Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 02 November 2012

BINBOUGAMI GA!

- Judul: 貧乏神が! (Binbougami ga!)
- Judul Alternatif: -
- Tipe: TV (Juli 2012)
- Genre: Comedy; Action;
- Episode: 13
- Rating: Mild Violence (Physical Harm and Animated Blood) and Strong Eroticism (Occasional Nudity)
- Sinopsis:
Berkat keberuntungannya yang berlimpah, Sakura Ichiko memiliki semua hal yang diinginkan seorang gadis: kekayaan, kecantikan, dan bahkan juga kepandaian. Namun keberuntungan tersebut bukan datang dengan sendirinya, melainkan terhisap dari orang-orang di sekitar Ichiko, dan akibatnya justru menyebabkan kemalangan kepada mereka. Untuk menghentikan ketidak adilan ini dan mengembalikan keberuntungan ke pemilik yang sebenarnya, Momiji sang Dewa Kemiskinan lalu diutus ke dunia manusia, tetapi apapun alasannya, Ichiko menolak menyerahkan begitu saja kehidupannya yang selama ini terasa begitu menyenangkan.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Meskipun temanya yang mengangkat keberuntungan sebagai fokus utama adalah termasuk unik, anime ini kurang beruntung (pun intended) untuk langsung dibayangi oleh beberapa prasangka. Plotnya yang menampilkan dua karakter yang saling memperebutkan suatu jenis kekuatan terasa sudah lazim dan terlalu sederhana, seketika menyerupai sebuah film kartun di mana seorang hero atau heroine harus terus bertempur melawan seorang tokoh antagonis yang keras kepala di setiap episodenya. Sudah ada banyak anime lain yang gagal menggabungkan komedi slapstick dan parodi sebelumnya, maka ketika anime ini sepertinya juga menggunakan kombinasi yang sama, sulit untuk tidak memprediksikannya akan berisi lelucon-lelucon yang buruk serta dipaksakan. Namun beruntung (pun still intended), anime ini segera membuktikan bahwa semua prasangka tersebut salah. Daripada sekadar pertarungan tanpa henti, dia memiliki sebuah cerita tentang persahabatan dan sekaligus persaingan yang cukup dalam, belum tersusun dengan baik tetapi tampaknya sudah menjadi tujuan utama anime ini sejak awal, bukan cuma asal-asalan ditambahkan kemudian. Komedinya juga jauh lebih baik dengan lelucon-lelucon yang bervariasi, sementara slapstick dan parodinya sendiri laksana bumbu yang digunakan dalam kadar dan saat yang tepat. Memulai dengan kurang meyakinkan, anime ini berakhir sebagai salah satu komedi terbaik.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Anime ini bukan battle anime, tetapi bagian action-nya tetap menggunakan animasi yang terlihat cukup lancar. Sementara pada bagian komedi, pose karakter dan sinematografi yang tepat mengeluarkan elemen kelucuannya dengan maksimal. Namun, satu hal yang paling menonjol adalah voice-actingnya yang bersesuaian secara sempurna dengan para karakter, terutama dua karakter utama, Ichiko dan Momiji. Sebegitu bagusnya hingga perubahan emosi mereka terasa lebih hidup dan lebih mudah dimengerti melalui suara mereka daripada secara visual. Meski keduanya memang bukan karakter yang membutuhkan skill akting tinggi, penyatuan yang sempurna ini tetap merupakan pencapaian yang luar biasa.

- Karakter:
Karakter Ichiko dan Momiji adalah pasangan yang sempurna, match made in heaven, setidaknya untuk tujuan membuat komedi slapsticks. Momiji yang selalu iri dan banyak akal melawan Ichiko yang arogan dan kasar, terlihat jelas kalau keduanya diciptakan secara bersama-sama. Namun, kombinasi tersebut hanyalah salah satu keunggulan anime ini. Baik Ichiko maupun Momiji dipersiapkan dan dikembangkan dengan sangat baik. Bahkan sifat arogan Ichiko diberikan latar belakang, dan bukan hanya sekadar suatu fitur untuk mengimbangi Momiji. Lalu ketika kedua karakter ini kemudian saling mempengaruhi, ceritanya pun bisa ikut berkembang dari sesuatu yang sederhana menjadi sesuatu yang bermakna.

- Overall Score:
Slapsticks dan parodi. Sudah pernah ada anime yang coba memadukannya dan gagal total. Namun, anime ini membuktikan bahwa tidak harus seperti itu. Dengan manajemen dan variasi komedi yang baik, anime ini menjadikan dirinya contoh yang patut ditiru oleh anime lain dalam genre serupa. Lalu didukung dengan voice-acting yang bagus dan cerita berbasis karakter yang kokoh, anime ini adalah sebuah hiburan yang komplit. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


BD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar