Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 07 Desember 2012

UPOTTE!!

- Judul: うぽって!! (Upotte!!)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2012) / Web (April 2012)
- Genre: Comedy; Action;
- Episode: 10
- Rating: Strong Eroticism (Occasional Nudity and Suggestive Pictures)
- Sinopsis:
Para murid dan guru di Akademi Seishou bukanlah murid dan guru biasa. Mereka sebenarnya adalah senapan-senapan serbu yang datang dari seluruh penjuru dunia, seperti Funko (FNC) yang berasal dari Belgia, Ichiroku (M16A4) dari AS, Shigu (SG550) dari Swiss, dan Eru (L85A1) dari Inggris. Selama ini, mereka menjalani kehidupan bersekolah sebagaimana layaknya senapan serbu, namun kemudian pada suatu hari, seorang guru manusia ditugaskan mengajar di sana.


Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedi di anime ini punya momen-momen lucunya, tetapi jika dibandingkan dengan anime lain yang bergenre serupa, anime ini hanya berada pada level yang biasa-biasa saja. Dengan kata lain, komedi bukanlah fitur di anime ini yang akan mampu menarik perhatian penonton. Lebih sering, anime ini justru mengandalkan informasi yang mendetil, bagaikan film dokumenter yang berusaha menjelaskan serinci mungkin jenis-jenis senapan serbu yang menjadi latar belakang para karakternya, mulai dari asal negara, spesifikasi, dan bahkan hingga sejarah mereka. Tidak cukup cuma menyebutkan kalau Ichiroku adalah M16 milik AS, anime ini juga ingin memberitahukan bahwa dia punya jarak tembak efektif sejauh 300 meter, mudah dibongkar dan dirakit ulang untuk menambahkan aksesori semacam Dot Sight, dan sudah pernah dimodifikasi sebanyak tiga kali sejak pertama digunakan saat Perang Vietnam. Namun siapa yang membutuhkan penjelasan sebanyak ini? Siapa yang berminat untuk mengetahui jenis peluru atau panjang laras suatu senapan serbu? Barangkali para enthusiast, namun bagi penonton yang lebih awam, anime ini selalu hanya akan menjadi anime dengan komedi yang standar, setting yang membingungkan, dan jumlah informasi yang sedikit terlalu berlebihan.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Meskipun mungkin hanya mengisi sepertiga bagian dari keseluruhan anime ini, adegan-adegan pertempuran masih menjadi highlight dari audio dan visualnya. Animasi ledakan, pecahan benda-benda saat terkena peluru, dan gelegar bunyi tembakan--semua disajikan dengan sangat baik sehingga walau tidak pernah benar-benar serius, pertempuran-pertempuran tersebut tetap terasa seru. Anime ini juga menjaga setiap pertempuran senantiasa segar dengan mengganti medannya, mulai dari di dalam hutan hingga di tengah kota, lalu dengan strategi yang harus terus disesuaikan, para karakternya seolah menghadapi pertempuran yang sesungguhnya, karena daripada hanya menghadapi musuh di sisi seberang, mereka juga mesti memikirkan keadaan sekeliling, menjadikan anime ini bahkan semakin seru.

- Karakter:
Setiap senapan serbu memiliki karakteristik tertentu, dan tidak ada yang berhasil menunjukkan hal tersebut lebih jelas daripada anime ini. Caranya yang pandai dalam menggambarkan fitur-fitur senapan serbu sebagai kepribadian seseorang tidak cuma berhasil menciptakan beberapa karakter yang cukup unik, tetapi juga menarik untuk dilihat dan dapat menjadi alat pembelajaran yang efektif. Namun sayangnya, hal ini juga berarti bahwa penonton secara spontan akan selalu merelasikan para karakter tersebut dengan senapan serbu yang mendasarinya, daripada menganggap mereka sebagai karakter tersendiri. Kita tidak akan pernah melihat Funko sebagai seorang gadis, tetapi hanya sebagai perwujudan dari FNC. Latar belakangnya, sifat-sifatnya, dan bahkan hubungannya dengan orang lain semua berdasar pada FNC, sehingga dia tidak pernah benar-benar bisa menjadi karakter dengan ceritanya sendiri.

- Overall Score:
Anime komedi yang bertema senapan serbu? Atau film dokumenter tentang senapan serbu yang berbalut anime? Sayangnya, yang disebutkan terakhir adalah cara yang paling tepat untuk menggambarkan anime ini. Dari cerita hingga karakternya, anime ini lebih cenderung hanya berusaha menjelaskan kepada anda tentang senapan serbu, daripada ingin berkisah mengenai sesuatu. Maka kecuali anda juga melihat senapan serbu lebih dari sekadar senjata, anime ini masih terlalu standar. Nilai 7 dari 10 (Just for certain viewers)


DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar