Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 03 Mei 2013

MAOYUU MAOU YUUSHA

- Judul: まおゆう魔王勇者 (MAOYUU Maou Yuusha)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Januari 2013)
- Genre: Fantasy; Supernatural; Action; Romance; Comedy;
- Episode: 12
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Suggestive Pictures)
- Sinopsis:
Setelah perang selama lima belas tahun tanpa pernah ada satu pihak yang lebih unggul, seorang Yuusha dari dunia manusia akhirnya berhasil menembus masuk hingga ke ibukota dunia iblis dan menghadapi sang Maou di istananya. Namun, ternyata Maou adalah seorang wanita cantik yang menyambutnya dengan ramah, dan daripada bersiap bertarung, dia justru menunjukkan kepada Yuusha bahwa para iblis bukanlah makhluk jahat yang harus dia basmi. Kemenangan di satu pihak hanya akan berarti penderitaan di pihak yang lain, maka setelah kini dia sadar bahwa tidak ada yang pantas menderita, Yuusha pun kemudian setuju untuk membantu Maou mengakhiri perang dalam cara yang akan menguntungkan semua orang.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Maou dan Yuusha. Dunia iblis dan dunia manusia. Dua sisi yang seakan ditakdirkan untuk selalu berlawanan di setiap cerita fantasi. Bisakah keduanya suatu saat berdamai? Dan kalau bisa, bagaimana cara mencapainya? Memang, pertanyaan-pertanyaan ini bukan belum pernah ditanyakan. Namun bila kebanyakan anime lain (jika bukan semuanya) menjawabnya dengan terlalu sederhana hingga terasa sangat dipaksakan, atau bahkan terlalu mengada-ada hingga terasa begitu konyol, anime ini mampu memberikan jawaban secara tegas dan lengkap dengan argumen-argumen yang masuk akal. Politik, militer, dan juga ekonomi -- anime ini menganalisa masalah dari berbagai sisi dan memberikan ide-ide yang cukup menarik untuk dipikirkan. Dia tidak sampai mengajak siapapun agar setuju dengannya, apalagi sampai menyarankan bahwa ide-ide tersebut sebaiknya dipakai di dunia nyata, tetapi paling tidak, anime ini sanggup untuk membuat penonton untuk ikut meyakini dengan tulus bahwa, ya, dunia iblis dan dunia manusia suatu saat bisa berdamai.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Animasi pada anime ini bukan yang paling mendetil, sebab terkadang pergerakan para tokoh di dalamnya terlihat kaku dan aneh. Namun itu bukan kemudian berarti bahwa visualnya tidak bagus. Dari gambar latar yang bergaya lukisan pastel minyak untuk memberi nuansa abad pertengahan hingga efek sihir yang cukup berkesan meski jumlahnya tidak banyak, anime ini masih sanggup menghibur para penggemar kisah fantasi supernatural. Dan, oleh karena cerita yang lebih sering tentang membuat strategi dan bernegosiasi, kombinasi dengan voice-acting yang baik menjadikan anime ini tetap terasa memuaskan pada bagian-bagian yang terpenting.

- Karakter:
Anime ini berusaha mendobrak stereotipe yang ada, dan indikasi akan hal ini paling jelas terlihat pada bagaimana dia menamai para tokohnya hanya dengan Maou atau Yuusha. Secara tidak langsung, ini bagaikan sebuah pernyataan bahwa Maou dan Yuusha di anime ini tidak akan sama dengan Maou dan Yuusha yang biasanya diketahui. Hebatnya, penggunaan gelar-gelar yang begitu umum tersebut tidak kemudian menjadikan mereka tidak memiliki cukup kepribadian. Latar belakang, motif, serta impian, dan juga peran mereka di dalam jalan cerita -- setiap karakter ditulis dengan baik, bahkan mungkin lebih baik daripada anime lain yang menggunakan nama untuk menjadikan para tokohnya memorable. Bukan mustahil bahwa kali berikutnya penonton mendengar istilah Maou atau Yuusha, yang segera muncul di dalam benak adalah seorang wanita pandai bergaun merah yang menemukan teknik paling efektif untuk meningkatkan agrikultur di daerah dingin, atau seorang pria berkekuatan besar dengan sihir teleportasi yang membasmi ketidak adilan dari balik layar.

- Overall Score:
Perang tidak boleh berakhir begitu saja, karena hanya akan menyebabkan penderitaan yang baru, namun seandainya bisa meniadakan alasan di balik perang tersebut secara bertahap, bahkan dunia iblis dan dunia manusia pun dapat berdamai dalam kesejajaran. .... Ini adalah pernyataan yang berani, terutama untuk kisah fantasi yang biasanya melihat manusia sebagai wakil kebaikan dan iblis sebagai wakil kejahatan. Memang, sudah ada banyak cerita yang lebih dulu menyarankan bahwa manusia tidak sebaik yang dipikirkan dan iblis tidak sejahat yang diyakini, tetapi jika mereka biasanya cuma berkisar pada level individu, dengan ide-ide yang menarik dan argumen yang masuk akal, anime ini akan mampu membuat anda mulai percaya bahwa perdamaian secara keseluruhan juga bisa tercapai. Thought-provoking, firmly argumentative, and well written, it's a solid 9 out of 10 (Recommended!!)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar