Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 21 Februari 2014

STAR DRIVER ~Kagayaki no Takuto~

- Judul: STAR DRIVER 輝きのタクト (Star Driver ~Kagayaki no Takuto~)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Oktober 2010)
- Genre: Action; Supernatural; Romance;
- Episode: 25
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Ketika Tsunashi Takuto pulang ke pulau asal mendiang ibunya, dia mengetahui dari dua teman barunya, Shindou Sugata dan Agemaki Wako tentang robot-robot raksasa Cybody dan Zero Jikan, ruang terbatas di mana Cybody bisa digerakkan. Dia kemudian juga mengetahui tentang Kiraboshi, suatu kelompok rahasia yang berambisi menguasai dunia dengan membawa Cybody keluar dari Zero Jikan. Untuk mewujudkan ambisi tersebut, mereka harus membuka segel yang dijaga oleh empat orang Miko, maka Takuto pun bertekad menghentikan mereka demi melindungi Wako yang termasuk salah seorang Miko.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski menampilkan pertarungan antara robot-robot raksasa, anime ini terasa lebih cenderung mengarah ke genre harem daripada sebagai science fiction. Sebab pada sebagian besar durasi anime ini, Takuto lebih banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bicara dengan sekitar setengah lusin gadis. Dan hal yang mereka bicarakan pun nyaris sama sekali tidak punya relevansi dengan Cybody, Zero Jikan, ataupun pulau yang mereka tinggali, menjadikan cerita anime ini semakin jauh dari nuansa ilmiah.
Sayangnya, bahkan seandainya pun anime ini sebenarnya bermaksud menjadi kumpulan kisah drama manusia, tentang berbagai motivasi individu yang tanpa sengaja bertemu dalam satu situasi, dia juga tidak melakukannya dengan cukup baik. Meski secara terpisah masing-masing kisah tersebut masih terbilang lumayan, tidak pernah ada alasan jelas mengapa mereka mesti saling bersilangan, sehingga Kiraboshi tampak cuma seperti kelompok yang beranggotakan orang-orang aneh daripada organisasi yang terdorong oleh satu tujuan yang sama. Menjelang akhir, cerita anime ini mulai sedikit menarik ketika dia kemudian lebih banyak terfokus pada hubungan segitiga antara Takuto, Sugata, dan Wako, namun hal ini datang sangat terlambat, maka secara keseluruhan anime ini terkesan sejak awal tidak dipersiapkan dalam kerangka cerita yang kuat.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi pada aksi-aksi pertarungannya cukup bagus, tetapi hal ini tidak secara otomatis menjadikan pertarungan-pertarungan tersebut terasa seru. Karena Tauburn mengalahkan lawan-lawannya dengan cara yang kurang lebih selalu sama, hasil pertarungan sangat mudah ditebak, sehingga tidak tersisa lagi momen-momen yang bisa memicu ketegangan. Bagaimanapun kesulitan yang dia hadapi, penonton tahu bahwa apabila Tauburn telah menggunakan jurus pamungkasnya, dia pasti akan segera menang. 
Masalah serupa juga terjadi pada bagian audio. Anime ini seolah tidak tahu bagaimana membangun mood cerita, dan contoh paling jelas bisa dilihat pada caranya mengatur timing dari opening video. Lagu yang bersifat ceria dan penuh semangat itu terkadang muncul secara mendadak di tengah-tengah adegan yang terkesan serius dalam suasana hening tanpa musik latar. Dengan mood yang berubah-ubah seperti ini, sulit untuk juga menanggapi serius cerita anime ini, bahkan meski jika seseorang berusaha melakukannya.

- Karakter:
Seperti yang sempat disebutkan di atas hubungan antara Takuto, Sugata, dan Wako adalah satu-satunya hal yang bisa menjadikan anime ini sedikit menarik. Bukan sesuatu yang baru, tetapi dengan karakter Takuto dan Sugata digambarkan jelas berlawanan, kisah cinta segitiga mereka tetap sanggup membuat siapapun penasaran. Sementara, untuk tokoh-tokoh yang lain, secara individu masing-masing dari mereka sebenarnya telah ditulis dengan baik; kisah-kisah mereka cukup menjelaskan latar belakang dan karakter mereka. Namun, yang menjadi permasalahan adalah bahwa anime ini gagal menunjukkan bahwa tokoh-tokoh tersebut memiliki nilai dan makna. Mengapa penonton perlu mengenal mereka ketika peran mereka di dalam cerita hanya bertahan beberapa episode sebelum kemudian menjadi sama sekali tidak penting? Tidak ada jawaban untuk pertanyaan ini, sehingga pada akhirnya, meski dengan jumlah tokoh yang begitu banyak, sebagian besar anime ini akan selalu terkesan hampa dan sia-sia.

- Overall Score:
Animasinya terlihat indah, terutama ketika para Cybody sedang bertarung, tetapi tetap tidak ada jaminan bahwa anda akan menyukai anime ini. Sebab kenyataannya, animasi tersebut hanyalah hiburan di permukaan, sedangkan di baliknya, anime ini dibangun pada kerangka cerita yang tidak jelas dan penuh dengan tokoh-tokoh yang tidak relevan. Anda mungkin masih bisa menikmati beberapa episode awal, namun tidak ada alasan untuk mengikuti keseluruhan serialnya sampai selesai. Nilai 6,5 dari 10 (Hollow experience)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7
Volume 8
Volume 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar