuda yang amat baik hati. Anime ini bahkan tidak pernah menjelaskan dengan gamblang bagaimana pendapat Tanjirou secara pribadi, sebagai anak dari keluarga korban pembantaian, terhadap sang Oni yang telah membantai keluarganya tersebut. And yet, ketika bergabung dengan Zen-itsu dan Inosuke, karakter Tanjirou yang seharusnya membosankan karena tidak berisi apa-apa selain kebaikan hatinya itu pun mendadak berubah menjadi begitu jenaka dan menyenangkan untuk dilihat.

- Overall Score:
Dengan drama yang terkesan dibuat-buat dan karakterisasi yang masih cenderung dangkal, anime ini sebenarnya hanya ingin memperlihatkan aksi-aksi dari para tokohnya. Namun, berkat kualitas visual yang luar biasa, pada akhirnya aksi-aksi itu pun sudah lebih dari cukup untuk meniadakan semua kekurangannya tadi. Meski sekadar untuk menghibur mata anda, anime ini merupakan tontonan yang tidak sepatutnya anda lewatkan. Skor 8 dari 10 (Outstanding visuals)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8
Volume 9
Volume 10
Volume 11

Goods:
- Figure: Tanjirou (Standard) / Tanjirou (Flux) / Tanjirou (Kotobukiya)
- Figure: Nezuko (Kotobukiya) / Nezuko (Palm Size) / Zen-itsu
- Nendoroid: Tanjirou / Nezuko
- Chimi Mega Buddy: Tanjirou & Nezuko
- T-Shirt: Nezuko Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Zen-itsu Black (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Inosuke Sumi (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Characters Khaki (S/M/L/XL)
- T-Shirt: Akki Messatsu White (S/M/L/XL)
- Jersey: Kisatsutai Black (S/M/L/XL)
- Hoodie: Nezuko Black (S/M/L/XL)
- Plush: Tanjirou / Nezuko / Zen-itsu / Inosuke
- Squeeze Bread Set
- Tea Cup
- Pen Case
- 2Way Backpack: Nezuko / Kisatsutai
- Shoulder Bag: Akki Messatsu / Tanjirou / Giyuu
- Tote Bag: Nezuko / Kisatsutai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar