Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 03 Desember 2013

GATCHAMAN CROWDS

- Judul: ガッチャマン クラウズ (Gatchaman Crowds)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Action; SciFi;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Setelah makhluk asing bernama JJ mengeluarkan NOTE yang merupakan manifestasi langsung dari jiwanya, Ichinose Hajime pun secara resmi menjadi anggota Gatchaman, sebuah kelompok rahasia beranggotakan makhluk asing dan manusia yang bertugas melindungi bumi dari pelaku kriminal luar angkasa. Namun bukan sekadar menambah jumlah mereka, Hajime kemudian mengubah cara pandang yang kaku dari anggota Gatchaman yang lain. Sementara itu, Ninomiya Rui berusaha menjadikan Jepang negara yang lebih baik melalui jejaring sosial GALAX ciptaannya. Dia memberikan kekuatan khusus yang disebut Crowds kepada beberapa orang terpilih untuk membantu masyarakat dalam keadaan darurat. Tetapi Rui menghadapi dilema, sebab meski dia menggunakannya demi kebaikan, Crowds sebenarnya hadiah dari seorang makhluk asing yang selalu berbuat kejahatan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Bagaikan hanya berupa salah satu bab dari sebuah buku tebal, cerita anime ini terasa tidak lengkap. Ada banyak hal yang tidak pernah mendapatkan penjelasan, seperti bentuk revolusi yang ingin dilakukan Rui hingga menyebarkan Crowds atau latar belakang Berg Katze untuk menghancurkan dunia meski memiliki kekuatan serupa Gatchaman. Namun, sebatas jalan cerita utamanya, anime ini menunjukkan teknik storytelling yang lumayan. Meski penuh kejutan, perubahan GALAX dari sekadar jejaring sosial biasa hingga menjadi senjata berbahaya yang mengancam seluruh Jepang tetap diuraikan melalui tahapan-tahapan yang teratur, sehingga setidaknya penonton masih akan bisa menangkap ketegangan dari situasi kritis yang terjadi kemudian.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini terlihat cukup bagus ketika para tokohnya sedang beraksi. Gerakan mereka cukup halus, dan jurus-jurus mereka ditampilkan dengan indah. Namun, adegan-adegan yang berisi aksi terbilang langka, dan anehnya, pada sebagian besar durasi ketika para tokohnya tidak sedang beraksi, anime ini sebaliknya justru tampak dikerjakan secara asal-asalan, seolah mendadak kehilangan minat sama sekali untuk menyajikan kualitas terbaik kepada penonton. Dari animasi yang kasar hingga penggambaran gaya bicara atau bertingkah yang terlalu dibuat-buat layaknya kartun tahun 80-an, pada akhirnya secara keseluruhan anime ini terasa sangat ketinggalan zaman.

- Karakter:
Sebenarnya, anime ini bisa dikatakan cakap dalam merencanakan karakter-karakter tokohnya, dan ini paling jelas terbukti pada Hajime. Sifat carefree miliknya adalah tepat apa yang dibutuhkan oleh anime ini untuk memicu perubahan dan memulai jalan cerita. Hanya saja, untuk perwujudannya di dalam cerita, karakter Hajime tersebut kemudian ditampilkan terlalu berlebihan. Reaksi-reaksinya terhadap berbagai situasi, seperti ketika pertama kali bertemu alien atau saat berhadapan dengan MESS, terasa tidak alami. Dan seringkali pilihan tindakannya, semisal mendekati JJ tanpa ragu meski ada jurang tak berdasar yang memisahkan mereka atau bermain-main santai dengan MESS yang baru saja mengisap orang-orang, tampak sangat dipaksakan sekadar agar ceritanya bisa berlanjut. Alhasil, meski di satu sisi dia memang berhasil melakukan tugasnya dan pesan-pesan anime ini mampu tersampaikan secara jelas, di sisi lain karakter Hajime akhirnya terlalu jauh bertentangan dengan akal sehingga penonton justru akan kesulitan untuk menganggap serius apapun yang berasal darinya.

- Overall Score:
Anime ini memiliki banyak potensi, tetapi semua itu hanya menegaskan betapa dia begitu mengecewakan. Meski mampu menghasilkan animasi yang bagus, dia justru membiarkan sebagian besar visualnya tampak ketinggalan zaman. Dan meski sanggup menyusun karakter tokoh yang tepat, dia ternyata gagal memasukkannya ke dalam cerita dengan sempurna. Beruntung, anime ini kemudian menunjukkan bahwa setidaknya dia masih tahu cara bercerita yang benar agar anda bisa menikmati episode-episodenya. Nilai 6,5 dari 10 (Wasted potentials)


DVD/Blu-ray:

1 komentar:

  1. yg bagus dari anime ini cuma 2,,
    animasi nya, sm opening nya aja,,
    asli cerita nya gw rasa aneh gituu,,
    dan yg paling aneh itu karakter si heroine 'hajime'
    benar pas scene awal, bisa enteng gitu main sama mess yg udah nelan manusia,
    karakter gitu, biasa nya untuk antagonis gila / musuh utama,
    dan karakter hajime emang paling absurd di nih anime,,
    begitu terang sekaligus begitu ndak jelas,,,
    entah baru kali ini gw nonton ngeliat heroine punya sifat, yg seharusnya jadi sifat musuh utama,

    absurd absudr
    lebih absurd agi, bakal ada season 2 nya,,
    absurd absurd

    BalasHapus