Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 29 April 2016

HAI TO GENSOU NO GRIMGAR

- Judul: 灰と幻想のグリムガル (Hai to Gensou no Grimgar)
- Judul Alternatif: Grimgar, Ashes and Illusions; Grimgar of Fantasy and Ash;
- Tipe: TV (Januari 2016)
- Genre: Fantasy; Drama; Super Powers;
- Episode: 12
- Rating: Strong Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Haruhiro tiba-tiba mendapati dirinya terbangun bersama beberapa pemuda dan gadis lain di sebuah dunia asing yang disebut Grimgar. Selain nama mereka, tidak seorang pun yang mampu mengingat masa lalu mereka atau mengapa mereka sampai bisa berada di tempat itu. Satu-satunya hal yang jelas adalah bahwa mereka harus segera mulai menjalani kehidupan mereka, dan pekerjaan paling sederhana yang bisa mereka lakukan untuk mendapatkan uang ialah dengan menjadi prajurit sukarela yang bertugas membasmi monster-monster di sekeliling kota. Setelah yang terkuat di antara mereka selesai mengumpulkan anggota yang diinginkan, orang-orang lemah yang tidak terpilih seperti Haruhiro, Manato, Ranta, Moguzou, Yume, dan Shihoru akhirnya tidak punya pilihan lain kecuali membentuk kelompok sendiri, tetapi meski pada awalnya menghadapi begitu banyak kesulitan hingga seolah nyaris tanpa harapan, mereka tidak pernah menyerah dan terus berjuang untuk bertahan hidup di Grimgar.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Datang ke suatu dunia, belajar menggunakan pedang atau sihir, membunuh monster, dan mulai bertualang -- ini adalah rutinitas dalam sebuah game RPG bersetting alam fantasi yang sudah tidak lagi membutuhkan penjelasan. Akan tetapi, bagaimana seandainya seseorang tidak sedang bermain game? Petualangan yang seharusnya menyenangkan pun mendadak berubah menjadi perjuangan hidup yang keras dan penuh bahaya. .... Anime ini hendak mengangkat sisi gelap dari hal-hal yang sudah begitu lazim hingga seringkali dianggap remeh, dan dengan menekankan arti penting dalam setiap tindakan kecil dari para tokohnya, anime ini berhasil menunjukkan bahwa, meski menyebutkan istilah-istilah yang biasa ditemukan di game, mereka sama sekali tidak sekadar bermain-main. Membelanjakan uang secara cermat, memilih perlengkapan yang paling mereka butuhkan, melatih skill yang sesuai dengan gaya bertempur mereka, dan menyeleksi dengan hati-hati musuh yang akan mampu mereka kalahkan -- ada begitu banyak pertimbangan pada apapun yang mereka lakukan, sehingga para tokoh tersebut sungguh-sungguh terasa seperti sedang bertahan hidup.
Namun, melihatnya dari segi storytelling, mungkin anime ini berusaha menekankan kesulitan yang dihadapi para tokohnya dengan sedikit terlalu berlebihan. Barangkali untuk menunjukkan bahwa mereka hanyalah pemuda dan gadis biasa yang tidak memiliki keistimewaan, terdapat beberapa adegan 'damai' yang cuma memperlihatkan kehidupan mereka sehari-hari -- bukan hal yang salah, sebenarnya, tetapi ternyata kemudian adegan-adegan ini dibuat lebih panjang dari yang diperlukan. Alhasil, ceritanya pun terkesan berjalan terlalu lambat; sebagian episode seolah sengaja dibiarkan kosong, sebab para tokoh anime ini pada dasarnya nyaris tidak melakukan apa-apa. Parahnya lagi, anime ini juga tidak menawarkan cerita alternatif selain kisah perjuangan mereka. Misteri dari mana mereka berasal dan mengapa mereka tiba-tiba terbangun di Grimgar tidak pernah dipermasalahkan, sedangkan anime ini juga tampaknya tidak serius ingin mengajak penonton untuk menjelajahi dan mencari tahu lebih jauh tentang Grimgar, maka pada saat-saat ketika para tokohnya hanya menghabiskan waktu dengan berbincang di kedai minum atau merenung sambil menyaksikan pemandangan, anime ini terkadang terasa tidak memberi cukup banyak.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Melalui animasi yang memperhatikan setiap detail gerakan, seperti jari-jemari Haruhiro yang tampak membeku karena rasa takut, anime ini mampu melukiskan dengan jelas emosi dari para tokohnya. Dia juga berhasil menggabungkan dengan indah antara animasi dan gambar latarnya berkat pengaturan warna dan bayangan yang tepat, menghasilkan adegan-adegan yang lebih hidup dan dinamis. Sayangnya, kualitas visual anime ini kemudian menurun pada beberapa episode akhir, sesekali menyertakan kesalahan-kesalahan seperti garis-garis yang tidak konsisten pada gambar para tokohnya, atau bahkan potongan animasi yang menghilang di dalam suatu adegan pertarungan. Jika membandingkan jumlahnya, secara keseluruhan anime ini masih tetap merupakan tontonan yang sangat bagus, tetapi mengingat standar tinggi yang dia tetapkan sendiri pada awalnya, penurunan ini mungkin akan terasa agak mengecewakan.

- Tokoh/Karakter:
Dalam tujuannya untuk bercerita tentang sekelompok pemuda dan gadis yang berjuang untuk bertahan hidup di dunia asing, anime ini telah menyiapkan karakter yang paling tepat secara kolektif, sambil pada saat yang sama, dia juga tidak lupa memberi masing-masing ciri khas yang akan membuat setiap tokoh tetap tampak berbeda. Mulai dari Haruhiro hingga Shihoru, mereka semua tidak memiliki kepercayaan diri ataupun kesiapan hati untuk segera beradaptasi dengan kehidupan baru mereka, maka pekerjaan yang mendadak memaksa mereka untuk mempertaruhkan nyawa tentu bukan hal yang mudah dilakukan, lalu ketika mereka tidak tahu harus berbuat apa, Manato adalah satu-satunya yang masih cukup tenang untuk mengambil inisiatif dan menyatukan mereka. Anime ini kemudian juga sangat cermat dalam menggambarkan pertumbuhan mereka, baik secara individu maupun sebagai kelompok. Tidak ada seorang pun yang tiba-tiba saja menjadi kuat, tetapi mereka harus melewati proses yang panjang dan bertahap, dan sebelum bisa menjadi tim yang efektif, mereka mesti perlahan saling mengenal dan memahami peran mereka di dalam kelompok. Hal ini menjadikan mereka tampil bukan sebagai beberapa orang jagoan atau sebuah tim impian, melainkan hanya enam (atau tujuh) orang biasa yang berjuang bersama untuk melakukan yang terbaik, sehingga potensi kehilangan salah satu dari mereka benar-benar akan terasa menyakitkan, dan sebaliknya juga setiap keberhasilan yang mampu mereka raih merupakan sesuatu yang pantas dirayakan.

- Overall Score:
Tidak hanya menyajikan dimensi baru yang menyegarkan pada tema tentang dunia game yang menjadi kenyataan, melalui animasi yang cukup indah dan pengembangan karakter tokoh yang cermat, anime ini juga mampu sekaligus mengingatkan kembali arti penting dari mengasah diri sendiri dan berjuang bersama sebagai sebuah party. Sayangnya, dia sesekali agak berlebihan ketika berusaha menarik simpati anda, maka meski secara garis besar anime ini tetap memiliki cerita yang bagus, ternyata tidak semua episode akan sanggup memberi anda kepuasan saat menontonnya. Skor 8 dari 10 (Generally a good story)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Goods:
- Mofu Mofu Hizakake Key Visual
- Character Sleeve: Haruhiro / Yume / Shihoru
- Frame-in Rubber Strap
- CD Soundtracks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar