Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Sabtu, 18 Januari 2020

SOUNAN DESU KA?

- Judul: ソウナンですか? (Sounan Desu ka?)
- Judul Alternatif: Are You Lost?
- Tipe: TV (Juli 2019)
- Genre: Comedy;
- Episode: 12 (@ 13 minutes)
- Rating: Strong Eroticism
- Sinopsis:
Onishima Homare, Suzumori Asuka, Amatani Mutsu, dan Kujou Shion berhasil selamat dari suatu kecelakaan, tetapi kini mereka berempat terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Beruntung, sejak kecil Homare ternyata telah berulang kali terdampar dan sudah sering diajarkan oleh ayahnya ilmu bagaimana cara bertahan hidup di alam liar dengan menggunakan sumber daya yang terbatas, maka meski tidak ada yang tahu kapan seseorang akan datang menyelamatkan mereka, Homare dan lainnya bisa terus menunggu dengan tenang dan sambil tetap bersenda gurau.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tujuan utama anime ini tampaknya adalah untuk mengajarkan kepada penonton berbagai teknik bertahan hidup di alam liar. Biasanya hal semacam ini akan menjadikan suatu anime terasa terlalu eksklusif, seolah dimaksudkan hanya bagi orang-orang tertentu yang khusus berminat pada cabang ilmu yang dia tawarkan, tetapi karena teknik bertahan hidup di alam liar merupakan jenis pengetahuan yang kemungkinan besar diperlukan oleh siapa saja, anime ini pun seharusnya bisa dianggap sangat berguna dan bernilai bagi semua orang. Dan jika sifatnya yang edukatif masih menyebabkan anime ini terkesan seperti sebuah pelajaran sekolah yang membosankan, bentuknya sebagai komedi memastikan agar dia tidak akan pernah menjadi demikian. Dengan mengangkat keekstreman dari setiap teknik yang dia ajarkan bila dibandingkan dengan kebiasaan umum, anime ini mampu seketika membuat teknik-teknik tersebut terlihat jenaka, maka mempelajari lebih banyak tentang mereka akan selalu berarti menemukan lebih banyak lelucon yang menyenangkan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Meski tidak terasa istimewa, audio dan visualnya berfungsi sempurna hingga memungkinkan anime ini mencapai semua yang ingin dia capai. Ketika bermaksud mengajarkan teknik-teknik bertahan hidup, visualnya sangat mendukung untuk membuatnya lebih mudah dipahami. Dan saat anime ini hendak menyajikannya dalam bentuk komedi, reaksi kaget dan terkejut dari voice-acting para tokohnya mampu segera melukiskan teknik-teknik tersebut sebagai sesuatu yang aneh dan tidak lazim.

- Tokoh/Karakter:
Mungkin tidak secara perorangan, tetapi sebagai satu kelompok, para tokoh di anime ini telah direncanakan dengan matang untuk membantunya mengajarkan berbagai teknik bertahan hidup dalam bentuk komedi. Menggabungkan seseorang yang tahu segalanya dan beberapa orang yang tidak tahu apa-apa di dalam situasi sulit yang sama, anime ini mampu menciptakan lingkungan pengajaran yang alami. Proses transfer informasi di antara mereka terjadi secara instingtif, yang kemudian mempermudah penonton untuk ikut menyerap informasi tersebut tanpa perlu merasa harus bersusah payah mempelajari sesuatu. Dan dengan menjadikan mereka gadis-gadis biasa, anime ini juga dapat segera menunjukkan betapa ekstrem setiap teknik yang dia ajarkan dari sudut pandang normal yang mereka ketahui -- keekstreman yang merupakan sumber dari mana seluruh komedinya berasal.

- Overall Score:
Bermanfaat dan sekaligus menghibur. Memiliki salah satunya saja sudah bagus. Memiliki keduanya, anime ini benar-benar patut anda tonton. Satu-satunya hal yang mungkin akan terasa agak mengecewakan adalah durasi episodenya yang cenderung pendek, tetapi jika dia berhasil membuat anda berharap lebih banyak, bukankah itu justru berarti bahwa anime ini sesungguhnya sangat memuaskan? Skor 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:
Blu-ray BOX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar