Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 04 Desember 2012

CAMPIONE! ~MATSUROWANU KAMIGAMI TO KAMIGOROSHI NO MAOU~

- Judul: カンピオーネ! ~まつろわぬ神々と神殺しの魔王~ (Campione! ~Matsurowanu Kamigami to Kamigoroshi no Maou~)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2012)
- Genre: Action; Supernatural;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Bloody Scenes) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Saat bermaksud mengembalikan sebuah batu prasasti ke Pulau Sardinia di Italia, Kusanagi Godou melihat untuk pertama kali wujud dewa yang sesungguhnya. Verthagna, Dewa Kemenangan dari Persia akan segera bertarung melawan Melgart, Dewa Pelindung Kota Tyre dari Phoenisia. Erica Brandelli, seorang gadis ksatria dari organisasi rahasia Shakudou Kurojuuji (Copper Black Cross) ingin menghentikan mereka, tetapi dia tidak berdaya di hadapan kekuatan dewa, dan ketika nyawanya dalam bahaya, Godou akhirnya melibatkan diri. Ternyata salah satu kekuatan Verthagna tersegel di dalam batu prasasti tersebut, maka dia menggunakannya melawannya, membunuhnya, dan kemudian merebut kekuatannya. Sejak saat itu, Godou pun memperoleh gelar sebagai sang pembunuh dewa, Campione yang ketujuh.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Ini mungkin adalah anime yang paling dalam mengangkat dunia mitologi dari berbagai kebudayaan sekaligus. Caranya yang mencampur adukkan mitos dan legenda barangkali akan terdengar aneh bagi sebagian orang (I mean, dragons were actually misunderstood Athena!?) namun pencampuran ini tidak dilakukan asal-asalan. Masih ada cukup pengetahuan dasar mengenai asal-usul serta atribut dari dewa-dewa dan makhluk-makhluk ajaib untuk menjadikan setting ceritanya setidaknya memiliki bentuk yang pasti. Dan setting tersebut sungguh luar biasa, terutama bagi anime bergenre action seperti ini. Ada berlimpah penyebab munculnya konflik, apakah itu dewa melawan dewa, dewa melawan Campione, Campione melawan Campione, ataukah para ksatria dari organisasi rahasia yang melibatkan diri dalam semuanya itu. Tidak ada satu episode yang terlewatkan tanpa ada suatu pertarungan intens yang terjadi. Plotnya sendiri tidak istimewa, dengan seorang pemuda yang mendadak memperoleh kekuatan besar kemudian menggunakannya untuk melindungi dunia, dan ceritanya juga seperti tidak memiliki kerangka yang kuat, hanya berpindah dari satu masalah ke masalah berikutnya, tetapi bagian settingnyalah yang menjadi kekuatan anime ini, mampu memberi alasan kepada tokoh-tokohnya untuk bertarung dan terus bertarung tanpa penonton perlu bertanya-tanya mengapa mereka harus melakukannya.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Memang masih ada yang lebih baik, tetapi itu tidak kemudian berarti bahwa animasi di anime ini kalah indah. Kecepatan gerakan para tokohnya bisa terlihat, dan kedahsyatan dari kekuatan magis mereka bisa terasa jelas. Berapa banyak anime lain yang berani memperlihatkan Menara Tokyo yang runtuh? Atau Colosseum yang dihancurkan? Bagian audionya juga sangat mendukung. Sound effect-nya selalu sempurna, namun mungkin yang paling menonjol adalah voice-acting-nya. Cara mereka merapal mantra sebelum menggunakan suatu sihir terdengar seperti hitungan mundur sebelum peluncuran roket luar angkasa. Just exciting! Menyadari penuh unsur action sebagai keunggulan utamanya, anime ini tidak ragu-ragu untuk menjadikan dirinya benar-benar seru.

- Karakter:
Meski kemudian menjadi alasan yang terasa hanya dibuat-buat, sebagian besar karakter gadisnya memiliki latar belakang dan motif yang jelas untuk setidaknya pertama kali terlibat dengan Godou. Dengan Ena sebagai pengecualian, mereka semua dipersiapkan dengan cukup baik sehingga mendapatkan peran yang solid di dalam keseluruhan setting cerita. Hal yang sama juga terdapat pada karakter utama, Kusanagi Godou. Anime ini adalah tentang seorang superhero yang tidak akan pernah berhenti melindungi manusia dari berbagai macam bahaya yang disebabkan oleh para dewa, dan sifat Godou yang pasif sangat pas untuk peran tersebut. Tanpa adanya tujuan atau ambisi yang harus dipenuhi, dia membiarkan anime ini juga tanpa ending yang pasti, menjanjikan lebih banyak lagi pertarungan bahkan setelah semua episodenya habis.

- Overall Score:
Apakah anda menyukai mitologi tentang para dewa? Ataukah anda seperti seseorang dari Sparta yang senang membunuh mereka? Maka mungkin anime ini akan sangat sesuai bagi anda. Tidak adanya jalan cerita dengan ending yang pasti mengecilkan makna aksi-aksinya sendiri, tidak ada pertarungan yang terlalu penting sebab kita tahu akan selalu ada pertarungan yang berikutnya, tetapi dalam hal visualisasi dan setting cerita, semua pertarungan di anime ini benar-benar terasa dahsyat dan agung. Nilai 8 dari 10 (Divinely polished)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6
Volume 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar