Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 12 Oktober 2019

ROBIHACHI

- Judul: RobiHachi
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: SciFi; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Robby Yarge tidak pernah beruntung dalam bisnis. Bahkan setelah mempertaruhkan segalanya dengan meminjam uang dari Yang, dia segera menjadi korban penipuan dan kehilangan semua uang tersebut. Sementara itu, Hatchi Kita sudah lama mendambakan perjalanan yang mendebarkan dan penuh kejutan, maka meski dia sebenarnya diutus oleh Yang untuk menagih utang Robby, Hatchi justru kemudian bergabung dengannya kabur ke Isekandar, sebuah planet di Galaksi Andromeda yang disebut-sebut dapat mengubah peruntungan seseorang.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apakah itu tema dari setiap planet yang memarodikan berbagai ciri khas Jepang ataukah percakapan Robby dan Hatchi yang kemudian membuat lelucon berdasarkan tema-tema tersebut, anime ini menyajikan dua jenis komedi di setiap episode. Namun sayangnya, meski mereka sesekali tetap mampu mengundang tawa, secara keseluruhan tidak satu pun dari keduanya yang cukup menghibur. Hampir setiap episode hanya menampilkan parodi dari satu hal tertentu, dan sebagaimana parodi pada umumnya, efek dari kekonyolannya tampak paling jelas cuma di permulaan ketika dia muncul pertama kali, sebelum parodi itu segera berubah menjadi sesuatu yang biasa-biasa saja di sepanjang durasi yang tersisa. Sementara itu, tampaknya tidak ada perencanaan matang di balik semua lelucon yang Robby dan Hatchi sampaikan. Anime ini seolah hanya asal menumpahkan sebanyak mungkin lelucon yang dia bisa, sehingga sebagian besar dari lelucon tersebut pada akhirnya justru terasa terlalu acak dan terlalu sederhana untuk dapat menjadi tontonan komedi yang efektif.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Berisi terlalu banyak dialog, mendengarkan anime ini mungkin akan terasa cukup melelahkan. Menyampaikan komedi melalui percakapan memang sama sekali tidak keliru, tetapi dia juga kemudian mengharuskan para tokohnya untuk selalu mengomentari dan menggambarkan secara lisan segala hal yang mereka lakukan atau temukan, sehingga nyaris tidak pernah ada satu detik yang berlalu di anime ini tanpa ada seseorang yang mengatakan sesuatu.

- Tokoh/Karakter:
Tidak ada tokoh di anime ini yang punya fungsi penting. Bahkan Robby dan Hatchi pun hanyalah wajah-wajah yang secara kebetulan anime ini gunakan sebagai sampul depannya. Sikap liar Robby untuk mencoba segala macam hal dan rasa haus Hatchi akan petualangan mungkin awalnya dimaksudkan sebagai dalih untuk memperlihatkan berbagai objek wisata di sejumlah planet, tetapi karena mereka kemudian tidak melakukan apapun selain bereaksi terhadap objek-objek wisata tersebut, anime ini bisa menggantikan mereka dengan suara komentator dari balik layar dan hasilnya tidak akan terasa banyak berbeda. Jika masih ada tokoh yang masih memiliki suatu fungsi, dia adalah Yang, yang berkat kegigihannya dalam mengejar Robby ke segala penjuru angkasa selalu mampu memicu kejadian lucu. Meski frekuensi kemunculannya terlalu rendah untuk dapat dianggap bagian dari komedinya, Yang merupakan salah satu dari sedikit hal yang bisa menjadi ciri khas anime ini.

- Overall Score:
Anime ini bermaksud menyajikan kisah perjalanan yang jenaka, tetapi kejenakaan yang dia maksud ternyata tidak pernah bertahan lama. Kejutan dari parodinya hanya terasa di awal episode, dan efektivitas lelucon-lelucon lain yang mengikuti kemudian juga tidak menentu. Maka, meski secara teknis anime ini memang tetap bisa membuat anda tertawa, anda mungkin tidak akan bisa tertawa sesering yang anda harapkan. Skor 7 dari 10 (Inconsistent comedy)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar