Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 29 November 2013

SERVANT X SERVICE

- Judul: サーバント×サービス (Servant X Service)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2013)
- Genre: Comedy; Romance;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm)
- Sinopsis:
Yamagami Lucy(dst) masuk bekerja di Bagian Kesehatan dan Kesejahteraan (Hoken Fukushi-ka) dengan membawa sebuah misi. Dia ingin bertemu dengan pegawai di sana yang telah mengizinkan orangtuanya memberikan nama depan yang begitu aneh sehingga selalu menjadi bahan tertawaan selama hidupnya. Namun, sebelum mulai mencari, pertama-tama dia harus membiasakan diri dengan karakter rekan-rekannya sesama pegawai yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Dengan setting dalam lingkungan kerja, terlebih lagi di kantor pemerintahan, anime ini jelas menyajikan sesuatu yang benar-benar segar. Sesekali dia memang mengangkat topik yang mungkin hanya bisa dimengerti oleh mereka yang berada pada usia kerja, misalnya tentang berbagai alasan para tokohnya bekerja di kantor sipil, tetapi secara keseluruhan anime ini masih mampu menyampaikannya dari sudut pandang yang bersifat umum, sehingga siapapun tetap bisa menangkap kejenakaan pada sisi komedinya dan rasa manis-pahit pada sisi romance-nya. Dan hebatnya, meski dengan obyek komedi yang sebenarnya tidak banyak berubah dari awal sampai akhir, anime ini tidak pernah terasa membosankan. Dia seolah selalu memiliki cara baru untuk membahasnya sehingga hal yang sama terus menggelikan setiap kali dimunculkan. Menyaksikan Miyoshi yang harus mendengarkan cerita Nenek Tanaka untuk kesekian kalinya pada episode-episode terakhir masih selucu kali yang pertama. It's entertaining to the very end.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Komedi anime ini sangat bergantung kepada dialognya. Dan untungnya, berkat penggunaan kata-kata yang pandai dan cara pengucapan yang tepat, penulisan dialog pada anime ini merupakan salah satu yang paling bagus di dalam genre komedi. Dia tidak berlebihan menjelaskan objek bahasannya dan tidak terlalu memaksakan punchline kepada penonton, sehingga semua kejenakaan yang datang dari lelucon-leluconnya terasa benar-benar alami.

- Karakter:
Dari Ichimiya yang berusaha menafkahi keluarganya hingga Hasebe yang hanya ingin bisa bersantai, tokoh-tokoh di anime ini merupakan representasi yang bagus atas berbagai karakter orang yang memilih bekerja di kantor pemerintahan. Selain memperluas wawasan penonton ke dalam banyak sudut pandang, hal ini juga menjadikan situasi-situasi yang timbul dari interaksi di antara mereka terasa sebagai sesuatu yang mungkin saja terjadi. Memang, sifat malu-malu sang Kepala Bagian cenderung terlalu ekstrim untuk dikatakan memiliki manfaat yang sama, tetapi itu tidak kemudian berarti kalau dia berasal dari kekeliruan. Dia cuma memiliki perannya sendiri. Sebab pada akhirnya, anime ini adalah fiksi, maka dia senantiasa berfungsi sebagai pengingat bahwa anime ini tidak sepenuhnya mewakili kenyataan. Dengan kata lain, boneka kelinci mustahil menjadi Kepala Bagian, maka semua kekonyolan di cerita anime ini juga tidak sungguh-sungguh terjadi.

- Overall Score:
Membosankan .... Anda tidak bisa disalahkan jika kata tersebut merupakan hal pertama yang muncul dalam benak anda ketika diminta menonton kegiatan sehari-hari para pegawai di kantor pemerintahan. Namun, anime ini bisa menunjukkan bahwa prasangka awal anda tidak selamanya benar. Dengan cara menyampaikan cerita yang kreatif, dialog yang pandai, dan penyusunan karakter yang tepat, mereka pun mampu menyajikan salah satu kisah komedi romantis yang paling menghibur. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD/Blu-ray:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar