Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Kamis, 08 Agustus 2013

HATARAKU MAOU-SAMA!

- Judul: はたらく魔王さま! (Hataraku Maou-sama!)
- Judul Alternatif: The Devil is a Part-Timer!;
- Tipe: TV (April 2013)
- Genre: Supernatural; Comedy; Romance; Action;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Animated Blood) and Mild Eroticism (Partial Nudity)
- Sinopsis:
Maou Sadao dan Ashiya Shirou sebenarnya adalah sang Maou (Raja Iblis) Satan dan jendralnya Asiel dari Ente Isla. Namun setelah dikalahkan oleh sang Yuusha (Pahlawan) Emilia, mereka harus melarikan diri dan akhirnya tanpa sengaja tiba di bumi. Meski mereka berjanji akan segera membalas dendam, sayangnya ternyata hampir seluruh kekuatan mereka menghilang ketika datang dari Ente Isla, maka mereka pun terpaksa tinggal di bumi untuk sementara waktu sebagai manusia biasa. Sambil Shirou terus berusaha mencari cara untuk mendapatkan kekuatan mereka kembali, Sadao menanggung biaya hidup mereka dengan bekerja di restoran cepat saji MgRonald.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Cerita anime ini memiliki awal yang bagus, sebelum kemudian semuanya menjadi tidak berarti. Ketika pertama Sadao diceritakan datang ke bumi untuk membangun kembali kerajaannya, seketika ada daya tarik untuk melihat rencana dan perilakunya demi mencapai tujuan tersebut, tetapi sewaktu kemudian diungkapkan bahwa sebenarnya ada cara yang jauh lebih mudah daripada harus bekerja di restoran cepat saji, yang Sadao tolak hanya karena itu 'bukan gayanya', semua logika yang ada dalam ceritanya menjadi tidak masuk akal. Siapapun yang datang, dengan alasan bagaimanapun, dan apapun yang muncul selanjutnya menjadi tidak penting karena anime tidak bisa memberi jawaban memuaskan atas pertanyaan yang paling mendasar, yaitu mengapa Sadao harus berlama-lama berada di bumi. Namun meski demikian, awal yang bagus tadi sudah cukup sebagai situasi yang memadai pada latar belakang komedinya, yang akhirnya memungkinkan komedi yang bagus pula. Apakah itu kesalahpahaman seputar hubungan antara Sadao dan Emi ataukah tingkah laku orang-orang dari Ente Isla yang coba memahami kehidupan modern, selalu ada sesuatu yang bisa membuat tertawa di setiap episode anime ini. 

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Audio visual anime ini sangat bagus. Dia mungkin tidak akan diingat secara khusus karenanya, tetapi anime ini menunjukkan bahwa dia tahu bagaimana cara yang tepat menggunakan audio visual untuk mendukung ceritanya. Pada bagian action, animasi yang halus menjadikan adegan-adegan pertarungan di anime ini terlihat seru dan dahsyat, sementara pada bagian komedi, sinematografi yang benar serta voice-acting yang pandai mengizinkan lelucon-leluconnya terasa lucu seperti yang seharusnya. Sekali lagi, anime ini mungkin belum bisa dikatakan sebagai yang terbaik, tetapi dia merupakan contoh sempurna tentang bagaimana cerita dan medianya, terutama dalam hal audio dan visual, semestinya saling terhubung.

- Karakter:
Jika cerita anime ini kehilangan arah di tengah jalan, penyebab utamanya adalah karena sang tokoh utama sendiri memang sepertinya tidak ditulis dengan baik. Sejak awal hingga akhir, anime ini tidak pernah mampu menjelaskan mengapa Sadao yang menyebabkan kekacauan di Ente Isla mendadak enggan melukai orang-orang di bumi dan memilih membangun kembali kerajaannya melalui proses yang jauh lebih lama. Namun, itu bukan berarti bahwa Sadao dan tokoh-tokoh lainnya tidak menarik untuk ditonton. Anime ini dengan pandai memanfaatkan status mereka yang sebagai makhluk-makhluk fantasi untuk menjadikan karakter-karakter yang sudah klise dalam anime kembali terasa segar. Yuusha yang tsundere? Iblis yang hikikomori? Malaikat yang masochist? Meski mungkin tidak berminat untuk tahu lebih banyak tentang kisah latar mereka, penonton jelas akan penasaran dengan apa yang akan terjadi pada mereka atau siapa lagi yang akan muncul berikutnya.

- Overall Score:
Ceritanya tidak punya arah yang jelas, tetapi sebagai komedi, anime ini menyimpan potensi kejenakaan yang sangat luas. Sebagaimana menyaksikan orang udik yang datang ke kota, anime ini memperlihatkan semua hal menggelikan yang terjadi jika makhluk-makhluk fantasi tiba-tiba harus tinggal di dunia modern, apakah itu pada diri mereka sendiri ataukah pada cara hidup mereka. Lalu, didukung dengan audio visual yang baik, anime ini menjamin hiburan yang terus-menerus. Nilai 8 dari 10 (Good comedy)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar