Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 25 Januari 2013

ACCEL WORLD

- Judul: アクセル・ワールド (Accel World)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Action; SciFi; Romance;
- Episode: 24
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Suggestive Pictures)
- Sinopsis:
Di masa depan setiap orang dapat mengakses internet kapan saja dan di mana saja berkat sebuah alat yang disebut Neuro Linker. Meski demikian, masyarakat masih ingin mempertahankan beberapa kebiasaan lama, seperti belajar bersama di sekolah dan di kelas, tetapi sayangnya, penyakit lama semacam bullying ternyata juga ikut bersamanya. Sebagai korban bullying, Arita Haruyuki menemukan pelariannya di dunia maya, di mana dia bisa menjadi lebih cepat dan lebih hebat dari siapapun. Di sana jugalah dia akhirnya bertemu dengan sang Wakil Ketua OSIS, Kuroyukihime, yang kemudian memperkenalkannya pada Brain Burst, sebuah program yang mempercepat kerja otak hingga seribu kali dan menciptakan dunia baru di mana waktu seolah berhenti, Accelerated World.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Menyajikan beberapa aspek sekaligus, anime ini memiliki kompleksitas yang mampu menjadikan ceritanya senantiasa menarik. Jika bukan tentang hubungan canggung antara Haruyuki dengan Takumu dan Chiyuri, penonton masih akan dihibur oleh persaingan brutal para Burst Linkers di Accel World. Namun, barangkali anime ini akhirnya terlalu kompleks untuk kebaikannya sendiri. Ada terlalu banyak informasi baru mengenai dunia baru yang tidak familiar yang disodorkan terlalu cepat kepada penonton sehingga terdapat hal-hal detil yang membingungkan atau bahkan inkonsisten. Berapa banyak Burst Point yang hilang saat Burst Linker kalah atau yang diperoleh saat menang? Mengapa Burst Linker yang tidak ikut dalam pertarungan tetap bisa mempengaruhi pertarungan? Mengapa ada sebagian Burst Linker yang mendapatkan bonus saat naik level dan ada sebagian yang tidak? Apa yang akan sebenarnya akan terjadi jika seseorang kehilangan program Brain Burst? Menggunakan istilah-istilah game MMO yang asing, sekilas hal-hal yang tidak jelas ini hanya akan tampak sebagai sesuatu yang memang sulit dipahami, tetapi jika diperhatikan lebih seksama, bukan penonton yang kurang mampu menangkap maksudnya, melainkan memang anime ini yang sepertinya telah melakukan kesalahan-kesalahan mendasar.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini memiliki penggabungan antara animasi 2D dan 3D yang sangat bagus, tetapi yang paling patut diacungi jempol adalah animasi 2D-nya, begitu bagus sehingga terkadang terlihat hampir seperti animasi 3D. Hal ini mampu mempertahankan nuansa program dan grafis komputer dari sebuah game MMO, sambil memperkecil atau bahkan hingga meniadakan gap yang mungkin muncul saat ingin menampilkan transisi dari dunia maya ke dunia nyata. Dalam bidang audio, musik latar yang tepat berhasil mendukung dan memperjelas emosi yang terdapat di dalam cerita anime ini.

- Karakter:
Fisik yang lemah dan mental yang hancur, Arita Haruyuki adalah salah satu tokoh utama yang paling menyedihkan di anime. Namun bagi dunia di mana pikiran dan impian adalah kekuatan yang menentukan segalanya, dia juga merupakan satu-satunya karakter yang sesuai untuk memperlihatkan makna sesungguhnya dari Accel World. Hanya saja, dalam pengembangannya, anime ini melakukan kesalahan dengan memperlihatkan proses pertumbuhan Haruyuki dari inferior menjadi superior, dari seseorang yang menyedihkan menjadi seseorang yang istimewa lebih dari satu kali. Memberinya tantangan berat untuk dilalui memang bisa dimengerti, tetapi jika Haruyuki mesti digambarkan kembali jatuh ke titik terendah karenanya ... anime ini seperti terlalu memaksa cuma supaya penonton sekali lagi merasa kasihan kepada Haruyuki.
Di sisi lain, satu keunggulan yang harus disebutkan dalam anime ini adalah evolusi hubungan antara Haruyuki, Takumu, dan Chiyuri. Ini merupakan sebuah kisah drama yang dipersiapkan dengan baik dan menyatu dengan pandai dalam cerita utama. Bahkan, bisa dikatakan bahwa kisah mereka lebih lengkap daripada cerita utama tersebut.

- Overall Score:
Visual yang sangat bagus, karakter yang menyentuh hati penonton, dan juga kisah yang menggugah--sebenarnya anime ini sudah memenuhi semua kriteria. Namun, settingnya tidak dipersiapkan dengan baik sehingga saat ceritanya berjalan, lubang bermunculan di sana-sini, dan ketika berusaha menutupinya, anime ini begitu saja menggunakan hal-hal yang tidak jelas atau bahkan kontradiktif. Dalam segi hiburan, anime ini memang merupakan salah satu yang terbaik, tetapi sebagai karya seni, dia masih memiliki kekurangan. Nilai 8 dari 10 (Contradicting details)


DVD@Amazon:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar