Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 26 Juli 2013

CHIHAYAFURU 2

- Judul: ちはやふる2 (Chihayafuru 2)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2013)
- Genre: Sport; Comedy; Romance;
- Episode: 25
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Memasuki tahun ajaran baru, Ayase Chihaya berusaha menambah jumlah anggota Klub Karuta di Mizusawa dengan mengundang para murid baru. Dengan presentasi yang bagus, awalnya dia berhasil mengumpulkan dua puluh orang, namun seiring waktu berlalu, jumlah tersebut terus berkurang sampai akhirnya hanya tersisa dua orang, yaitu Tsukuba Akihiro yang terbiasa dengan permainan Karuta ala Hiroshima dan Hanano Sumire yang hanya ingin mengejar cinta sang ketua klub, Mashima Taichi. Meski demikian, Chihaya yakin bahwa tambahan dua anggota baru pun sudah cukup untuk mengantarkan Mizusawa hingga sukses di turnamen nasional Karuta tingkat SMU.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan ceritanya masih seru seperti season sebelumnya. Hanya saja, jika pada season pertama porsi antara kisah Klub Karuta Mizusawa secara kelompok diatur seimbang dengan kisah para anggotanya secara perorangan, season kali ini lebih cenderung cuma terfokus pada perjuangan tim Mizusawa untuk bisa sukses di turnamen tingkat nasional. Sama sekali bukan hal yang buruk, tentu saja, tetapi bagi penonton yang mengharapkan suatu perkembangan dalam kisah romantis yang canggung antara Chihaya, Taichi, dan Arata mungkin akan mendapati season ini sedikit terasa kering.
Dalam segi edukasi, season kedua ini juga tidak dapat diakses semudah season yang pertama. Bukan berarti bahwa sudah tidak ada lagi yang bisa dipelajari, tetapi jika sebelumnya anime ini begitu berguna bagi para pemula di dalam dunia Karuta, kini dia seperti hanya khusus bagi mereka yang berada pada tingkat lanjutan. Penonton diharapkan sudah mengetahui aturan-aturan dasar Karuta, maka season ini sekarang lebih banyak menunjukkan berbagai strategi yang digunakan, mulai dari taktik Wakefuda dalam pertandingan beregu hingga teknik Watarite dari Arata. Sebagai season kedua, peningkatan semacam ini sebenarnya adalah hal yang wajar, namun akan lebih baik seandainya anime ini tetap memberi penjelasan singkat seputar dasar-dasar Karuta.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Baik audio maupun visual, anime ini masih mendukung sepenuhnya unsur drama olahraga dan bagian komedinya hingga ke kadar tertinggi. Keheningan sesaat sebelum sebuah puisi dibacakan seketika membangkitkan ketegangan di dalam diri penonton, dan gerakan slow motion mengizinkan penonton untuk menikmati momen-momen paling menentukan dalam suatu pertandingan. Pada bagian komedi, voice-acting yang sempurna senantiasa menghidupkan kejenakan alami yang ada pada karakter tokoh-tokohnya, terutama Chihaya, sementara visualisasi yang pandai menyebabkan bahkan hal yang paling sepele sekali pun, seperti kata-kata melayang yang mewakili isi benak mereka, menjadi bahan lelucon yang sangat ampuh untuk mengundang tawa.

- Karakter:
Anime ini berhasil menjaga dengan baik keseimbangan antara tokoh-tokoh yang lama dan yang baru. Dia mampu mengenali dengan tepat apa yang dibutuhkan tokoh-tokoh lama seperti Chihaya dan Taichi untuk terus tumbuh, sehingga tidak terkesan sebagai karakter statis di mata penonton yang tanpa perubahan dari season sebelumnya. Sementara, tokoh-tokoh baru seperti Akihiro dan Sumire disusun dengan hati-hati sehingga dapat masuk ke dalam cerita dengan lancar, menyediakan warna atau tantangan baru tetapi tanpa pernah mengganggu keharmonisan yang telah lebih dulu tercipta. Dengan keseimbangan semacam ini, ceritanya bisa berlanjut secara alami tanpa meninggalkan sedikit pun celah, menjadikan season kedua ini sebagai salah satu sequel yang paling bagus.

- Overall Score:
Jika season yang pertama tidak cukup untuk menggerakkan hati anda, maka season kedua ini juga tidak akan banyak berarti. Namun jika anda termasuk salah satu orang yang kini tertarik dengan Karuta, maka cara bercerita yang semakin fokus pada teknik dan strategi, season ini adalah persis anak tangga selanjutnya yang anda butuhkan. Sayang sekali dia tidak mengupas lebih jauh kehidupan para tokohnya secara personal, tetapi dari sisi permainan Karuta, season kedua ini tetap merupakan tontonan yang seru dan informatif sekaligus. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD@Amazon:
DVD Box First Half
DVD Box Second Half

Tidak ada komentar:

Posting Komentar