Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Selasa, 27 November 2012

KONO NAKA NI HITORI, IMOUTO GA IRU!

- Judul: この中に1人、妹がいる! (Kono Naka ni Hitori, Imouto ga Iru!)
- Judul Alternatif: NakaImo; My Little Sister is Among Them!
- Tipe: TV (Juli 2012)
- Genre: Comedy; Harem; Mystery;
- Episode: 12
- Rating: Strong Eroticism (Frequent Nudity)
- Sinopsis:
Meskipun Mikadono Shougo segera diproyeksikan sebagai pemimpin Mikadono Group berikutnya, ternyata mendiang ayahnya memberi satu syarat tambahan, yaitu bahwa dia sudah harus menemukan pasangan hidup sebelum lulus SMU. Maka, demi memenuhi syarat tersebut Shougo kemudian pindah ke Akademi Miryuuin, tetapi baru saja akan mulai mencari gadis idamannya, seorang gadis misterius tiba-tiba menghubungi Shougo  dan mengaku sebagai adik perempuannya yang juga bersekolah di Miryuuin.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Harem dan misteri. Siapa yang pernah menyangka bahwa akan datang hari ketika keduanya menyatu? Akan tetapi, memang hal itulah yang dilakukan anime ini, dan hingga batas tertentu, bisa dikatakan bahwa dia berhasil. Jelas bukan misteri yang paling bagus, terutama dengan pengalihan perhatian dan tipuan yang sedikit terlalu banyak dan oleh alasan-alasan yang sangat sederhana, namun ceritanya masih memiliki elemen who-did-it yang diperlukan untuk membuat penonton penasaran. Mengumpulkan informasi sedikit demi sedikit, mengeliminasi kemungkinan satu-persatu--cara bercerita yang cukup pandai yang mengikuti penyelidikan Shougo dan Ikusu juga menjadikan anime ini benar-benar terasa layaknya kisah misteri, daripada sekadar tentang seorang pemuda baik hati yang tiba-tiba saja menemukan dirinya dikelilingi oleh gadis-gadis cantik. Memang, anime ini tetap adalah harem-ecchi yang penuh dengan momen canggung yang dipaksakan, tetapi setidaknya dia juga menggunakan alat lain untuk menarik penontonnya, sebuah alat yang memberi cukup penghargaan kepada kemampuan berpikir kita.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Jenis suara pada voice-acting untuk karakter Sagara Mei terasa sangat tidak sesuai, bahkan meski sambil mengingat bahwa dia hanyalah karakter di dalam anime. Dia terdengar lebih seperti anak SD atau mungkin SMP, daripada seorang gadis yang seharusnya akan segera lulus SMU dalam beberapa bulan. Mungkin, anime ini terlalu jauh membiarkan dirinya terperangkap pada istilah "Imouto" (adik perempuan) sehingga ketika salah seorang karakter ternyata lebih tua daripada Shougo, dia lalu berusaha terlalu keras untuk membuatnya terdengar lebih muda.

- Karakter:
Membahas terlalu banyak karakter-karakternya berarti mengungkap misteri di anime ini, tetapi boleh disebutkan bahwa anime ini masih menderita masalah yang sama dengan anime harem lain dengan karakter para gadis yang kurang bervariasi. Masing-masing diberikan sifat dasar atau latar belakang yang berbeda, seperti Miyabi yang tomboi dan Rinka yang dibesarkan dengan aturan ketat, namun semua hal tersebut terasa tidak penting, nyaris tidak bermakna apa-apa pada peran mereka di dalam cerita. Seharusnya masih ada pengecualian pada karakter semisal Sagara Mei. Sikapnya yang lebih tenang dan motifnya yang tidak egois terlihat sedikit unik di antara para gadis lain, tetapi dengan keterlibatan yang terlalu singkat di dalam cerita, dia pun tidak sanggup berbuat banyak untuk mengubah atmosfir monoton di keseluruhan anime ini.

- Overall Score:
Siapa yang adik perempuan? .... Anime ini mengajukan pertanyaan baru dalam genre harem, sebuah pertanyaan yang benar-benar mampu mengundang anda untuk mencari tahu jawabannya. Mungkin untuk pertama kalinya, anda akan dengan tulus peduli siapa yang akan menjadi pasangan si tokoh utama dan siapa yang tidak. Anime ini masih merupakan harem-ecchi yang selalu anda kenal, tetapi kali ini ada rasa baru yang cukup segar untuk menggantikan rasa hambar yang terlalu lama membayangi genre ini. Nilai 7 dari 10 (Unlikely, but decent enough mystery)



DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar