Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 28 September 2019

GUNJOU NO MAGMELL

- Judul: 群青のマグメル (Gunjou no Magmell)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2019)
- Genre: Action; Super Powers;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence
- Sinopsis:
Setelah Benua Magmell tiba-tiba muncul 35 tahun silam, banyak petualang dengan beraneka ragam alasan telah datang dan coba menaklukkannya. Namun, Magmell ternyata lebih menantang dan berbahaya daripada yang disangka, sehingga sebagian besar petualang tersebut tidak pernah kembali lagi. Bagi mereka yang membutuhkan bantuannya, Inyou menawarkan jasa sebagai Angler untuk menyelamatkan para petualang yang hilang di Magmell, dan berkat kekuatan Ractor miliknya yang akan mewujudkan benda apapun yang dia bayangkan, Inyou selalu mampu menyelesaikan tugasnya sampai tuntas.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tampaknya tidak ada struktur yang terencana pada peta dan ekosistem di Magmell. Anime ini hanya akan seenaknya menciptakan area atau makhluk-makhluk baru berdasarkan cerita pada masing-masing episode. Maka, berapa kali pun dia berusaha membuatnya terlihat aneh dan unik, Magmell tidak pernah sampai terasa sebagai sebuah tempat yang layak untuk dijelajahi, atau bahwa ada suatu rahasia yang perlu ditemukan di sana. Dengan kata lain, wujud anime ini sebenarnya bukanlah misteri tentang Magmell itu sendiri, melainkan cuma kumpulan cerita pendek ketika Inyou melakukan sesuatu di Magmell. Apakah setidaknya cerita-cerita pendek tersebut masih memiliki suatu nilai yang akan menjadikan anime ini tetap menarik? Tidak, kemungkinan besar tidak. Karena Inyou selalu menyelesaikan masalahnya dengan menggunakan kekuatan Ractor, jalan cerita di setiap episode pada dasarnya mengikuti pola yang kurang lebih sama. Dan sebab berkat kekuatan itu Inyou pada intinya bisa melakukan apa saja, juga tidak ada strategi kreatif yang akan membuat setiap episode tampak berbeda, sehingga tidak butuh waktu lama sebelum anime ini mulai terasa membosankan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Kualitas visualnya cukup bagus. Meski tidak sampai berhiaskan aksi-aksi yang luar biasa, dia juga tidak pernah memperlihatkan satu pun kesalahan yang berarti. Namun, dialog di anime ini, terutama yang melibatkan Inyou, sebaliknya bisa terasa cukup menjengkelkan. Ketika dia bermaksud membuat Inyou terkesan keren dengan kalimat-kalimat bijak dan lelucon-lelucon cerdik, anime ini ternyata melakukannya hanya secara asal-asalan, dan pada akhirnya Inyou pun justru lebih sering terdengar konyol.

- Tokoh/Karakter:
Karakterisasi tokoh utama Inyou tidak digambarkan dengan jelas. Serupa dengan dialognya, anime ini sepertinya hanya ingin membuatnya terlihat sekeren mungkin tanpa pernah benar-benar memikirkan bagaimana sifat dan kepribadian Inyou di balik sikap keren tersebut. Alhasil, karakter Inyou tampak selalu berubah-ubah -- awalnya dia akan tampil sebagai seorang kesatria penyendiri (keren) yang tidak peduli pada apapun atau siapapun, tetapi belakangan dia mendadak akan menjadi seorang pahlawan baik hati (keren) yang ternyata peduli pada apa saja dan siapa saja. Setelah jalan cerita yang membosankan, mengisinya juga dengan tokoh utama yang seolah tidak tahu bahkan apa yang dia sendiri inginkan cuma menyebabkan anime ini semakin sulit ditonton.

- Overall Score:
Ceritanya membosankan, dan dialognya menjengkelkan. Settingnya tidak memiliki struktur, dan tokoh utamanya tidak punya karakter yang jelas. Kualitas visual yang lumayan adalah satu-satunya fitur positif yang bisa ditemukan pada anime ini, namun hal itu pun masih jauh dari cukup untuk menjadikan anime ini layak menyita bahkan secuil perhatian anda. Skor 5,5 dari 10 (Boring and annoying)


DVD/Blu-ray:
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar