Announcement

Selamat datang di AOI Casket!
Sebuah tempat di mana anime dilihat dengan antusias, ditelaah dengan seksama, dan kemudian dinilai dengan serius.

Jumat, 28 September 2012

NATSUIRO KISEKI

- Judul: 夏色キセキ (Natsuiro Kiseki)
- Judul Alternatif: A Summer-Colored Miracle
- Tipe: TV (April 2012)
- Genre: Slice of Life; Supernatural;
- Episode: 12
- Rating: Mild Eroticism (Rare Nudity)
- Sinopsis:
Demi mengurangi kesedihan karena harus mendadak pindah, Saki sengaja bersikap dingin dan akhirnya bertengkar dengan sahabatnya, Natsumi. Untuk mendamaikan keduanya, Yuka dan Rinko lalu mengajak mereka untuk berdoa pada sebuah batu besar di belakang kuil yang disebut-sebut dapat mewujudkan keinginan apapun jika diucapkan bersama-sama. Sayangnya, ternyata mereka berempat sulit menyamakan keinginan, tetapi ketika Rinko sempat berkata ingin terbang di langit, untuk sesaat mereka semua berbagi perasaan sama, dan tiba-tiba saja, mereka sudah melayang di udara. .... Hari itu adalah hari terakhir sekolah sebelum liburan, dan yang pertama dari banyak keajaiban di sepanjang musim panas.

Review:

- Cerita (Plot, Storyline, Storytelling, dll):
Jalan ceritanya yang datar-datar saja tanpa klimaks mungkin tidak akan terlalu menarik bagi sebagian besar orang. Namun, bukan berarti bahwa kualitas anime ini tidak bagus. Menjadikan setting musim panasnya sebagai yang terakhir sebelum salah satu karakter gadisnya pindah, plot anime ini sederhana tetapi sangat efektif. Kedekatan hubungan di antara Natsumi, Saki, Yuka, dan Rinko semakin jelas terlihat, dan setiap pengalaman yang mereka lalui bersama di setiap episode terasa lebih bermakna. Hanya saja, sayangnya, daripada menempatkan perpisahan mereka yang akan segera terjadi sebagai masalah utama, anime ini meletakkannya cuma di latar belakang sebagai alasan untuk memasukkan para karakternya ke dalam sekumpulan cerpen yang tersegmen dan sudah sangat familiar. Rasanya sudah terlalu sering kita menyaksikan tentang seorang remaja yang berpura-pura bersikap dingin karena tidak ingin menyakiti perasaan sahabatnya, ataukah tentang seorang gadis yang berusaha terlalu keras demi mencapai tujuannya. Sisi supernaturalnya memang mampu memberi sedikit bumbu, tetapi hal ini sama sekali bukan sesuatu yang baru. Dari menghilang ketika merasa ragu hingga membelah menjadi dua saat kewalahan dengan banyak kegiatan, semua peristiwa paranormal ini sudah teramat normal jika berada di dalam cerita tentang kehidupan satu atau beberapa orang gadis.

- Audio Visual (Art, Animasi, Voice Acting, dll):
Kualitas visual anime ini berada di posisi netral. Pada satu bagian cerita, dia memperlihatkan animasi yang begitu halus dan lancar ketika para karakternya sedang berdansa. Ayunan tangan mereka, putaran tubuh mereka, atau bahkan hingga ketika mereka tanpa sengaja terselip dan jatuh, sampai pada batas tertentu, gerakan-gerakan Natsumi, Saki, Yuka, dan Rinko tampak realistis. Anehnya, pada bagian cerita yang lain, anime ini seolah kebingungan dengan para karakternya sendiri. Dengan tinggi badan yang terkesan berubah-ubah, keempat gadis yang semestinya masih duduk di SMP tersebut sesekali tampak seperti sudah SMU, atau sebaliknya, justru seperti masih sebagai murid SD. Was this also some kind of a miracleOr maybe someone cast spell on my eyes ....

- Karakter:
Kombinasi keempat karakter utamanya bisa dikatakan berhasil dengan baik, tetapi sepertinya ada yang salah dengan tokoh Yuka yang agak terlalu ... ceria. Mungkin karakter bergaya high-tension sesuai pada cerita komedi, tetapi untuk genre Slice of Life yang lebih dekat ke kenyataan, rasanya sulit membayangkan bahwa benar-benar ada seseorang yang selalu meledak-ledak seperti ini. Dia seperti gabungan antara karakter easy-going, hiperaktif, positive-minded, dan keras kepala sekaligus. Anime ini kemudian coba menurunkan kadar keceriaannya dengan menunjukkan kelemahan Yuka, tetapi hal tersebut justru menjadikan sikapnya saat sedang bersemangat menjadi semakin tidak natural. Pada akhirnya, karakter Yuka hanya seperti dipaksakan ada untuk memberi sedikit nuansa komedi pada anime ini.

- Overall Score:
Meski dengan sedikit kesalahan, secara keseluruhan kualitas anime ini tidak sampai menjadi korban. Namun pada saat yang sama, juga tidak ada satu pun yang menonjol tentang anime ini. Cerita dan karakternya adalah sesuatu yang sudah terlalu sering kita temui. Bahkan para penggemar kisah bertema persahabatan antar gadis pun akan mendapati anime ini hanya seperti cermin dari anime-anime lainnya. You won't particularly hate it, but you won't be liking it much either. Nilai 7 dari 10 (Safe, but dull)



DVD@Amazon:
Volume 1
Volume 2
Volume 3
Volume 4
Volume 5
Volume 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar