Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Minggu, 06 Oktober 2019

TSUKUMOGAMI KASHIMASU

- Judul: つくもがみ貸します (Tsukumogami Kashimasu)
- Judul Alternatif: We Rent Tsukumogami;
- Tipe: TV (Juli 2018)
- Genre: Supernatural; Mystery; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Seiji dan Okou membuka usaha penyewaan barang yang bernama Izumoya di Kota Edo. Namun, berbeda dari tempat penyewaan lainnya, sebagian barang yang mereka tawarkan memiliki fungsi tambahan, dan sesekali mereka juga memberi pelayanan ekstra kepada para pelanggan. Jika seseorang menghadapi suatu masalah yang harus segera diselesaikan, Izumoya akan menyewakan Tsukumogami untuk mencuri dengar percakapan rahasia, mengumpulkan informasi tersembunyi dari seluruh penjuru kota guna membantu menyelesaikan masalah tersebut.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Pertama, pembuka cerita di setiap episode terasa dipaksakan. Alasan yang memicu keterlibatan Seiji dan Okou di dalam cerita terlalu lemah, dengan para tokoh yang lain entah mengapa akan selalu datang kepada Seiji dan Okou, dua kakak-beradik yang membuka usaha penyewaan barang, untuk menyelesaikan masalah pribadi mereka. Kedua, penutup cerita di setiap episode juga terasa dipaksakan. Seiji akan selalu tiba-tiba saja mulai berceramah dengan pesan-pesan bijak, lalu para tokoh yang lain akan begitu saja menerima pesan-pesan itu untuk menyatakan bahwa masalah mereka sudah selesai. Dan ketiga, kecuali beberapa yang masih mengandung warna romance atau misteri, kasus-kasus yang mesti Seiji dan Okou pecahkan di sebagian besar episode tidak seketika terasa menarik. Lebih sering mereka menangani masalah yang terkesan sangat sepele, seperti pertengkaran antara seorang gadis dengan ibunya, sehingga tidak ada daya tarik khusus dari cerita di setiap episode itu sendiri yang mampu mengundang penonton agar menyaksikannya secara lengkap. .... Tiga hal yang disebutkan di atas mengindikasikan bahwa fokus anime ini bukan terletak pada ceritanya. Mungkin tujuannya yang sejati adalah sekadar untuk memperkenalkan berbagai barang antik dari Zaman Edo, sedangkan cerita yang membungkusnya, termasuk elemen Tsukumogami di dalamnya, hanyalah hiasan guna memperindah dan mempermulus perkenalan itu. Maka, nilai anime ini tentu akan sangat bergantung kepada pendapat masing-masing penonton terhadap barang-barang antik tersebut. Bagi mereka yang tidak punya minat khusus, anime ini pun tidak akan bernilai apa-apa.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski animasinya juga sangat bagus, bagian terbaik dari audio visual di anime ini adalah penulisan dialognya. Percakapan di antara para Tsukumogami, secara khusus, ditulis dengan begitu jenaka hingga bahkan sekadar mendengarkan mereka bertengkar dan bergosip pun sudah mampu menjadikan suatu episode mendadak terasa menyenangkan.

- Tokoh/Karakter:
Karena mereka selalu menyelesaikan masalah dengan cara mendengarkan pembicaraan orang, atau dengan kata lain, tanpa melalui upaya dari mereka sendiri, Seiji dan Okou tidak pernah mampu menjadi tokoh-tokoh yang utuh. Mereka akhirnya lebih sering tampak cuma seperti pembawa acara yang menyampaikan sekumpulan cerita, bukan ikut serta menjadi bagian dari cerita-cerita tersebut. Bahkan untuk satu cerita yang secara langsung melibatkan Seiji dan Okou, hanya pada episode terakhir mereka baru benar-benar menunjukkan suatu emosi sebagai tanda bahwa mereka memang terlibat di dalamnya. .... Namun beruntung, para Tsukumogami masih berhasil mencegah anime ini dari kehampaan. Barangkali karena mereka memang tidak pernah dimaksudkan menjadi bagian dari cerita -- hanya semacam alat yang digunakan Seiji dan Okou untuk mengumpulkan informasi, mereka pun kemudian seolah memiliki segmen atau pojok komedi tersendiri. Dan berkat sifat dan perilaku mereka yang jelas digambarkan beraneka ragam, para Tsukumogami merupakan tokoh-tokoh sit-com yang tampak jauh lebih komplet daripada Seiji dan Okou.

- Overall Score:
Kecuali anda punya minat untuk mengenal berbagai barang antik, anime ini mungkin tidak akan terasa cukup menarik. Sebagian besar permasalahan yang menjadi inti dari kumpulan ceritanya terkesan terlalu sepele, dan dia juga tidak memiliki tokoh-tokoh dengan karakterisasi utuh yang layak untuk anda perhatikan. Para Tsukumogami memang masih mampu menyajikan selingan komedi yang menghibur, tetapi sebagai selingan, mereka akan muncul hanya sesekali dan pada saat-saat tertentu saja. Skor 7,5 dari 10 (Uninteresting topics)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar