Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 03 Juni 2014

SEKAI SEIFUKU ~BOURYAKU NO ZVEZDA~

- Judul: 世界征服~謀略のズヴィズダー~ (Sekai Seifuku ~Bouryaku no Zvezda~)
- Judul Alternatif: World Conquest ~Zvezda Plot~;
- Tipe: TV (Januari 2014)
- Genre: Comedy; Supernatural;
- Episode: 12+1
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Ketika sedang kabur dari rumah, tanpa sengaja Jimon Asuta bertemu dengan seorang gadis kecil bernama Hoshimiya Kate yang mengumbar impian besar untuk menguasai dunia. Tentu saja, pada awalnya Asuta menyangka kalau gadis itu hanya bermain-main, maka dia tidak begitu peduli meski Kate kemudian menjadikannya pengikut. Namun, setelah Kate menunjukkan identitas lainnya sebagai Venera, memperkenalkan para jenderalnya yang menakutkan, dan bahkan memperlihatkan kekuatan luar biasa yang mampu menaklukkan apapun, Asuta akhirnya sadar bahwa dia baru saja bergabung dengan organisasi rahasia Zvezda.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya seputar hal-hal kecil dan konyol yang dilakukan oleh para anggota Zvezda memang terkadang berhasil, namun terkadang pula tidak cukup jenaka. Barangkali penyebabnya adalah karena selalu ada ketidak pastian yang menghantui selama menonton anime ini. Meski dengan semua kekonyolan itu, anime ini tampaknya juga masih berusaha tampil serius melalui kisah-kisah pribadi para tokohnya, seperti masa lalu Shikabane Gorou (Pepel) atau masalah keluarga Asuta. Maka, ketika di satu sisi dia menginginkan agar penonton menertawakan tokoh-tokoh tersebut, pada saat yang sama di sisi lain dia justru menginginkan agar penonton memperhatikan mereka dengan saksama dan belajar sesuatu dari mereka. Seandainya lelucon-leluconnya lebih sederhana dan berupa kejadian sehari-hari, kombinasi antara komedi dan pesan serius seperti ini mungkin masih bisa berfungsi baik, tetapi dengan tokoh dan dunia yang begitu kacau, penonton seolah awalnya dituntut untuk mengharapkan kejadian-kejadian yang tidak masuk akal, lalu mendadak diharuskan mencari sesuatu yang masuk akal darinya. Alhasil, komedinya tidak dapat dinikmati sepenuh hati, sebab selalu ada pertanyaan apakah lelucon itu adalah memang sesuatu untuk ditertawakan ataukah justru dipelajari, sedangkan pesannya juga tidak dapat diterima dengan sempurna, sebab cerita yang menyampaikannya terkesan tidak pernah bersungguh-sungguh.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Audio visual anime ini sangat bagus, meski tidak ada yang secara khusus istimewa darinya. Animasinya lancar dan halus, sementara voice-acting dilakukan dengan baik, sesuai karakter masing-masing tokoh. Berbeda dari ketidakpastian di dalam ceritanya, audio visual adalah satu bagian anime ini yang tidak perlu dipertanyakan.

- Karakter:
Para tokoh anime ini memang jelas unik, tetapi itu tidak secara otomatis berarti bahwa mereka punya daya tarik. Sebab, tokoh-tokoh tersebut tidak memiliki kisah khusus yang menggambarkan pertumbuhan karakter mereka sebagai satu individu. Bahkan Kate sendiri, yang seharusnya merupakan orang pertama yang menggagas Zvezda, ternyata tidak pernah menjelaskan dari mana ambisi besarnya untuk menguasai dunia berasal. Dan bagi para anggotanya, meski anime ini coba memberi mereka sejarah, kenyataannya sejarah itu kemudian tidak bermakna apa-apa, segera terputus dan tidak meninggalkan banyak pengaruh tatkala mereka telah bergabung dengan Zvezda. Maka, mereka pun persis bagaikan tokoh antagonis di serial kartun anak-anak yang berusaha menguasai dunia hanya karena mereka ingin. Sebagian penonton mungkin akan berargumen bahwa sifat-sifat unik mereka sudah cukup untuk menjadikan tokoh-tokoh tersebut menarik, tetapi hal itu sangat bergantung pada selera dan pendapat masing-masing orang.
Namun, setidaknya dalam hal memetakan para tokohnya, semua orang akan setuju bahwa anime ini mampu menciptakan beberapa hubungan yang pasti memicu rasa penasaran. Hubungan seperti antara Asuta dengan Renge, atau antara Gorou dan Itsuka dengan Kaori yang berada di pihak yang saling bermusuhan -- lebih daripada tentang Zvezda, kemungkinan besar penonton akan terus menonton anime untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan mereka.

- Overall Score:
Bicara serius, atau hanya bercanda? Anda mungkin akan mendapati diri anda mengajukan pertanyaan serupa kepada anime ini. Anda ingin tertawa, tetapi anime ini bersikeras bahwa dia adalah sebuah cerita tentang orang-orang yang bersungguh-sungguh mengejar impian mereka. Maka anda kemudian ingin serius memperhatikan, tetapi ternyata sebagian besar kejadian di dalam ceritanya tidak punya reaksi yang pantas baginya selain untuk ditertawakan. Secara terpisah, masih ada peluang anda akan menyukai tokoh-tokohnya yang unik dan aneh, namun secara keseluruhan, anime ini belum cukup memuaskan. Nilai 7 dari 10 (Unclear message)


DVD/Blu-ray:
Extra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar