Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 07 Juni 2013

SASAMI-SAN@GANBARANAI

- Judul: ささみさん@がんばらない (Sasami-san@Ganbaranai)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2013)
- Genre: Comedy; Supernatural; Action;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Scenes of Blood) and Extreme Eroticism (Frequent Nudity)
- Sinopsis:
Tsukuyomi Sasami mewarisi kekuatan dari sang dewa tertinggi Amaterasu. Namun entah mengapa, pada suatu hari kekuatan tersebut mendadak pindah ke kakak laki-lakinya, Kamiomi, dan meski dia sendiri tidak menyadari, setiap kehendak Kamiomi kini memiliki kemampuan untuk mengubah dunia, sebab dewa-dewa yang lebih rendah yang terdapat di semua benda akan selalu berusaha mewujudkan kehendak itu. Maka, demi mencegah kekacauan di dunia oleh kakaknya, Sasami yang selama ini memutuskan untuk tidak akan berusaha akhirnya sekarang terpaksa sedikit berusaha dengan mengawasi Kamiomi sepanjang hari.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meski agak rumit, anime ini berhasil membangun kausalitas yang kokoh di dalam situasinya yang terbilang unik. Ada alasan untuk semua hal, menunjukkan bahwa daripada sekadar berupa sitcom biasa, anime ini memiliki sebuah plot yang telah dipersiapkan dengan baik. Sayangnya, jika anime ini memulai dengan lancar, cara berceritanya kemudian tidak begitu bagus. Setiap berpindah dari satu tahap ke tahap cerita berikutnya, anime ini seperti mendadak banting setir, memberikan pesan dan kesan yang sama sekali berbeda dari yang baru saja diberikan sebelumnya. Hal yang digambarkan buruk mendadak kemudian digambarkan sebagai sesuatu yang baik. Tokoh yang sebelumnya apatis kini tiba-tiba peduli dengan segalanya. Ini mungkin bisa dipahami sebagai variasi yang menyajikan pengalaman baru setiap kalinya, tetapi bagi sebagian orang pengalaman-pengalaman tersebut akan terasa hampa. Meski mereka bisa menghargai perkembangan cerita yang tidak terduga, pada saat yang sama penonton juga akan merasa tidak puas, bahkan kebingungan, sehingga kecuali bagian komedinya yang selalu membuat tertawa, emosi lain seperti rasa haru dan kagum yang anime ini coba sampaikan tidak pernah mampu mencapai hati penonton.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Adegan-adegan aksinya menyajikan animasi yang lancar dan dinamis. Sementara, pada adegan-adegan yang lebih 'damai', anime ini memberi kesan artistik dengan sinematografi yang tidak biasa seperti close-up hanya untuk sebagian tubuh para tokohnya atau sudut pandang yang fixed dengan angle yang lebar tanpa menempatkan tokoh-tokoh tersebut sebagai fokus utamanya. Mungkin tidak sampai setara dengan Araragi Koyomi dan gadis-gadisnya, tetapi dunia di sekitar Tsukuyomi Sasami tetap merupakan sebuah dunia yang menarik untuk dilihat.

- Karakter:
Seperti yang disebutkan sebelumnya, kesan yang diberikan anime ini dari satu tahap ke tahap cerita berikutnya selalu berubah-ubah. Hal ini juga berlaku pada para tokohnya, termasuk Sasami sendiri yang terus berganti dari tidak ingin berusaha menjadi ingin berusaha lalu kembali lagi. Akibatnya, mereka menjadi lebih misterius daripada yang semestinya. Hingga akhir serial, penonton tidak pernah akan mampu mengenal siapa mereka yang sebenarnya. Namun beruntung, dengan plot yang dipersiapkan dengan baik, para tokoh tersebut juga setidaknya memiliki latar belakang, peran, motif, serta tujuan dalam cerita yang jelas. Maka meski kemudian cara penggambaran mereka tidak konsisten, secara garis besar para tokoh di anime ini sudah memiliki wujud yang bisa dikatakan utuh.

- Overall Score:
Dengan variasi yang luas, anda hampir tidak bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya di anime ini. Namun daripada merasa takjub, anda mungkin justru akan kebingungan karenanya. Ini bukan tentang ceritanya, melainkan tentang apa yang sebenarnya anime ini ingin anda rasakan darinya. Ketika anda baru mulai menangkap suatu kesan dari anime ini, berikutnya dia mendadak memberi kesan yang berbeda, lalu ketika anda coba menyesuaikan pemahaman anda, selanjutnya dia memberi kesan yang lain lagi. Rasanya seperti mengikuti banyak versi cerita yang hanya dipaksakan memiliki setting dan susunan tokoh yang sama. Dengan visual yang bagus dan karakterisasi yang cukup, anime ini masih menarik untuk disaksikan, tetapi selain dari sisi komedi dan sedikit informasi seputar mitos serta legenda di Jepang, anda mungkin tidak bisa menikmati ceritanya sebanyak yang anda harapkan. Nilai 8 dari 10 (Emotionally confusing)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar