Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Minggu, 22 September 2019

7SEEDS

- Judul: 7SEEDS
- Judul Alternatif: -
- Tipe: Web (Juni 2019)
- Genre: SciFi; Drama; Action;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Iwashimizu Natsu terbangun dan mendadak mendapati dirinya berada di suatu dunia aneh yang tidak dia kenali. Ternyata, Natsu dan sejumlah orang lainnya telah sengaja ditidurkan karena terpilih menjadi bagian dari proyek 7SEEDS, yaitu upaya darurat yang dijalankan untuk menyelamatkan umat manusia dari kepunahan ketika sebuah meteorit jatuh dan membunuh semua orang di bumi. Mereka diseleksi berdasarkan kriteria tertentu, dan kini diharapkan agar bertahan hidup di Jepang ratusan tahun kemudian.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski dimulai layaknya sebuah misteri, semua pertanyaan penting sudah langsung terjawab secara tuntas di episode 2. Maka fokus anime ini yang sebenarnya bukan terletak pada bagian "mengapa" para tokohnya terpilih dalam Proyek 7SEEDS, melainkan hanya khusus pada bagian "bagaimana" mereka bertahan hidup di masa depan. Dan sayangnya, karena anime ini berupaya menampilkan semua tokoh dari kelima tim Proyek 7SEEDS sekaligus di dalam selang waktu 12 episode yang terbatas, dia kemudian mempercepat dan mempersingkat jalan cerita pada bagian ini secara berlebihan. Insiden-insiden yang para tokohnya alami, misalnya perjumpaan dengan makhluk berbahaya atau konflik di antara mereka sendiri, terjadi dengan sangat cepat dan sambung-menyambung tanpa jeda hingga anime ini terasa lebih seperti suatu rangkuman atau kesimpulan daripada sebuah cerita yang lengkap. Masih terdapat cukup perencanaan di baliknya, sehingga penonton akan selalu mampu memahami dengan baik bentuk keseluruhan dari cerita anime ini, tetapi dampak emosional yang seharusnya muncul dari masing-masing insiden tersebut lebih sering tidak efektif.
.... Namun, terlepas dari ceritanya, sesekali anime ini tetap bisa memicu suatu emosi ketika dia memperlihatkan jejak dari masa lalu. Meski sudah tidak ada makna mendalam yang dapat ditemukan padanya, sebab semua misteri tentang masa lalu tersebut telah selesai diungkap, menyaksikan sesuatu yang pernah mewakili kehidupan sosial yang ramai kini berubah menjadi puing-puing yang hampa bagaimana pun juga akan selalu berpotensi menimbulkan perasaan ngeri dan resah.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Gambar para tokohnya seringkali terlihat aneh dan bahkan tidak proporsional, dan animasi gerakan mereka juga masih tampak agak kasar. Namun, meski dengan semua kekurangan tersebut, pada akhirnya dia tetap mampu menampilkan secara jelas apa yang sedang terjadi di setiap adegan, maka jika dinilai berdasarkan fungsi utamanya, visual anime ini dapat dianggap sudah cukup memadai.

- Tokoh/Karakter:
Mungkin sebagai akibat dari cara bercerita yang terburu-buru, kisah latar yang semestinya memberi para tokoh di anime ini dimensi yang lebih dalam pada akhirnya terkesan superfisial. Dengan kata lain, satu-satunya hal yang penting dari karakterisasi mereka adalah jenis kepribadian dasar mereka masing-masing -- apakah mereka baik hati, penakut, suka marah, dan seterusnya. Namun, anime ini ternyata kemudian mampu mengimbangi kedangkalan ini melalui variasi yang sangat luas dari jenis kepribadian dasar tersebut. Dan ditambah pula dengan jumlah tokohnya yang luar biasa banyak (lebih dari 30 orang!) anime ini pun berhasil membuat peta hubungan di antara mereka tetap terlihat kompleks dan penuh warna.

- Overall Score:
Karena memaksa memasukkan terlalu banyak tokoh ke dalam selang waktu yang terbatas, cerita anime ini nyaris tidak memiliki kandungan emosional sama sekali. Tetapi, justru karena dia bersikeras memasukkan banyak tokoh, anime ini ternyata kemudian mampu menyajikan kompleksitas hubungan di antara sekelompok penyintas yang cukup menarik untuk disaksikan. Jika anda punya minat untuk sekadar melihat apa yang akan terjadi ketika sejumlah orang terkurung bersama di satu tempat, anime ini mungkin masih bisa menghibur keingintahuan anda. Skor 7,5 dari 10 (Emotionally shallow, but intriguingly complex)


DVD/Blu-ray:
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar