Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.
Untuk berita-berita anime terbaru, kunjungi AOI Corner.

Blog ini masih terus dalam pengembangan untuk melengkapi koleksi animenya.

Jumat, 05 Oktober 2012

YURUMEITSU 3D

- Judul: ゆるめいつ3でぃ (Yurumeitsu 3D)
- Judul Alternatif: Yurumates 3Dei
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Comedy;
- Episode: 13 (@ 3 minutes)
- Rating: Relatively Safe
- Sinopsis:
Aida Yurume sudah hampir satu tahun sebagai Rounin, yaitu seseorang yang gagal masuk ke perguruan tinggi. Untuk bersiap mengikuti ujian berikutnya, dia pindah dari desanya ke sebuah gedung apartemen di pinggiran Kota Tokyo bernama Maison du Wish. Di sana dia kemudian bertemu dengan Sae, Kumi, dan Matsukichi, yaitu tiga orang sesama Rounin yang telah gagal selama bertahun-tahun.




Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Komedinya yang ala anak kos-kosan selalu segar, tidak terduga, dan tanpa basa-basi. Anime ini bahkan tidak menunggu untuk memperkenalkan empat karakter utamanya satu-persatu dan langsung mempertemukan mereka dalam cara dan situasi yang paling aneh. Durasi yang singkat berarti dia tidak memiliki gurauan sebanyak serial komedi yang lebih panjang, tetapi tingkat kreativitasnya menjanjikan variasi yang senantiasa mampu mencegah penonton dari merasa kekurangan. Pada setiap tema di setiap episodenya, komedi anime ini bisa berubah-ubah dari kesalah pahaman, screwball, hingga bahkan permainan kata, sedangkan cara penyampaian yang mengalir lancar menyamarkan jumlahnya yang sedikit ke dalam satu cerita yang utuh.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Sebagai komedi yang banyak bergantung pada dialog antar karakternya, voice-acting di anime ini memenuhi perannya dengan sangat baik. Baik dalam hal menggambarkan para karakter maupun menutup leluconnya dengan punchline, intonasi yang digunakan selalu tepat.

- Karakter:
Kombinasi empat tokoh utama di anime ini berhasil dengan sangat baik. Layaknya panel-panel di dalam manga yonkoma, masing-masing memiliki peran untuk mengantarkan komedinya dalam tahapan yang teratur: Yurume sebagai pembuka, Sae sebagai pengantar, Kumi sebagai klimaks, lalu Matsukichi sebagai penutup. Selain kreativitas dan voice-actingnya, pembagian peran yang benar-benar pas ini juga merupakan salah satu faktor yang memungkinkan komedinya selucu yang seharusnya.
Dalam hal karakterisasi, meski anime ini memang tidak pernah menjelaskan secara gamblang, melalui interaksi di antara mereka perbedaan karakter masing-masing dapat segera terlihat dengan sendirinya. Barangkali masih belum cukup untuk menjadikan mereka unik, tetapi setidaknya konsistensi dari episode ke episode menunjukkan bahwa karakter-karakternya dipersiapkan dengan baik.

- Overall Score:
Meski mungkin dibuat hanya sebagai pengisi sela-sela waktu di ujung-ujung jam, anime ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan serial komedi manapun. Dari variasi yang selalu segar hingga kombinasi karakter yang pas, anime ini mampu menjanjikan tawa setiap kali anda menontonnya. Bahkan, daripada kelemahan, durasinya yang singkat justru bisa menjadi solusi praktis untuk menceriakan hari anda kapan saja. Nilai 9 dari 10 (Recommended!)


DVD@Amazon:
DVD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar