Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 16 Januari 2015

AKAME GA KILL!

- Judul: アカメが斬る! (Akame ga Kiru!)
- Judul Alternatif: Akame ga Kill!;
- Tipe: TV (Juli 2014)
- Genre: Action; Fantasy; Comedy; Supernatural;
- Episode: 24
- Rating: Extreme Violence and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Demi membantu desa mereka yang sedang menderita, Tatsumi dan teman-temannya berangkat menuju ibukota kekaisaran untuk mencari pekerjaan. Sayangnya, nasib sial kemudian terus-menerus menimpa Tatsumi. Diserang perampok di dalam perjalanan, dia terpisah dari teman-temannya. Sesampainya di ibukota, dia tidak berhasil mendapatkan pekerjaan yang diharapkan. Ketika masih bingung apa yang mesti dilakukan berikutnya, dia kena tipu hingga kehilangan seluruh bekalnya. Dan saat diizinkan menginap di rumah suatu keluarga kaya, mereka diserbu oleh kelompok pembunuh bayaran Night Raid. Namun, daripada mencelakakannya, kedatangan Night Raid ternyata justru menyelamatkan Tatsumi dari kematian, dan setelah mengetahui bahwa mereka sebenarnya punya tujuan mulia untuk menyingkirkan orang-orang kejam dan korup di dalam kekaisaran, dia pun akhirnya ikut bergabung dengan Night Raid.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sekilas ceritanya tidak lebih dari sekadar tentang pertempuran antara kebaikan melawan kejahatan. Dan siapapun bisa langsung mengetahui siapa yang baik dan siapa yang jahat -- tidak ada motif tersembunyi, tidak ada pihak ketiga, atau yang semacamnya. Namun, anime ini ternyata tidak pernah membosankan. Plot yang begitu sederhana itu tetap menarik untuk diikuti sejak episode yang paling awal hingga episode yang paling akhir. Mengapa bisa? Ada tiga penyebab yang mungkin. Pertama, karena pertempuran tersebut tidak digambarkan berat sebelah. Sisi yang jahat bukan cuma berupa sekumpulan bandit yang muncul secara bergantian untuk dikalahkan dan menjadi korban jurus-jurus baru sisi yang baik, melainkan berupa satu lawan dengan kekuatan yang setara. Dengan kata lain, daripada menyaksikan seorang jagoan menaklukkan musuh-musuh yang seolah tidak ada habisnya, penonton akan mendapatkan pertarungan seimbang antara dua petarung yang sama tangguh. Maka meski anime ini hanya penuh dengan aksi saling serang, tidak ada satu pun yang terasa berulang. Setiap kejadian bagai menghantarkan selangkah lebih dekat menuju klimaks -- satu momen yang menentukan. Kedua, karena inti anime ini adalah aksi-aksi pertarungannya, dan plot sederhana merupakan tindakan yang tepat untuk senantiasa menampilkannya sebagai pertunjukan utama yang patut ditunggu-tunggu. Dengan menyediakan struktur yang kokoh dan terfokus semenjak awal, anime ini kemudian cukup bebas untuk memberi variasi pada pertarungan-pertarungan tersebut tanpa kehilangan arah. Ini berarti, pertarungan dapat mendadak terjadi kapan saja dan dalam situasi apapun, tetapi semuanya akan tetap terasa wajar dan tidak dipaksakan. Ketiga, karena yang menyertai kesederhanaan itu adalah teknik storytelling yang bagus. Secara keseluruhan ceritanya memang hanyalah pertempuran antara kebaikan dan kejahatan, namun jalan cerita selama pertempuran itu berlangsung tetap ditulis dengan hati-hati. Bagaimana suatu pertarungan dimulai, siapa yang berhadapan dengan siapa, dan apa hasil dari pertarungan tersebut -- semua hal ini dipersiapkan dengan matang sehingga cerita anime ini tetap menjanjikan kejutan-kejutan yang tak terduga. Dan terakhir (yang ini adalah bonus) karena, meski sebenarnya tidak dibutuhkan, bagian komedi di anime ini juga diatur dengan cermat. Kemunculannya selalu efektif dan lugas, bahkan setelah adegan yang paling kejam sekalipun. Sekali lagi, ada atau tidaknya komedi tidak banyak berpengaruh, tetapi justru perhatian terhadap kelancaran ceritanya sampai sejauh ini yang semakin mempertegas bahwa anime ini memang tidak sesederhana yang disangka.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Seperti yang telah disebutkan, inti anime ini adalah aksi-aksi pertarungan, dan sebagai media yang menyajikannya, audio visual di anime ini sangat memuaskan. Gerakan yang cepat benar-benar terlihat cepat, dan kedahsyatan dari kekuatan yang besar dapat seketika terasa. Lalu ditambah pula dengan sound effects yang sesuai, tidak ada episode yang berlalu kecuali pasti akan menghibur.

- Karakter:
Karakterisasi para tokoh di anime ini bisa terasa sangat tepat, seperti kenaifan Tatsumi yang membuat kerelaannya untuk segera bergabung dengan Night Raid dalam waktu yang cenderung singkat tetap tampak masuk akal, tetapi sebaliknya dia juga bisa terasa tidak sesuai, seperti beberapa tokoh lain di Night Raid yang sedikit terlalu ceria sebagai pembunuh gelap. Begitu pula dengan kisah latar mereka -- sebagian bisa sangat menyentuh, seperti Akame yang harus berhadapan dengan adiknya sendiri, dan sebagian lagi justru terlalu mengada-ada, seperti Sheele yang pada suatu malam tiba-tiba saja berubah dari gadis ceroboh ke seorang pembunuh berdarah dingin. Namun, di tengah semua fluktuasi tersebut, satu hal yang jelas berhasil dicapai oleh anime ini adalah menjadikan para tokohnya benar-benar sebagai satu bagian penting dari cerita. Cukup dengan menggambarkan bahwa mereka memiliki kepentingan di dalam pertempuran, masing-masing tokoh kemudian mendapatkan posisi mereka sendiri, sehingga kepergian satu tokoh akan meninggalkan rasa kehilangan yang bertahan untuk seterusnya, dan daripada cuma sekadar menjadi pengganti, kehadiran tokoh baru mampu mengubah keseluruhan wajah pertempuran. Memang akan lebih baik seandainya anime ini juga sedikit lebih seksama ketika menyusun mereka secara individu, tetapi setidaknya dalam upaya untuk memperlihatkan bahwa pertempuran di dalam ceritanya adalah tragedi kemanusiaan yang menelan banyak korban, anime ini dapat dikatakan telah memperlakukan para tokohnya dengan benar.

- Overall Score:
Know what you want, and stick with it. Barangkali demikian pelajaran yang bisa dipetik dari anime ini. Dia menunjukkan ketelitian yang mengindikasikan bahwa dia sebenarnya mampu menyajikan cerita yang lebih rumit, tetapi anime ini kemudian memilih untuk menahan diri tetap sederhana, sebab dia lebih menginginkan agar aksi-aksi pertarungannya menjadi hidangan utama yang akan menyita sebagian besar perhatian anda. Dan sebagai hasilnya, sebuah karya seru dan mendebarkan yang setiap sabetan pedangnya selalu memiliki makna. Tentu saja, anime ini mesti dinilai berdasarkan apa yang dia sajikan daripada apa yang mungkin dia sajikan, dan pada kenyataannya dia memang masih menyisakan beberapa kekurangan, tetapi di antara sesama genre action, anime ini sudah termasuk yang terbaik. Nilai 8,5 dari 10 (Meaningful actions)


DVD/Blu-ray:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar