Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 28 Juni 2013

KOTOURA-SAN

- Judul: 琴浦さん (Kotoura-san)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2013)
- Genre: Comedy; Romance; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Suggestive themes)
- Sinopsis:
Sejak lahir, Kotoura Haruka memiliki kemampuan untuk membaca isi pikiran orang lain. Namun tidak mengerti dengan kelebihannya sendiri, dia menganggap isi pikiran tersebut sama dengan ucapan mereka dan mengungkapkannya, meskipun itu seharusnya sesuatu yang ingin mereka rahasiakan. Akibatnya, dia kemudian disebut sebagai pembohong, ditinggalkan oleh teman-temannya, dan bahkan sampai tidak diakui oleh ibu kandungnya, sehingga selama bertahun-tahun kehidupan Kotoura hanya penuh dengan penderitaan. Pada saat masuk SMU, dia dengan pasrah sudah siap menjalani hari-harinya sendirian, tetapi tiba-tiba saja, dia lalu bertemu dengan Manabe Yoshihisa, seorang pemuda yang mampu menerima keunikannya apa adanya dan juga tulus membelanya di hadapan orang lain. Membantunya untuk kembali menemukan rasa percaya diri, Kotoura sangat bahagia kini ada Manabe di sampingnya, meski sebagian besar isi pikiran pemuda itu ternyata merupakan fantasi erotis tentang dirinya.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Daripada tentang kekuatan psikis, anime ini sebenarnya lebih tentang kisah drama seorang gadis remaja yang diasingkan oleh orang-orang di sekitarnya karena dianggap 'berbeda'. Sayangnya, begitu anime ini mengesampingkan sisi supernaturalnya menjadi sesuatu yang tidak terlalu memiliki dampak dalam cerita, hanya sebagai contoh salah satu jenis problematika yang mungkin terdapat pada seorang remaja, anime ini pun segera kehilangan ciri khas yang akan menjadikannya unik jika dibandingkan anime lain. Ini bukan berarti bahwa ceritanya kemudian menjadi tidak menarik. Drama kehidupan Kotoura tetap merupakan sebuah kisah yang menyentuh. Hanya saja, penonton tentu mengharapkan suatu bumbu yang baru sehingga menyaksikan anime ini akan terasa sebagai pengalaman yang benar-benar baru pula. Namun anime ini tidak pernah berhasil menyediakannya. Setelah masalah Kotoura terselesaikan pada beberapa episode awal, anime ini kemudian cuma tentang bersenang-senang, mungkin dengan sedikit turbulance yang itu pun tampaknya ditulis setengah hati. Tidak ada sesuatu yang belum pernah penonton lihat sebelumnya. Dan karena sisi komedi dan romance juga sepertinya bukan merupakan tujuan awal anime ini, bagian ceritanya pun tidak mampu naik dari tingkat yang biasa-biasa saja.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi di anime ini tidak istimewa, tetapi setidaknya, dia selalu berhasil menyalurkan dengan baik apa yang ingin disampaikan oleh anime ini, yang paling jelas terlihat pada sisi komedinya. Wajah mesum Manabe, atau cara salam yang aneh dari gaya karate Moritani -- hal-hal kecil seperti ini mungkin terasa sederhana, tetapi pasti akan mampu menjadikan hari-hari penonton sedikit lebih ceria setiap kali.

- Karakter:
Karakterisasi Kotoura didokumentasikan dengan sangat baik. Mulai dari kepolosannya sebagai anak-anak yang mengungkap rahasia semua orang, rasa bersalahnya ketika ditinggalkan kedua orangtuanya, kesedihannya saat dikhianati teman-teman baiknya, dan bahkan hingga keputus asaannya karena dijauhi oleh orang-orang di sekitarnya -- semua hal tersebut bisa dengan mudah segera dipahami penonton, dan terlebih lagi, menggambarkan secara tepat apa yang mungkin terjadi di masyarakat.
Di sisi lain, karakter dari tokoh-tokoh yang pendukung tidak dijelaskan cukup dalam. Reaksi positif Manabe terhadap kekuatan Kotoura butuh semacam alasan, sementara ambisi Mifune untuk memanfaatkan Kotoura demi mencapai tujuannya terasa agak dipaksakan. Namun meski demikian, paling tidak mereka semua, termasuk Murota dan Moritani, telah diberikan latar belakang yang masuk akal untuk terus berada di sekeliling Kotoura.

- Overall Score:
Dramanya menyentuh, tetapi tidak bertahan lama. Komedinya lucu, tetapi tidak cukup banyak. Romantismenya manis, tetapi tidak ada yang istimewa. Apakah anime ini menghibur? Ya, dalam hal itu, review ini bisa menjaminnya. Hanya saja, jangan mengharapkan sesuatu yang baru. Setiap aspek dari anime ini adalah sesuatu yang sudah pernah anda lihat. Meskipun kemudian, sebagaimana yang ditunjukkan anime ini, juga tidak harus berarti bahwa itu merupakan hal yang buruk. Nilai 8 dari 10 (Good, but nothing special)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar