Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 18 Januari 2013

JOSHIRAKU

- Judul: じょしらく (Joshiraku)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2012)
- Genre: Comedy;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm) and Mild Eroticism (Indecent Pictures)
- Sinopsis:
Rakugo, sebuah pertunjukan komedi tradisional di Jepang, di mana para performer tampil di atas panggung secara bergiliran dan menyampaikan lelucon mereka sambil duduk bersimpuh dalam gaya sandiwara satu orang. Ketika tidak sedang tampil, Marii, Tetora, Gankyou, Kigurumi, dan Kukuru--lima orang performer perempuan atau Joshiraku berkumpul di sebuah ruang ganti dan mengobrol tentang berbagai macam hal.



Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Apa yang dilakukan para comedian setelah turun dari panggung? Jika mengacu pada anime ini, mereka menjadi bahkan semakin lucu lagi. Mereka membahas segala macam hal dengan seenaknya, seperti ucapan alternatif untuk "Trick or treat" saat Halloween atau cara mengatasi udara panas saat musim panas, dan membesar-besarkan masalah sehari-hari yang sederhana, semisal sakit gigi atau model pakaian renang sekolah. Namun meski anime ini bukan yang pertama menggunakan obrolan ringan sebagai media komedinya, ada yang terasa sangat unik, dan dengan setting 'belakang panggung', barangkali anime ini memang bermaksud menggambarkan dirinya sebagai komedi yang berbeda dari yang biasa kita temui. Sebuah komedi yang tidak terkurung pada tipe tertentu, mencakup luas mulai dari satir, parodi, dan bahkan hingga lelucon yang sama sekali tidak masuk akal. Sebuah komedi dengan tema yang berubah-ubah namun selalu mengalir lancar. Anime ini memperkenalkan sebuah jenis komedi baru yang jauh lebih longgar dan lepas, tetapi senantiasa kuat dalam substansi.
Sayangnya, walaupun temanya berubah-ubah, objek komedi anime ini hanya terbatas tentang negara Jepang. Cara membaca dan menulis huruf kanji, perbandingan nama-nama tempat umum, wajah dan track record para politisi--anime ini mengharuskan penontonnya untuk tidak sekadar mengerti Bahasa Jepang, tetapi juga mengenal kebudayaan, kehidupan sosial, dan bahkan keadaan politik di Jepang. Sifat yang tidak universal ini tidak sampai menurunkan kualitas komedinya, namun jelas merupakan hambatan besar bagi mereka yang cuma ingin mencari alasan untuk tertawa.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Voice-acting yang sempurna!! Dan dengan bentuk komedi yang berupa obrolan ringan, anime ini sadar bahwa kualitasnya memang tidak boleh kurang daripada sempurna. Karakter suaranya sangat tepat untuk masing-masing tokoh, mulai dari Kukuru yang pemurung hingga Marii yang aktif, menjadikan karakterisasi mereka semakin jelas, berbeda antara satu dengan yang lainnya. Setiap kata dan kalimat diucapkan dengan alami sehingga tidak pernah ada yang terdengar seperti hanya sedang membaca naskah, dan hal ini terasa sangat istimewa sebab pada beberapa segmen para tokohnya tampil di atas panggung dan dengan sengaja memang dibuat terdengar seperti sedang membaca naskah. Sekali lagi, sempurna!!

- Karakter:
Para tokohnya bukanlah tokoh-tokoh yang dikembangkan secara mendalam. Selain karakterisasi dasar, tidak banyak hal yang kemudian dijelaskan tentang mereka, termasuk mengapa nama mereka sebegitu tidak lazim. Namun, komedi di anime ini adalah tentang membahas sesuatu, maka karakterisasi yang terlalu dalam memang tidak dibutuhkan. Dengan kata lain, tugas mereka bukan untuk menjadi elemen penting dalam sebuah cerita, melainkan hanya untuk mewakili suatu sudut pandang yang mengamati suatu hal. Dan para tokoh ini melakukan tugas tersebut dengan sangat baik, menghasilkan sebuah jenis komedi yang unik di dalam dunia anime dan dengan kualitas tertinggi, meskipun mereka sendiri mungkin tidak akan pernah menjadi tokoh-tokoh yang populer.

- Overall Score:
Apakah anime ini menarik? Jawabannya adalah tergantung kepada setiap orang. Sifatnya yang sangat eksklusif seolah diperuntukan hanya bagi mereka yang sudah menghabiskan cukup banyak waktu dalam mempelajari Jepang. Apakah anime ini komedi yang bagus? Maka jawabannya adalah sudah pasti "ya". Kaya variasi, selalu segar, tidak terduga, dan presentasi yang sempurna adalah sedikit alasan mengapa anime ini menonjol di antara komedi-komedi lain. Oleh karena itu, review ini akan tetap merekomendasikan anime ini kepada anda, hanya saja demi kepuasan seutuhnya, mungkin sebaiknya anda memperluas pengetahuan terlebih dahulu. Nilai 9 dari 10 (Difficult, but hilarious nonetheless)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar