Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Sabtu, 03 Agustus 2013

DEVIL SURVIVOR 2 THE ANIMATION

- Judul: デビルサバイバー2 (Devil Survivor 2) The Animation
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2013)
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Strong Violence (Animated Blood)
- Sinopsis:
Kuze Hibiki diperkenalkan oleh temannya, Shijima Daichi sebuah situs yang dikatakan dapat menampilkan wajah-wajah mereka jika tewas. Situs itu kemudian mengirimkan video yang memperlihatkan mereka tewas dalam sebuah kecelakaan, dan tak lama berselang, kecelakaan itu pun benar-benar terjadi. Namun sebelum tewas, Hibiki dan Daichi mendapatkan sebuah pertanyaan, apakah mereka ingin tetap hidup atau lebih suka mati. Mereka memilih hidup, tetapi ketika tersadar, mereka menemukan dunia telah hancur lebur. Ternyata hari itu merupakan hari pertama dari serangkaian serangan makhluk-makhluk yang disebut Septentrion, dan hanya orang-orang seperti Hibiki dan Daichi, yaitu mereka yang bersikeras ingin hidup, yang memiliki kekuatan untuk menghentikannya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Sebenarnya storytelling anime ini sangat bagus. Sejak awal memberi deadline tujuh hari menjamin tingkat ketegangan yang naik secara perlahan namun pasti, sebelum memuncak pada akhir ceritanya. Setiap episode adalah hitungan mundur, dan setiap pertempuran adalah pintu gerbang. Ini juga kemudian tidak menjadikan anime ini hanya tentang pertempuran yang sambung-menyambung. Berkat ambisi Houtsuin Yamato, cerita anime ini memiliki banyak dimensi. Dia tidak hanya bertanya "Bisakah dunia diselamatkan?" atau bahkan "Apa yang terjadi ketika dunia benar-benar hancur?", tetapi juga "Apa yang terjadi selanjutnya?" Hal ini menjadikan setiap insiden memiliki makna lain yang tersembunyi, sehingga meski tidak sulit untuk langsung menebak bagaimana jalan cerita anime ini dari pertama sampai akhir, penonton selalu masih bisa menikmati suatu nuansa misteri yang nyata.
Namun, pada saat yang sama, anime ini juga meninggalkan banyak pertanyaan yang tak terjawab di sepanjang ceritanya. Mengapa keluarga Houtsuin begitu istimewa? Jika orang yang memberi mereka kekuatan untuk memanggil para iblis begitu kuat, mengapa harus melalui aplikasi di ponsel? Bagaimana sebenarnya hubungan antara atribut si pengguna dengan para iblis itu? Mengapa ada sebagian iblis yang hanya bisa dipanggil jika penggunanya melakukan sesuatu yang khusus seperti menari dan ada sebagian lagi yang tidak? Pertanyaan-pertanyaan ini mengungkapkan bahwa meski jalan ceritanya ditulis dengan cukup baik, masih ada hal-hal mendetil yang terabaikan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meski secara keseluruhan tidak ada yang istimewa dengan visualnya, kualitas yang memuaskan memugkinkan penonton untuk menikmati bagian lain dari anime ini tanpa gangguan. Tantangan terbesarnya barangkali terdapat di penggabungan antara animasi dua dan tiga dimensi pada adegan-adegan pertempuran, tetapi ketika banyak anime lain menemui kegagalan, anime ini berhasil melakukannya dengan sempurna hingga seolah tantangan itu tidak pernah ada.

- Karakter:
Karakter para tokoh di anime ini tidak digambarkan cukup mendalam, tetapi hebatnya, hal ini kemudian tidak pernah menjadi masalah. Bahkan, kurangnya deskripsi terhadap mereka justru semakin menegaskan bahwa insiden di dalam ceritanya terjadi secara begitu tiba-tiba. Lalu dengan serangan Septentrion yang tidak pernah berhenti, penonton bisa langsung mengerti bahwa sekarang bukan saatnya untuk mencari tahu tentang masa lalu mereka dan akhirnya berkonsentrasi untuk mulai mengenal mereka di sepanjang cerita. Dan dalam hal ini pun, ada dorongan yang nyata untuk secepatnya mengenal mereka, sebab bahaya yang senantiasa mengancam para tokoh ini juga terasa benar-benar nyata. Mereka selalu punya peluang untuk tewas, dan hal itu selalu terjadi hampir seketika tanpa peringatan. Dan ketika hal itu terjadi, ketika sebagian tokoh itu sungguh-sungguh tewas, meski penonton hanya tahu nama, wajah, dan pekerjaan mereka sebelum cerita, ada rasa kehilangan yang muncul secara alami, rasa sesal karena tidak sempat mengenal mereka lebih jauh.

- Overall Score:
Storytelling yang bagus, visual yang memuaskan, dan tokoh-tokoh yang, di luar dugaan, mudah dipahami. Anime ini mendapatkan nilai positif pada setiap bagiannya. Namun, dia juga menyisakan pertanyaan-pertanyaan yang tak terjawab, detil-detil cerita yang dibiarkan tidak jelas. Mungkin tidak akan sampai mengganggu kenyamanan penonton secara garis besar, tetapi bagi mereka yang mencari karya yang terbaik, kekurangan ini dapat meresahkan, terus menghantui di dalam benak bahkan setelah anime ini berakhir. Oleh karena itu, meski tidak ada keraguan bahwa anime ini akan menjadi hiburan yang layak, review ini tidak cukup yakin untuk merekomendasikannya sebagai anime yang sebaiknya anda tonton. Nilai 8 dari 10 (Unexplained details)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar