Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 19 Oktober 2019

GIRLY AIR FORCE

- Judul: ガーリー・エアフォース (Girly Air Force)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2019)
- Genre: SciFi; Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Suatu pasukan misterius yang disebut Zai mendadak menyerang umat manusia, dan satu-satunya senjata yang mampu melawan mereka adalah Daughter, yaitu pesawat jet tempur yang telah dimodifikasi, beserta para Anima atau gadis-gadis yang direkayasa secara khusus untuk menjadi pilotnya. Setelah ibunya tewas akibat serangan Zai, Narutani Kei selalu mencari cara untuk bisa membalas dendam. Di luar dugaan, dia akhirnya mendapatkan kesempatan tersebut ketika salah satu Anima, Gripen ternyata membutuhkan kehadiran Kei sebagai rekannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Cerita anime ini tampaknya lebih cenderung untuk fokus pada hubungan antara Kei dengan Gripen dan para Anima lainnya. Meski dibalut dalam kisah tentang pertempuran global melawan Zai, dia justru lebih banyak menampilkan adegan di mana para tokohnya hanya menghabiskan waktu bersama dengan berbagai kegiatan sederhana selama jeda dari pertempuran tersebut. Hal ini sendiri tentu sama sekali tidak keliru, tetapi yang menjadi masalah ialah bahwa anime ini ternyata tidak pernah mampu menjustifikasi pilihannya untuk mengangkat sisi damai dari settingnya dibandingkan dengan sisi pertempuran yang setidaknya menjanjikan banyak aksi secara visual. Barangkali disebabkan oleh karakterisasi para tokohnya yang tidak terencana dengan baik, cerita anime ini pada akhirnya tidak berisi cukup kejadian menarik, dari segi drama, komedi, atau bentuk cerita apapun yang bisa diharapkan dari hubungan mereka. Tokoh-tokoh di anime ini benar-benar tampak hanya selalu berbincang atau makan bersama, yang sesekali diselingi dengan pertempuran udara, sebelum mereka kembali hanya berbincang dan makan bersama lagi.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski dengan kualitas yang rata-rata, karena anime ini lebih banyak memperlihatkan kegiatan sederhana dari para tokohnya, secara keseluruhan visualnya dapat dikatakan cukup bagus. Dia seharusnya bisa naik ke level istimewa melalui adegan-adegan pertempuran udara antar pesawat jet tempur, tetapi ironisnya, cara anime ini menampilkan pertempuran tersebut malah menjadikannya terasa kurang seru. Walaupun di satu sisi manuver-manuver pesawat yang berbelok dengan cepat dan dengan sudut yang sangat tajam memang menakjubkan untuk dilihat, di sisi lain hal ini hampir sepenuhnya mengabaikan hukum aerodinamika dan keahlian seorang pilot sehingga setiap adegan yang tampak bukan lagi terasa sebagai pertempuran sungguhan antar pesawat sungguhan, melainkan hanya hasil imajinasi anak kecil yang bermain dengan pesawat mainan.

- Tokoh/Karakter:
Anime ini telah memetakan peran para tokohnya dengan baik. Setiap tokoh memiliki fungsi dan kontribusi penting di dalam cerita, sehingga tidak ada seorang pun yang terkesan sia-sia. Namun, sayangnya anime ini tidak mampu menunjukkan kejelasan dan kepastian yang serupa ketika juga mendefinisikan karakter mereka. Mulai dari heroisme Kei hingga kecerobohan Gripen, bahkan sedikit perilaku yang menggambarkan kepribadian mereka terasa diberikan cuma secara asal-asalan, muncul hanya pada bagian cerita tertentu tetapi segera menghilang lagi setelah bagian tersebut berlalu. Karakter para tokoh di anime ini pun tidak pernah terlihat nyata, dan hal ini kemudian menjadi penyebab utama mengapa drama atau komedi yang seharusnya datang dari karakterisasi mereka lebih sering tidak efektif.

- Overall Score:
Karena karakterisasi para tokohnya yang terkesan asal-asalan, anime ini akhirnya tidak pernah mampu menyajikan drama atau komedinya dengan baik. Dan tanpa drama atau komedi tersebut, cerita anime ini pada dasarnya tidak berisi suatu kejadian apapun yang cukup menarik untuk disaksikan. Visualnya secara keseluruhan masih cukup bagus, maka dia tetap layak mendapatkan skor 7,5 dari 10, tetapi sangat diragukan bahwa anda akan merasa terhibur oleh anime ini. (Largely empty)


DVD/Blu-ray:

Goods:
- Model Kit: Gripen / Eagle / Phantom / Viper Zero
- T-Shirt: Gripen (M/L/XL)
- Mug Cup

2 komentar:

  1. Min, apa tidak ada anime akhir-akhir ini yang bisa dapat rating bagus dari admin? T.T
    Saya selalu sependapat sama admin; dalam artian ketika admin bilang bagus, pasti memang bagus. Jika admin bilang tidak bagus, pasti memang benar tidak bagus. Saya mencari tontonan akhir2 ini untuk mengisi waktu luang. Dan biasanya saya mencari anime dari sini. Tapi karena akhir2 anime yang admin review punya penilaian yang kurang bagus, apa dari admin sendiri tidak ada rekomendasi? Bicara secara subjektif saja, saya minta rekomendasi dari admin secara pribadi:>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari genre seperti apa?
      Kalau yang terkini (Summer 2019) sejauh ini saya paling suka komedi "Joshikousei no Mudazukai". Skor 8,5 dari 10

      Hapus