Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 05 Mei 2017

ACCA JUUSAN-KU KANSATSU-KA

- Judul: ACCA13区監察課 (ACCA Juusan-ku Kansatsu-ka)
- Judul Alternatif: ACCA 13-Territory Inspection Department;
- Tipe: TV (Januari 2017)
- Genre: Drama;
- Episode: 12
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
ACCA merupakan organisasi sipil yang dibentuk bersama oleh ketiga belas distrik di Kerajaan Dowa untuk menangani berbagai jasa pelayanan publik. Sebagai Wakil Kepala Bagian Pengawasan ACCA, salah satu tugas Jean Otus adalah berkeliling memeriksa hasil kerja para anggota Bagian Pengawasan yang ditempatkan tersebar di setiap distrik. Namun, karena posisinya juga sangat sesuai untuk sekaligus menjadi penghubung di antara semua distrik tersebut, Jean pun akhirnya dicurigai terlibat dalam suatu desas-desus tentang rencana kudeta terhadap keluarga kerajaan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Tema cerita yang berupa konspirasi politik terasa masih terlalu eksklusif, diperuntukkan hanya bagi sebagian kecil orang, apalagi dengan anime ini menggunakan setting sebuah kerajaan fiktif. Sebab butuh seseorang yang memahami politik, atau setidaknya terbiasa dengan intrik-intrik seputar perebutan kekuasaan, untuk mampu melihat gambaran situasi ACCA dan Kerajaan Dowa secara menyeluruh, dan hanya dalam wujud keseluruhan anime ini baru benar-benar dapat menunjukkan daya tarik yang sesungguhnya. Jika berusaha mengikutinya dari episode ke episode, anime ini lebih sering membiarkan ceritanya bergerak perlahan dan samar di latar belakang tanpa ada banyak perkembangan berarti, sehingga bagi penonton yang lebih awam, anime ini kemudian tampak seolah mulai berjalan cuma pada beberapa episode akhir, yaitu ketika konspirasi tersebut akhirnya memiliki bentuk yang jelas dan akan segera terjadi. Episode-episode sebelumnya seperti berfungsi sekadar untuk memperlihatkan kesibukan Jean yang berkeliling ke semua distrik, dan meski kebudayaan yang bervariasi dari masing-masing distrik memang punya jenis pesonanya sendiri, hal ini belum terasa cukup berharga sebagai konten yang akan menjadikan setiap episode tersebut patut disaksikan.

- Audio Visual (Animasi, Dialog, Voice-Acting, dll):
Baik audio maupun visualnya terbilang cukup bagus, tetapi barangkali bagian yang secara khusus paling memuaskan dari anime ini adalah pada sinematografi yang mampu dengan sempurna menciptakan suasana penuh keraguan dan rasa curiga. Tindakan kecil namun di luar kebiasaan, percakapan rahasia di tempat terbuka, tatapan hening melalui sudut mata yang waspada -- untuk sebuah cerita yang bertemakan konspirasi dan rencana tersembunyi, anime ini berhasil mengajak penonton untuk secara alami mempertanyakan maksud dari setiap tokohnya.

- Tokoh/Karakter:
Para tokoh di anime ini tidak memiliki karakter yang jelas -- atau untuk lebih tepatnya, mereka tidak memiliki keunikan yang akan menjadikan karakter seorang tokoh jelas berbeda dari tokoh yang lain. Perilaku yang mereka tunjukkan secara visual belum cukup sebagai pembeda, sebab ketika Jean Otus hendak digambarkan selalu bersikap tenang dan bertindak penuh perhitungan, ternyata persis demikian pula halnya dengan perilaku para tokoh lain -- tenang dan penuh perhitungan. Tampaknya, alasannya adalah karena sejak awal fokus anime ini memang hanya untuk bercerita tentang ACCA sebagai sebuah organisasi, maka fungsi para tokohnya pun sebatas cuma sebagai anggotanya. Satu-satunya keterangan yang perlu diketahui dari mereka adalah posisi setiap tokoh di dalam ACCA dan tugas serta wewenang yang kemudian datang bersamanya. Di satu sisi, tokoh-tokoh yang tidak menunjukkan jati diri mereka secara lengkap semacam ini sebenarnya ikut memperkuat nuansa misterius dari ceritanya, tetapi karena anime ini memilih untuk meniadakannya sama sekali dan bukan sekadar menyembunyikan jati diri tersebut, dia juga akhirnya kehilangan nilai emosional yang tentu akan membuat jawaban di balik misteri tadi lebih bermakna.

- Overall Score:
Mengangkat sebuah kisah tentang konspirasi yang didukung dengan audio visual yang atmospheric, anime ini selalu punya potensi untuk menjadi tontonan memuaskan. Namun, satu hal yang gagal dia lakukan adalah membuat ceritanya tetap menarik juga pada tingkat episode. Dia tidak mampu mengatur agar setiap episode menjadi tahapan perkembangan cerita yang berarti, atau pun mengisinya dengan cukup hiburan alternatif seperti komedi atau drama. Maka, sungguh, apakah anda menyaksikan anime ini dengan rutin dari episode awal ataukah hanya pada beberapa episode akhir saja, rasanya dia tidak akan meninggalkan kesan yang jauh berbeda. Skor 7,5 dari 10 (Unimpressive episodes)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
- Volume 4
- Volume 5
- Volume 6

Goods:
- CD Soundtrack
- CD OP Theme
- CD ED Theme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar